Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan beberapa contoh soal pilihan ganda materi pembelajaran teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal pilihan ganda materi pembelajaran teks cerpen dalam
pembelajaran bahasa Indonesia kelas sembilan dilengkapi dengan kunci
jawaban. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal seputar teks cerpen yang diujikan.
Soal PG Teks Cerpen 01 Sampai 10
1. Kami terdiam, si terhukum dikeluarkan dari rumah. Tangannya diikat. Orangnya besar, tinggi, berkumis, dan berjangkut tebal. Mulutnya ganas dan matanya berkilat-kilat.
Si terhukum dalam cerpen di atas menggambarkan sebagai seorang ....
A. pemberani
B. penakut
C. bengis
D. berjiwa kerdil
A. cerpen anak
B. cerpen remaja
C. cerpen keluarga
D. cerpen bayi
3. Kalimat yang digunakan dalam cerpen anak adalah ....
A. tinggi
B. sulit dipahami
C. sederhana
D. tidak baku
4. Bila seseorang bertanya pekerjaan apa yang saya lakukan, maka saya tak mampu menjawabnya. Wajah saya langsung menjadi merah padam dan tergagap-gagap. Saya cemburu terhadap orang yang bisa mengatakan, "Saya tukang batu."
Watak tokoh saya dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
A. pembohong
B. pendiam
C. penakut
D. pemalu
5. Panjang cerpen anak sekitar ... halaman kuarto dengan spasi ganda.
A. 1 sampai 2
B. 2 sampai 3
C. 3 sampai 4
D. 4 sampai 5
6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Di bawah pohon waru, Saidah mengelar dagangannya nasi pecel. Jakun si Ujang turun naik, ususnya terasa perih. "Masih pagi kok pulang, Jang? tanya Saidah. "Sakit?" Ujang menggeleng dan tersenyum. Saidah memerhatikan bibirnya membiru dan kedua telapak tangannya pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar suara keruyuk dari perut Ujang. Ujang duduk di depan lapak dagangan. "Makan, Jang?"
"Tidak, minum saja. Lenganku semakin kurus, aku tak ingin menambah utang."
"Iya, ya Jang! Tapi kamu lapar, kan?"
Makna kata menggelar dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Mengatur terhampar
B. memeragakan
C. mempertontonkan
D. memperkenalkan
7. Ketika mendengar bunyi harimau mengaum, mereka serentak berhenti bekerja. Wak Katok menghentikan pisaunya sekaligus melepaskan kulit rusa dari badannya dan yang lain duduk atau berdiri kaku.
Latar suasana kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. menegangkan
B. duka cita
C. bahagia
D. gembira
8. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Arman dengan seragam oranyenya yang lusuh tetap melaksanakan tugas menyapu dan membersihkan tiap sisi jalan, meskipun siang itu sangat terik dan penuh debu. Sejak tadi ia harus menahan amarah. Para penonton iringan mobil yang membawa piala Adipura, seenaknya membuang sampah. Padahal tempat sampah jelas-jelas terlihat oleh mata mereka. Sangat ironis, menerima piala kebersihan, tetapi masyarakatnya kurang peduli tentang kebersihan.
Bukti bahwa Arman berwatak sabar terdapat pada pernyataan ....
A. Tokoh Arman dengan seragam oranyenya yang lusuh tetap melaksanakan tugas menyapu dan membersihkan tiap sisi badan jalan, meskipun siang itu sangat terik dan penuh debu.
B. Tokoh Arman sejak tadi menahan amarah.
C. Para para penonton iringan mobil yang membawa piala Adipura, seenaknya membuang sampah.
D. Sangat ironis, menerima piala kebersihan, tetapi masyarakatnya kurang peduli tentang kebersihan.
9. Cermatilah teks cerpen berikut!
(1) Samar-samar Sersan Kasim mendengar suara derau sungai di bawah. (2) Dia bayangkan kesunyian malam yang aman dirobek-robek oleh letusan senjata. (3) Dia bayangkan kompinya terjebak di tengah-tengah sungai, tak berdaya. (4) Tatkala itu Acep bergerak-gerak dalam gendongan bapaknya. (5) Kasim merasa anaknya menyusup-nyusupkan kepala ke dadanya, ke ketiaknya, seakan-akan mencari perlindungan yang lebih aman.
Makna simbol suara derau sungai pada kalimat pertama adalah ....
