Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal potensi sumber daya manusia dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 semester 1 revisi terbaru. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan anak didik sekalian dalam mencari referensi soal-soal tentang potensi sumber daya manusia. Semoga dengan adanya soal ini dapat memberikan manfaat kepada anak didik dalam mengenal jenis-jenis soal tentang potensi sumber daya manusia. Adapun contoh soalnya diambil dari beberapa sumber buku referensi, untuk lebih jelasnya silakan simak soalnya di bawah ini.
www.searchsoal.com
1. Kualitas komponen harapan hidup dapat ditingkatkan dengan cara ....
A. membatasi taraf pengobatan di setiap rumah sakit
B. membagikan obat-obatan gratis bagi warga miskin
C. memberi pelayanan kesehatan gratis di setiap puskesmas
D. menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi penduduk
2. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas komponen pengetahuan dalam rangka memperbaiki angka indeks pembangunan manusia (IPM) adalah ....
A. melakukan regrouping sekolah
B. mewajibkan program belajar dua belas tahun
C. membatasi jumlah siswa di tiap-tiap sekolah
D. menambah jumlah sekolah di setiap daerah
3. Salah satu komponen yang digunakan untuk menentukan indeks pembangunan manusia adalah pengetahuan (knowlegde). Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi rendah aspek pengetahuan adalah ....
A. tingkat kompetensi tenaga pendidil
B. kualitas fasilitas pendidikan di sekolah
C. tingkat melek huruf penduduk usia dewasa
D. jumlah bangunan sekolah di setiap daerah
4. Contoh negara yang memiliki peringkat sangat tinggi dalam hal indeks pembangunan manusia adalah ....
A. Swiss dan Tunisia
B. Norwegia dan Turki
C. Belanda dan Norwegia
D. Australia dan Thailand
5. Tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia suatu negara dapat diketahui dengan ....
A. membandingkan jumlah tenaga kerja berkualitas dengan jumlah penduduk
B. mengukur besar pendapatan per kapita yang hasilkan setiap tenaga kerja
C. mengukur harapan hidup, pengetahuan, dan standar hidup layak
D. menghitung pertumbuhan tenaga kerja berkualitas setiap tahun
6. Hingga saat ini sebaran tenaga kerja di Indonesia belum merata dan masih terpusat di kota-kota besar, terutama di Pulau Jawa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah ....
A. memulangkan tenaga kerja ke daerah asal
B. menghentikan pembangunan di daerah maju
C. memberikan modal kepada setiap kepala daerah
D. memeratakan pembangunan di setiap daerah
7. Suatu daerah mengalami perubahan struktur perekonomian dari agraris menjadi industri. Kondisi ini menyebabkan kualifikasi pekerja menjadi berubah. Akibatnya, sebagian besar pekerja yang tidak memenuhi persyaratan menjadi pengangguran.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor penyebab timbulnya masalah pengangguran adalah ....
A. upah yang diterima tenaga kerja terlalu rendah
B. kualifikasi tenaga kerja yang tidak sesuai
C. kualitas tenaga kerja yang rendah
D. jumlah angkatan kerja yang besar
8. Hingga saat ini sektor pertanian masih diandalkan sebagai penyerap utama tenaga kerja di wilayah Indonesia. Padahal, sebagian besar kegiatan sektor pertanian masih bergantung pada kondisi alam. Faktor yang mendasari permasalahan tersebut adalah ....
A. hasil dari sektor pertanian merupakan kebutuhan pokok masyarakat
B. sebagian besar tenaga kerja hanya memiliki keahlian di sektor pertanian
C. upah yang diperoleh pekerja dari sektor pertanian jumlahnya besar
D. pemerintah memeroleh banyak keuntungan dari sektor pertanian
9. Perhatikan wacana berikut!
Saat ini banyak lowongan pekerjaan tidak dapat terisi oleh pencari kerja karena tidak sesuai dengan kriteria kebutuhan pekerjaan. Tingkat pendidikan rendah menjadi salah satu penyebab perusahaan sulit mencari pekerja yang sesuai. Padahal, setiap tahun angkatan kerja tumbuh 2,5 juta perorang per tahun.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) bula Mei 2013 angkatan kerja lulusan SD mencapai 56,67 juta orang, lulusan SMP mencapai 22,11 juta orang, lulusan SMA mencapai 19,61 juta orang, dan lulusan SMK mencapai 11.03 juta orang. Sementara itu, lulusan diploma II mencapai 3,41 juta orang. Dan S1 mencapai 8,36 juta orang.
Berdasarkan wacana tersebut, permasalahan utama tenaga kerja di Indonesia adalah ....
A. rendahnya kualitas tenaga kerja
B. kurang meratanya pembangunan
C. banyaknya jumlah angkatan kerja
D. semakin sempitnya lapangan kerja
10. Sebagian besar pembanguna sektor ekonomi terpusat di Pulau Jawa. Kondisi ini menimbulkan suatu permasalahan bagi tenaga kerja di Indonesia, yaitu ....
A. tidak meratanya persebaran tenaga kerja
B. tingginya angka ketergantungan hidup
C. semakin luasnya kesempatan kerja
D. bertambahnya jumlah angkatan kerja
11. Doni seoran pelajar SMA berusia 17 tahun. Selepas pulang sekolah, ia bekerja di sebuah industri rumah tangga dekat rumahnya. Ia bekerja untuk membantu kehidupan ekonomi keluarga. Doni termasuk kelompok ....
A. bukan angkatan kerja
B. bukan tenaga kerja
C. tenaga kerja
D. angkatan kerja
12. Beberapa negara tidak memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Akan tetapi, negara tersebut justru dapat tumbuh menjadi negara maju karena memiliki ....
A. modal dan kekayaan yang besar
B. tenaga kerja yang berkualitas
C. banyaknya pabrik modern
D. jumlah penduduk yang besar
Sumber: SMP/MTs Kelas IX, Intan Pariwara