Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Kumpulan 17+ Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Cerpen dan Fabel (Ujian Nasional 2019/2020)

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal menyimpulkan isi tersirat teks cerpen dan fabel dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal menyimpulkan isi tersirat teks cerpen dan fabel dilengkapi dengan kunci jawaban. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal menyimpulkan isi tersirat teks cerpen dan fabel dilengkapi dengan kunci jawaban. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

Kumpulan 17+ Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Cerpen dan Fabel (Ujian Nasional 2019/2020)
www.searchsoal.com

1. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Nalea tersenyum. Sebenarnya, lelaki itu sudah lama ingin bercerita, bahwa ia bukan ayahnya. Dahulu ketika sedang memulung barang bekas, ia melihat seorang wanita turun dari mobil, meletakkan kardus di bawah sudut jembatan layang, kemudian kembali ke mobil dan pergi. Ketika didekati, didapatinya di dalam kardus itu seorang bayi. Saat itulah, lelaki itu merasa iba, lalu merawatnya. Ia memberi nama Nalea, nama yang ditemukannya dalam sebuah cerita pendek di koran lama. Nalea kemudian tumbuh dalam tumpukkan sampah, terkadang lelaki itu heran bagaimana bayi itu bisa bertahan hidup.
Nilai moral yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan
B. menolong dengan ikhlas makhluk yang lemah
C. mengorbankan hidup untuk sesamanya
D. mengorbankan hidup untuk orang tua

2. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Kehilangan es multitahun ini merupakan masalah kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan merupakan habitat paus, singa laut, dan burung. "Juga berperan mengurangi jumlah panas yang ditampung laut saat musim panas," kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, laut berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.
Simpulan isi teks di atas adalah ....
A. Es berperan mengurangi panas yang ditampung laut musim panas.
B. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa laut, dan burung.
C. Kehilangan es merupakan masalah kronis Arktik
D. Sedikit es mengapung membuat laut lebih banyak menyerap energi matahari.

3. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Dan saat ia memandang ke langit, ia melihat sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni terbang di atas tupai itu, kemudian menyapanya "Halo teman, masih ingatkah kau padaku?"
Tupai itu hanya tergum-kagum dengan keindahan kupu-kupu, "Siapa kau, hei, kupu-kupu cantik?"
"Aku adalah ulat bulu jelek yang dulu di atas pohon ini bersamamu",
Tupai terkejut, "Bagaimana mungkin?"
"Aku memiliki masa yang disebut metamorfosis, dan setelah itu aku akan berubah menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berubah seperti aku". Tupai terheran-heran, kemudian menyesal telah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meinta maaf akan kesalahannya dulu, dan ia tidak lagi suka mengejek orang lain.
Makna tersirat dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahan
B. Bertemanlah tanpa membeda-bedakan
C. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan
D. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan

4. Bacalah teks cerita pendek berikut!
Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah-tulang orang-orang tani, tapi juga bisa mempertautkan kembali lutut kuda yang retak, akibat bendi yang dihelanya terguling lantaran sarat muatan. Kedua, Banun dukun beranak yang kendalanya lebih dipercayai ketimbang bidan desa yang belum apa-apa sudah angkat tangan, lalu menyarankan pasien buntingnya bersalin di rumah sakit kabupaten. Sedemikian mumpuninya kemampuan Banun kedua ini, bidan desa merasa lebih banyak menimba pengalaman dari dukun itu ketimbang dari buku-buku semasa di akademi.
Simpulan karakter tokoh Banun dalam kutipan cerita pendek di atas adalah ....
A. Orang yang tak punya kecakapan apa-apa
B. Orang yang punya kecakapan, tetapi tak mau berbagi
C. Orang yang tidak mempunyai kecakapan tetapi mau berbagi
D. Orang dengan kecakapan yang diakui