A. kesal
B. sedih
C. risau
D. cemburu
10. Setelah sarapan dengan pakaian sebagus-bagusnya, saya pergi sembahyang hari raya ke masjid Sultan. Waktu itu, saya masih muda, jadi rupa saya belum seburuk sekarang. Tidak banyak tetapi ada juga tampang raja-raja. Saya dapati orang-orang sudah banyak di sana dengan pakaiannya yang bagus-bagus dan bau-bauan yang semerbak.
Latar dari penggalan cerpen di atas adalah ....
A. malam
B. sore
C. siang
D. pagi
Soal PG Teks Cerpen 11 Sampai 20
11. Cerpen yang ditulis pengarang untuk dibaca para remaja. Cerpen ini sering muncul di media massa tertentu di surat kabar atau majalah adalah pengertian dari cerpen ....
A balita
B. anak
C. remaja
D. keluarga
12. Berdasarkan tema dan isinya teks cerpen dibagi menjadi ....
A. anak
B. remaja
C. orang tua
D. keluarga
13. "Kamu kenapa, Du?" tanya kakek dengan sedih.
"Maafkan Badu, Kek, tadi Badu makan mangga yang masih kecil-kecil dan akhirnya Badu sakit perut," kata Badu sambil terisak.
"Sudahlah. Du, lain kali tunggulah sampai mangga itu ranum, baru Badu boleh memetiknya.
Amanat penggalan cerpen di atas adalah ....
A. janganlah makan mangga yang masih kecil
B. jangan memetik mangga sembarangan
C. kita harus menuruti nasihat orang tua
D. jangan melawan orang tua!
14. Cerpen berisi cerita kehidupan seseorang. Cerita tersebut ada yang bersifat ....
A. baku dan tidak baku
B. formal dan informal
C. lokal dan interlokal
D. khayalan dan nyata
15. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Nalea tersenyum. Sebenarnya, lelaki itu sudah lama ingin bercerita, bahwa ia bukan ayahnya. Dahulu ketika sedang memulung barang bekas, ia melihat seorang wanita turun dari mobil, meletakkan kardus di bawah sudut jembatan layang, kemudian kembali ke mobil dan pergi. Ketika didekati, didapatinya di dalam kardus itu seorang bayi. Saat itulah, lelaki itu merasa iba, lalu merawatnya. Ia memberi nama Nalea, nama yang ditemukannya dalam sebuah cerita pendek di koran lama. Nalea kemudian tumbuh dalam tumpukkan sampah, terkadang lelaki itu heran bagaimana bayi itu bisa bertahan hidup.
Nilai moral yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan
B. menolong dengan ikhlas makhluk yang lemah
C. mengorbankan hidup untuk sesamanya
D. mengorbankan hidup untuk orang tua
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 16-18.
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 16-18.
1) Dengan meminta bantuan pedagang disebelahnya, ia menghitung jumlah uang yang berhasil didapatkan setiap hari harinya. Jika ada kelebihan, tak lupa ia berikan kelebihan itu untuk bersedekah. Bas memang baik. Melihat ini aku tak percaya bahwa Bas akan meninggal dunia seperti itu.
2) Pernah suatu hari ditengah kegelapan saat melewati lorong, ia pun membawa sebuah lampu senter. Entah mengapa ia lakukan itu. Padahal, ia seorang tunanetra. Aku pun bertanya kepadanya, "Untuk apa kau nyalakan lampu senter? Bukankah ini tak akan berguna untukmu? Kau sendiri tidak bisa melihat."
3) Dengan penuh keyakinan, dia menjawab. "Kau benar. Aku memang buta. Bagiku tak ada gunanya. Namun, tidakkah kau melihat bahwa lampu senter ini menerangi ruang sekitar. Jalanan pun menjadi terang."
4) Saat itu juga ada pemandangan haru. Au bahkan tidak bisa berkata apa-apa. Aku belajar dari hal ini. Aku yang juga tak memiliki satu tangan ini merasa bersyukur mengenal Bas. Dulu aku merasa sedih dan hampir putus asa. Aku sempat bingung apa yang bisa kulakukan saat itu. Hingga aku dipertemukan Allah dengan seorang laki-laki buta yang tak lain adalah Bas. Bas mengajari kau banyak hal tentang hidup. Lewat perbuatannya, lewat sikapnya terhadap orang-orang, dunia ini, dan segala yang ada disekitarnya. Akan tetapi, aku masih tak percaya bahwa Bas akan meninggal dan dikenang orang dengan cara yang demikian.
16. Bukti watak Bas memiliki watak yang baik terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 2), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)
17. Nilai religius yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A. menyesali dosa-dosa pada masa lalu lebih baik daripada terlambat
B. Tuhan akan mempertemukan orang yang baik dengan orang yang baik lainnya
C. orang yang rendah diri sebenarnya adalah orang mulia
D. memaafkan kesalahan orang lain merupakan penebusan dosa
18. Makna kata bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. menabung
B. baik sangka
C. berderma
D. memberi hadiah
19. Di tengah hutan yang lebat itu kami tidak tahu lagi mata angin.
Arti ungkapan mata angin yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah ....
A. pandangan
B. tujuan
C. maksud
D. arah
Cermati kedua teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 20 dan 21.
Teks 1
Semua fasilitas yang di Jewel ramah anak. Contohnya, ada Discovery Slide, patung seni yang merangkap sebagai slide anak-anak yang berhadapan dengan Rain Vortex dan Forest Valley. Selanjutnya, ada puff kabut yang melayang di seluruh kompleks, membuat anak seolah bermain di antara awan. Untuk pengunjung yang ingin memacu andrenalin, terdapat Canopi Bridge, jalan setapak yang tingginya 75 kaki dari permukaan tanah.
Teks 2
Sedikitnya, ratusan oang memadati kawasan yang terletak di pinggir pantai selatan Flores itu. Umumnya, pengunjung hendak jalan-jalan dan membeli kue serta minuman untuk berbuka puasa. Setiap bulan Ramadan, Jalan Hasanuddin ini selalu disulap menjadi pasar oleh warga setempat. Sebuah pasar yang menjual kue-kue dari minuman khas yang dibuat khusus pada bulan Ramadan. Meski tidak resmi, setidaknya ada puluhan pedagang yang berjualan di Jalan Hasanuddin ini.
20. Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 : urutan waktu, teks 2 : urutan tempat
B. teks 1 : urutan tempat, teks 2 : urutan waktu
C. teks 1 : urutan tempat, teks 2 : urutan peristiwa
D. teks 1 : urutan sebab-akibat, teks 2 " urutan peristiwa
A. teks 1 : tidak menggunakan kata tunjuk, teks 2 : menggunakan kata tunjuk
B. teks 1 : menggunakan kata sandang, teks 2 : menggunakan kata sandang
C. teks 1 : menggunakan kalimat aktif dan pasif, teks 2 : menggunakan kalimat langsung
D. teks 1 : menggunakan kata ganti orang pertama, teks 2 : menggunakan kata ganti orang ketiga
22. Cermati kutipan teks berikut!
Pada tahun 1732, Anders Celcius memulai "tur besar" dengan mengunjungi observatorium terkenal di Eropa seperti di Jerman, Italia, dan Prancis. Di Paris, dia mendukung diadakannya upaya pengukuran meridian di Lapland. Selanjutnya, pada tahun 1736, dia berpartisipasi dalam ekspedisi yang digalang Akademi Sains Perancis.
Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. perjalanan armada kapal
B. perjalanan kapal keliling dunia
C. perjalanan penyelidikan ilmiah
D. penelitian ilmiah di suatu tempat
23. Kini senja baru saja pergi dan malam pun mulai tiba. Riwanto melangkah perlahan ke dalam rumahnya. Dalam hatinya sudah bertekad, " Aku harus berlayar kembali karena laut adalah kehidupanku." Demikian tekad yang disimpan kuat dalam hatinya. Riwanto yakin pula bahwa kehidupan itu sendiri yang akan mendidik anaknya menjadi manusia yang kuat dan mandiri. Dia sudah bertekad apa pun yang terjadi, dia harus berlayar kembali.
Berdasarkan cuplikan cerita di atas, tokoh Riwanto memiliki watak ....
A. pemarah
B. penurut
C. pasrah
D. keras
24. Cermati teks berikut!
Togean, kepulauan di bawah "kepala" Sulawesi merupakan destinasi sempurna untuk wisatawan yang menginginkan alam bawah air indah dengan suasana masih alami. Kepulauan itu merupakan salah satu bagian dari segitiga koral dunia yang terbentang sepanjang Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timur Leste. Di sana tersimpan kekayaan alam laut yang luar biasa. Kepulauan Togean merupakan surga bagi penyelam dengan lebih dari 300 spot penyelamatan. Kepulauan di Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah itu memiliki spot selam yang beragam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. lokasi wisata alam Kepulauan Togean menyediakan suasana yang alami untuk berlibur
B. liburan pada musim panas dengan pergi ke Togean akan menghemat anggaran
C. liburan kapan pun membutuhkan kecermatan dalam penggunaan anggaran
D. pakaian tipis untuk ke pantai membantu mengurangi kapasitas bagasi kita
Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26.