5. Cermatilah cerpen berikut!
(1)Semula ia hanya dipanggil Banun. (2) Namun, lantaran sifat kikirnya dari tahun ke tahun semakin mengakar, seseorang menambahkan kata "kikir" di belakang nama ringkas itu, hingga ia ternobat sebagai Banun kikir.(3) Konon, hingga kini, belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun. (4) Kekikiran karena memperjuangkan hidup. Kehidupan untuk diri sendiri dan anaknya karena sudah ditinggal suaminya.
Simpulan bahwa tokoh Banun memunyai sifat kikir yang berlebihan terlihat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah cerpen berikut!
Selesai belajar, dia menyuruh saya pulang karena hendak pergi mencari jangkrik. Saya langsung ingin menyatakan ingin ikut, tapi dia keberatan. Ayah dan ibunya pun melarang. Saya memang sering mendengar anak-anak beramai-ramai berangkat ke sawah untuk mencari jangkrik. Jangkrik-jangkrik yang diperoleh nantinya dapat dijual atau hanya sebagai koleksi, ditempatkan di sebuah kotak, lalu sesekali digelitik dengan lidi atau sehelai ijuk agar berteriak lantang. Dari apa yang saya dengar itu, proses mencarinya sangat mengasyikan. Sayang, Ayah tidak pernah membolehkan saya. Namun, malam itu saya nekat dan sahabat saya itu akhirnya tidak kuasa menolak.
Simpulan karakter tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. orang yang tak tahu diri
B. orang yang ingin menang sendiri
C. orang yang memunyai kemauan yang kuat
D. orang yang tidak memunyai kemauan

7. Bacalah cerpen berikut!
(1)Dua-tiga hari pertama, Mak Inang cukup senang berada di rumah berdinding batu setengah triplek milik Jamal. (2) Rasa senangnya itu bersumber dari cucu bujangnya yang masih merah itu. (3) Walau, sesungguhnya Mak Inang terkaget-kaget saat Kurti mengantarnya ke rumah Jamal. (4) Dalam benaknya yang mulai ringkih, Jamal berada di rumah-rumah beton yang diceritakan Mak Sangkut, bukan di rumah kecil sepengap ini.
Simpulan bahwa harapan tokoh Mak Inang tidak sesuai dengan kenyataan terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (4)
B. (2)
C. (3)

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 8 dan 9!
Terdapat sebuah rumah kecil dari pepohonan. Rumah itu milik keluarga Siput. Ada Ayah, Ibu, Flo, dan Dyo. "Flo, bangunkan Dyo. Suruh dia ikut membantu mencari makanan untuk nanti siang," perintah Ibu pada Flo. Flo tidak berkata apa-apa dia langsung saja menghampiri Dyo.
"Dyo. Bangun. Ibu menyuruhmu. Ayo," ucap Flo membangunkan Dyo. Tapi Dyo tetap pura-pura tak mendengar. Flo tahu bahwa Dyo sebenarnya sudah terbangun sehingga ia terus mendesak. Flo terus mengoceh agar Dyo mau menuruti perintah ibunya yang tadi diamanatkan padanya. Flo tak menyerah begitu saja apabila hanya diabaikan.
"Sudahlah. Siapa kau mengaturku," bentak Dyo. Memang Flo dan Dyo tak pernah akur dan rukun. Dyo merasa dirinya tersaingi oleh Flo.
"Aku hanya menyampaikan amanat Ibu, Dyoo ...
Ayo bangun, pemalas." cibir Flo.

8. Penyebab konflik cerita pada teks tersebut adalah ....
A. Flo membangunkan Dyo, tetapi Dyo pura-pura tidak mendengar
B. Ibu menyuruh Dyo membantu mencari makanan untuk nanti siang
C. Flo dan Dyo tidak pernah akur dan rukun karena Dyo merasa tersaingi
D. Flo terus mendesak Dyo agar segera bangun menuruti perintah ibunya

9. Amanat yang terkandung dalam teks cerita tersebut adalah ....
A. Kita harus disiplin dan tepat waktu
B. Jangan menganggap remeh orang lain
C. Sesama saudara harus akur dan rukun
D. Sebagai orang tua, harus memahami anaknya

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
(1) Singgalang adalah nama penting bagi Sumatra Barat. Ini adalah nama gunung dengan ketinggian 2.877 meter. Oleh karena itu, ketika Muhammad Subhan menggunakan kata "Singgalang" di novelnya, pembaca akan langsung "terbawa" pada lokalitas Sumatra Barat.
(2) Rinai Kabut Singgalang bercerita tentang perjuangan seorang remaja dalam meraih cita-citanya. Di sana, juga ada konflik kultur. Ada Maimunah asal Pasaman, Sumatra Barat, yang menikah dengan lelaki Aceh bernama Munaf, lalu tinggal di Aceh. Dari pernikahan itulah. lahir tokoh Fikri, tokoh utama novel ini. Namun, perkawinan itu ditentang oleh keluarga Maimunah.
(3) Fikri kemudian merantau ke Padang. Selanjutnya, muncul pula kisah cinta antara Fikri dan Rahima. Persoalan kultural mengemuka lagi dan menjadi "biang keladi" dalam hubungan keduanya. Konflik ini lalu diaduk-aduk dan muncul dengan beragam motif.
(4) Subhan yang dikenal sebagai wartawan, tidak hanya berusaha menghadirkan persoalan kultur, ia juga "mereportasekan" sejumlah tempat di Sumatra Barat.

10. Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. Pernyataan yang merupakan simpulan pada teks tersebut adalah ....
A. Novel ini menceritakan kisah cinta antara Fikri dan Rahima
B. Novel ini banyak menceritakan latar Pasaman, Sumatra Barat
C. Judul novel tersebut terinspirasi dari nama gunung di Sumatra Barat
D. Novel tersebut mampu merepresentasikan daerah Sumatra Barat secara baik.

12. Bacalah teks berikut!
(1) Wacana pemerintah menerapkan sistem full day school memang memunculkan kontroversi. (2) Tidak hanya di kalangan pelajar, tetapi juga di kalangan orang tua dan guru. (3) Seorang ibu 2 anak, Febrianti, mengaku kurang setuju dengan kebijakan sekolah seharian. (4) Alasannya, banyak sarana-prasarana sekolah yang tidak mendukung, seperti toilet, air bersih, serta tempat istirahat yang layak.
(5) Konsep full day school ini sebenarnya bukan hal baru di dunia pendidikan Indonesia. (6) Sejak 20 tahun lalu, konsep ini diterapkan di sekolah-sekolah Islam terpadu, seperti SD, SMP, dan SMU Islam Terpadu Nurul Fikri di Depok. (7) Dengan adanya full day school, peserta didik diharapkan dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kontra produktif, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan sebagainya.
Pernyataan yang merupakan argumen pendukung pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. (4)
B. (5)
C. (6)
D. (7)

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Sambal matah merupakan sambal iris mentah yang enak dan cara membuatnya sangat sederhana. Sambal matah berasal dari Bali. Namun, untuk menikmati sambal matah ini, tidak harus ke Bali, tapi dapat dibuat sendiri di rumah. Cara membuatnya sangatlah mudah, tinggal diiris sesuai selera saja. Perpaduan rasa pedas, asam, manis dan segar semakin mengungah selera, apalagi ditambah dengan aroma serai dan daun jeruk. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal matah adalah 13 buah cabe rawit merah, 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 2 batang serai, terasi goreng, 3 lembar daun jeruk, 1 sdt perasan jeruk, garam, dan gula secukupnya. 
Cara membuat sambal matah adalah sebagai berikut.
(1) Iris tipis cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, terasi, serai, dan daun jeruk
(2) Campur semua bahan yang telah diiris dalam sebuah wadah
(3) Tambahkan garam dan gula secukupnya
(4) Aduk-aduk hingga agak layu
(5) Panaskan minyak goreng kurang lebih 3-4 sdm
(6) [....]

13. Tujuan penulisan pada teks tersebut adalah ....
A. memberi petunjuk membuat sambal matah yang enak
B. memberi petunjuk membuat aneka resep masakan terkait sambal matah
C. memberi petunjuk menikmati sambal matah di rumah dengan suasana khas Bali
D. memberi petunjuk memanfaatkan bahan-bahan mentah dan segar untuk membuat sambal matah

14. Langkah pembuatan sambal matah yang rumpang pada teks tersebut dapat diisi dengan ....
A. Masukkan semua bahan dan aduk hingga rata
B. Tuang kedalam sambal matah dan aduk hingga rata
C. Tambahkan air secukupnya, lalu tunggu hingga mendidih
D. Tumis bahan-bahan hingga mengeluarkan aroma yang khas

15. Kata yang tidak baku pada teks tersebut adalah ....
A. cabe
B. serai
C. terasi
D. sambal

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
Ahmad Tohari adalah sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi novel Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jantera Bianglala (1986). Karya-karyanya banyak mendapat hadiah, salah satunya novel yang berjudul Berkisar Merah. Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995. 
Dalam mendidik anak-anaknya, Ahmad Tohari menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk taat beribadah. Ia juga selalu menekankan kepada anaknya agar mereka tidak menjadi beban masyarakat dan harus dermawan.

16. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. Ahmad Tohari merupakan sastrawan terkenal 
B. Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995
C. karya-karya Ahmad Tohari banyak mendapatkan hadiah
D. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah

17. Sikap tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut adalah ....
A. aktif menjadi imam dan rajin bersedekah
B. menanamkan pendidikan agama sejak dini
C. mengajak keluarganya untuk taat beribadah
D. menekankan anaknya agar menjadi beban masyarakat

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 17+ Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Cerpen dan Fabel (Ujian Nasional 2019/2020)

Beranda / Google.com / YouTube.com