1) Dua tahun sejak kepergian Rusli, kerja kerasnya menunjukkan hasil. Rusli rutin mengirimi uang ke orang tuanya. Nominal yang lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Sisanya digunakan berbagai hal; merenovasi rumah, biaya sekolah adik perempuan Rusli, bahkan membeli dua buah sepeda motor. Rumah gubuk milik keluarga Rusli di kampung tinggal kenangan. Rumah yang sebelumnya didominasi tripleks dan bilik bambu berganti bata merah yang lebih kukuh, beratap genting yang lebih bagus, dan berhalaman luas yang difungsikan sebagai kebun. Tak ada lagi rutinitas meletakkan panci dan ember di lantai kamar atau ruangan lain karena atap yang bocor kala hujan deras.
2) Siapa yang tak iri atas semua pencapaian itu. Maka, cibiran-cibiran pun bermunculan, terdengar oleh keluarganya, kemudian disampaikan lagi pada Rusli dalam bentuk pesan singkat. Hal yang dikhawatirkan warga kampung akhirnya terjadi juga, para pemuda mendadak ingin jadi TKI, tetapi tak ada yang mendapat restu. Ironi, banyak iri pada hasil akhir, tetapi menolak berproses.
3) Rusli segera menampik suara-suara sumbang ditelinganya. Kepulangannya tidak boleh diisi kegelisahan seperti itu. Mengapa harus repot dengan cibiran orang lain, sementara orang-orang yang mencibir Rusli tidak memiliki tanggung jawab apa-apa atas kehidupan keluarganya di kampung. Bahkan sewaktu keluarga Rusli sedang mengalami kesusahan, tak sedikit warga kampung yang menutup mata.
4) Pria itu hanya ingin pulang dengan tenang, bertemu keluarganya, terlebih Bapak. Bapak yang pernah memangut tangannya saat hendak berangkat ke Korea. Bapak yang pagi buta membantu menyiapkan keperluan Rusli. Bapak yang rela menyelipkan tabungan terakhirnya ke saku Rusli sebagai bekal perjalanan. Bapak yang menjadi segala-galanya bagi Rusli.
25. Bukti latar suasana mengharukan pada kutipan tersebut ditunjukkan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
26. Komentar yang tepat sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. tidak baik seorang larut dalam kesedihan terus-menerus
B. jangan mendengarkan cibiran orang lain yang iri terhadap kita
C. ketika kita sedang bersedih, tidak ada yang bisa diajak berbicara
D. betualang akan menuntun kita ke dalam dunia kita sendiri
Teks berikut untuk soal nomor 27 dan 28.
Ketika tembakan pertama di Gang Jaksa memecah kesunyian pagi. Guru Isa sedang berjalan kaki menuju sekolahnya di Tanah Abang. Selintas masuk dalam pikirannya rasa was-was tentang keselamatan istri dan anaknya. "Ah, fatimah akan hati-hati," pikirnya kemudian, "telah aku suruh dia jangan keluar rumah."
27. Latar penggalan cerita pendek di atas adalah ....
A. Gang Jaksa dan Tanah Abang
B. Gang Jaksa dan rumah
C. Tanah Abang, pagi hari
D. Gang Jaksa, pagi hari
28. Kesalahan penggunaan ejaan yang kurang tepat pada paragraf di atas adalah ....
A. Tanah Abang
B. Gang Jaksa
C. fatimah
D. Guru
29. Kalimat berikut ini yang tidak termasuk dalam ciri-ciri teks cerpen adalah ....
A. panjang karangan lebih kurang sepuluh halaman
B. habis dibaca sekali duduk
C. dalam cerpen hanya ada satu peristiwa yang menguasai jalan cerita
D. tidak terdapat konflik, dan menimbulkan perubahan nasib pelaku
30. Makna yang terkandnng dalam sebuah cerita dan bersinonim dengan ide utama dan tujuan utama adalah pengertian unsur intrinsik cerpen bagian ....
A. tema
B. latar
C. penokohan
D. sudut pandang
Kata khusus yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. pepohonan
B. rindang
C. binatang
D. singa
32. Berikut ini yang tidak termasuk dalam jenis latar teks cerpen adalah ....
A. latar tempat
B. latar waktu
C. latar suasana
D. latar belakang
33. Menyaran pada unsur-unsur yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat disuatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi adalah pengertian dari latar ....
A. tempat
B. waktu
C. sosial
D. belakang
34. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
16. Bukti watak Bas memiliki watak yang baik terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 2), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)
17. Nilai religius yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A. menyesali dosa-dosa pada masa lalu lebih baik daripada terlambat
B. Tuhan akan mempertemukan orang yang baik dengan orang yang baik lainnya
C. orang yang rendah diri sebenarnya adalah orang mulia
D. memaafkan kesalahan orang lain merupakan penebusan dosa
18. Makna kata bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. menabung
B. baik sangka
C. berderma
D. memberi hadiah
19. Di tengah hutan yang lebat itu kami tidak tahu lagi mata angin.
Arti ungkapan mata angin yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah ....
A. pandangan
B. tujuan
C. maksud
D. arah
Cermati kedua teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 20 dan 21.
Teks 1
Semua fasilitas yang di Jewel ramah anak. Contohnya, ada Discovery Slide, patung seni yang merangkap sebagai slide anak-anak yang berhadapan dengan Rain Vortex dan Forest Valley. Selanjutnya, ada puff kabut yang melayang di seluruh kompleks, membuat anak seolah bermain di antara awan. Untuk pengunjung yang ingin memacu andrenalin, terdapat Canopi Bridge, jalan setapak yang tingginya 75 kaki dari permukaan tanah.
Teks 2
Sedikitnya, ratusan oang memadati kawasan yang terletak di pinggir pantai selatan Flores itu. Umumnya, pengunjung hendak jalan-jalan dan membeli kue serta minuman untuk berbuka puasa. Setiap bulan Ramadan, Jalan Hasanuddin ini selalu disulap menjadi pasar oleh warga setempat. Sebuah pasar yang menjual kue-kue dari minuman khas yang dibuat khusus pada bulan Ramadan. Meski tidak resmi, setidaknya ada puluhan pedagang yang berjualan di Jalan Hasanuddin ini.
20. Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 : urutan waktu, teks 2 : urutan tempat
B. teks 1 : urutan tempat, teks 2 : urutan waktu
C. teks 1 : urutan tempat, teks 2 : urutan peristiwa
D. teks 1 : urutan sebab-akibat, teks 2 " urutan peristiwa
Soal PG Teks Cerpen 21 Sampai 30
21. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah sebagai berikut ....A. teks 1 : tidak menggunakan kata tunjuk, teks 2 : menggunakan kata tunjuk
B. teks 1 : menggunakan kata sandang, teks 2 : menggunakan kata sandang
C. teks 1 : menggunakan kalimat aktif dan pasif, teks 2 : menggunakan kalimat langsung
D. teks 1 : menggunakan kata ganti orang pertama, teks 2 : menggunakan kata ganti orang ketiga
22. Cermati kutipan teks berikut!
Pada tahun 1732, Anders Celcius memulai "tur besar" dengan mengunjungi observatorium terkenal di Eropa seperti di Jerman, Italia, dan Prancis. Di Paris, dia mendukung diadakannya upaya pengukuran meridian di Lapland. Selanjutnya, pada tahun 1736, dia berpartisipasi dalam ekspedisi yang digalang Akademi Sains Perancis.
Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. perjalanan armada kapal
B. perjalanan kapal keliling dunia
C. perjalanan penyelidikan ilmiah
D. penelitian ilmiah di suatu tempat
23. Kini senja baru saja pergi dan malam pun mulai tiba. Riwanto melangkah perlahan ke dalam rumahnya. Dalam hatinya sudah bertekad, " Aku harus berlayar kembali karena laut adalah kehidupanku." Demikian tekad yang disimpan kuat dalam hatinya. Riwanto yakin pula bahwa kehidupan itu sendiri yang akan mendidik anaknya menjadi manusia yang kuat dan mandiri. Dia sudah bertekad apa pun yang terjadi, dia harus berlayar kembali.
Berdasarkan cuplikan cerita di atas, tokoh Riwanto memiliki watak ....
A. pemarah
B. penurut
C. pasrah
D. keras
24. Cermati teks berikut!
Togean, kepulauan di bawah "kepala" Sulawesi merupakan destinasi sempurna untuk wisatawan yang menginginkan alam bawah air indah dengan suasana masih alami. Kepulauan itu merupakan salah satu bagian dari segitiga koral dunia yang terbentang sepanjang Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timur Leste. Di sana tersimpan kekayaan alam laut yang luar biasa. Kepulauan Togean merupakan surga bagi penyelam dengan lebih dari 300 spot penyelamatan. Kepulauan di Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah itu memiliki spot selam yang beragam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. lokasi wisata alam Kepulauan Togean menyediakan suasana yang alami untuk berlibur
B. liburan pada musim panas dengan pergi ke Togean akan menghemat anggaran
C. liburan kapan pun membutuhkan kecermatan dalam penggunaan anggaran
D. pakaian tipis untuk ke pantai membantu mengurangi kapasitas bagasi kita
Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26.
1) Dua tahun sejak kepergian Rusli, kerja kerasnya menunjukkan hasil. Rusli rutin mengirimi uang ke orang tuanya. Nominal yang lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Sisanya digunakan berbagai hal; merenovasi rumah, biaya sekolah adik perempuan Rusli, bahkan membeli dua buah sepeda motor. Rumah gubuk milik keluarga Rusli di kampung tinggal kenangan. Rumah yang sebelumnya didominasi tripleks dan bilik bambu berganti bata merah yang lebih kukuh, beratap genting yang lebih bagus, dan berhalaman luas yang difungsikan sebagai kebun. Tak ada lagi rutinitas meletakkan panci dan ember di lantai kamar atau ruangan lain karena atap yang bocor kala hujan deras.
2) Siapa yang tak iri atas semua pencapaian itu. Maka, cibiran-cibiran pun bermunculan, terdengar oleh keluarganya, kemudian disampaikan lagi pada Rusli dalam bentuk pesan singkat. Hal yang dikhawatirkan warga kampung akhirnya terjadi juga, para pemuda mendadak ingin jadi TKI, tetapi tak ada yang mendapat restu. Ironi, banyak iri pada hasil akhir, tetapi menolak berproses.
3) Rusli segera menampik suara-suara sumbang ditelinganya. Kepulangannya tidak boleh diisi kegelisahan seperti itu. Mengapa harus repot dengan cibiran orang lain, sementara orang-orang yang mencibir Rusli tidak memiliki tanggung jawab apa-apa atas kehidupan keluarganya di kampung. Bahkan sewaktu keluarga Rusli sedang mengalami kesusahan, tak sedikit warga kampung yang menutup mata.
4) Pria itu hanya ingin pulang dengan tenang, bertemu keluarganya, terlebih Bapak. Bapak yang pernah memangut tangannya saat hendak berangkat ke Korea. Bapak yang pagi buta membantu menyiapkan keperluan Rusli. Bapak yang rela menyelipkan tabungan terakhirnya ke saku Rusli sebagai bekal perjalanan. Bapak yang menjadi segala-galanya bagi Rusli.
25. Bukti latar suasana mengharukan pada kutipan tersebut ditunjukkan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
26. Komentar yang tepat sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. tidak baik seorang larut dalam kesedihan terus-menerus
B. jangan mendengarkan cibiran orang lain yang iri terhadap kita
C. ketika kita sedang bersedih, tidak ada yang bisa diajak berbicara
D. betualang akan menuntun kita ke dalam dunia kita sendiri
Teks berikut untuk soal nomor 27 dan 28.
Ketika tembakan pertama di Gang Jaksa memecah kesunyian pagi. Guru Isa sedang berjalan kaki menuju sekolahnya di Tanah Abang. Selintas masuk dalam pikirannya rasa was-was tentang keselamatan istri dan anaknya. "Ah, fatimah akan hati-hati," pikirnya kemudian, "telah aku suruh dia jangan keluar rumah."
27. Latar penggalan cerita pendek di atas adalah ....
A. Gang Jaksa dan Tanah Abang
B. Gang Jaksa dan rumah
C. Tanah Abang, pagi hari
D. Gang Jaksa, pagi hari
28. Kesalahan penggunaan ejaan yang kurang tepat pada paragraf di atas adalah ....
A. Tanah Abang
B. Gang Jaksa
C. fatimah
D. Guru
29. Kalimat berikut ini yang tidak termasuk dalam ciri-ciri teks cerpen adalah ....
A. panjang karangan lebih kurang sepuluh halaman
B. habis dibaca sekali duduk
C. dalam cerpen hanya ada satu peristiwa yang menguasai jalan cerita
D. tidak terdapat konflik, dan menimbulkan perubahan nasib pelaku
30. Makna yang terkandnng dalam sebuah cerita dan bersinonim dengan ide utama dan tujuan utama adalah pengertian unsur intrinsik cerpen bagian ....
A. tema
B. latar
C. penokohan
D. sudut pandang
Soal PG Teks Cerpen 31 Sampai 40
31. Perut singa yang kempis lapar dan haus oleh daging dan darah binatang mangsanya itu, meramping jalannya melenggang-lenggok mengayun lemah di bawah rindangnya pepohonan.Kata khusus yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. pepohonan
B. rindang
C. binatang
D. singa
32. Berikut ini yang tidak termasuk dalam jenis latar teks cerpen adalah ....
A. latar tempat
B. latar waktu
C. latar suasana
D. latar belakang
33. Menyaran pada unsur-unsur yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat disuatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi adalah pengertian dari latar ....
A. tempat
B. waktu
C. sosial
D. belakang
34. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen 1
Mereka tinggal di ceruk gua-gua purba. Ke sanalah butir-butir air mata yang dipetik itu dibawa. Di selisir ulir batu alir, di antara galur batu kapur berselubung tirai marmer bening yang licin dan basah, di jelujur akar-akar kalsit yang bercecabang di langit-langit stalagtit, peri-peri itu membangun sarang. Butir-butir air ditata menjadi sarang mereka, serupa istana-istana kecil yang saling terhubung jembatan gantung yang juga terbuat dari untaian air mata. Di langit-langit gua itu pula butir-butir air mata itu dironce terjuntai menyerupai jutaan lampu kristal yang berkilauan.
Cerpen 2Mereka tinggal di ceruk gua-gua purba. Ke sanalah butir-butir air mata yang dipetik itu dibawa. Di selisir ulir batu alir, di antara galur batu kapur berselubung tirai marmer bening yang licin dan basah, di jelujur akar-akar kalsit yang bercecabang di langit-langit stalagtit, peri-peri itu membangun sarang. Butir-butir air ditata menjadi sarang mereka, serupa istana-istana kecil yang saling terhubung jembatan gantung yang juga terbuat dari untaian air mata. Di langit-langit gua itu pula butir-butir air mata itu dironce terjuntai menyerupai jutaan lampu kristal yang berkilauan.
Segera setelah sampai rumah, ayah Budiman kembali tak sadarkan diri. Budiman panik dan hendak segera membawanya kembali ke rumah sakit, tetapi Sarkawi sigap mencegahnya.
"Memang apa yang kamu harapkan dengan membawa bapakmukembali ke rumah sakit? Supaya sadar lagi? Supaya sembuh? Terus kamu bingung lagi gimana harus berangkat ke luar negeri?"
Kali ini Budiman benar-benar marah dan mendorong tubuh Sarkawi. "Kamu ini memang sama sekali enggak punya perasaan!!!"
"Kamu yang yang enggak punya perasaan! Jelas-jelas bapakmu bilang mau pulang, kamu tetap ngotot juga mau mengembalikan ke rumah sakit."
Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Cerpen 1 menggunakan ungkapan, Cerpen 2 tidak menggunakan ungkapan
B. Cerpen 1 bahasa kias, Cerpen 2 bahasa lugas
C. Cerpen 1 bahasa mudah dipahami, Cerpen 2 bahasa sulit dipahami
D. Cerpen 1 kalimat menggunakan majas, Cerpen 2 kalimat tidak menggunakan majas
35. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Cerpen 1 menggunakan ungkapan, Cerpen 2 tidak menggunakan ungkapan
B. Cerpen 1 bahasa kias, Cerpen 2 bahasa lugas
C. Cerpen 1 bahasa mudah dipahami, Cerpen 2 bahasa sulit dipahami
D. Cerpen 1 kalimat menggunakan majas, Cerpen 2 kalimat tidak menggunakan majas
35. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen 1
"Sudah saya pikir masak-masak."
"Sudah saya pikir masak-masak."
Saya terkejut.
"Pikirkan sekali lagi! Bapak kasih waktu satu bulan!"
Taksu menggeleng.
"Dikasih waktu satu tahun pun hasilnya sama, Pak. Saya ingin jadi guru."
"Tidak! Kamu pikir saja dulu satu bulan lagi!"
....
Bukan hanya satu bulan, tetapi dua bulan kemudian, kami berdua datang lagi mengunjungi Taksu di tempat kosnya. Sekali ini kami muncul tidak dengan tangan kosong. Istri saya membawa krupuk kulit ikan kegemaran Taksu. Saya sendiri membawa sebuah laptop baru yang paling canggih, sebagai kejutan.
Cerpen 2
Cerpen 2
"Jadi, apa yang membawamu kemari?"
"Kenangan."
"Palsu! Kalau ini soal kenangan, tidak perlu menunggu sepuluh tahun setelah keluargamu kembali dan menetap 30 kilometer saja dari sini."
Saya tersenyum. Hanya sebentar kecanggungan di antara kami sebelum kata-kata obrolan meluncur seperti peluru-peluru yang berebutan keluar dari magazin.
Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingatkan kembali pada pengalaman kami dahulu. Pengalaman yang menjadikan dia, walau tidak setiap waktu, selalu lekat di ingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa diidapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai orang sahabat, dia jelas jauh lebih tulus daripada saya.
Malam itu saya berada di sini, memperhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di atas meja, hampir mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk menulis. Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok lintingannya soak bertemu potongan besar cengkeh atau kemenyan yang tidak lembut diirisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa, berada di sudut sembari bekerja memilih sabut-sabut kelapa menjadi tambang.
....
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa seakan-akan seluruh rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan kami itu bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut karena waktu telah menghapus semua kengeriannya.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Cerpen 1 menggunakan alur maju, Cerpen 2 menggunakan alur sorot balik
A. Cerpen 1 menggunakan alur maju, Cerpen 2 menggunakan alur sorot balik
B. Cerpen 1 menggunakan alur sorot balik, Cerpen 2 menggunakan alur maju
C. Cerpen 1 menggunakan alur maju, Cerpen 2 menggunakan alur campuran
D. Cerpen 1 menggunakan alur sorot balik, Cerpen 2 menggunakan alur campuran
36. Pelukisan gambaran jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita dan gambaran cerita ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti ekspresi, ucapan, dan tindakan adalah pengertian dari ....
A. tema
B. latar
C. penokohan
D. sudut pandang
37. Berikut ini yang tidak termasuk dalam sudut pandang terdapat dalam teks cerpen adalah ....
A. sudut pandang orang pertama
B. sudut pandang orang kedua
C. sudut pandang orang ketiga
D. sudut pandang orang keempat
38. Pikiranku terputus tatkala Abu Usman lewat dari arah depanku sekembalinya menguburkan Fatima. Tatkala itu cepat melewatiku, ia tak menoleh sedikit pun. Kuingat bahwa dia telah membunuh istrinya. Kulihat dengan mataku sampai ia kembali ke tempat semula.
Sudut pandang pengarang dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. orang pertama pelaku utama
B. orang pertama pelaku sampingan
C. orang ketiga pelaku utama
D. orang ketiga serba tahu
39. Cara pandang yang digunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita adalah pengertian dari ....
A. sudut pandang
B. penokohan
C. latar
D. amanat
40. Umumnya menggunakan kata ganti seperti aku atau saya dalam sebuah cerita khususnya cerpen. Dalam sudut pandang cerita seolah-olah terlibat dalam cerita adalah pengertian dari sudut pandang orang ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
Soal PG Teks Cerpen 41 Sampai 50
41. Pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah cerita adalah pengertian dari ....
A. tema
B. latar
C. penokohan
D. amanat
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 42-44!
....
Selamat pagi duniaaa! Hatiku bersorak. Aku telah sampai di sekolah lebih pagi dari biasanya. Aku menunggu di depan kelas, biasanya Lion lewat sini pagi-pagi. Benar saja, lima menit kemudian Lion menampakkan batang hidungnya. Jantungku berdegup kencang. Tubuhku kaku seketika.
"Mla Mas Lion!" Aku memanggilnya dengan terbata-bata, lidahku kelu. "Mlm Mas, selam..mat..uul..ang tt...tah...un," kataku sambil menyodorkan kado yang telah kupersiapkan kemarin. Kini napasku tersengal. Kata-kataku sungguh kacau. Lion tidak menjawab. Ia tampak aneh. Mukanya memerah. Ia menunduk seperti salah tingkah.
Aku menunduk, mukaku kacau. Lion masih saja tak menjawab. Ia malah berlari kencang meninggalkanku. Sepertinya ia takut, gugup, atau apalah.
42. Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. siang hari, di sekolah
B. siang hari, di kelas
C. pagi hari, di sekolah
D. pagi hari, di kelas
43. Bukti yang menunjukkan watak pemalu tokoh Lion adalah ....
A. paragraf kedua, kalimat kedelapan
B. paragraf kedua, kalimat ketujuh
C. paragraf ketiga, kelimat kedua
D. paragraf ketiga, kalimat ketiga
44. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Lion yang pemalu adalah ....
A. diceritakan oleh tokoh lain
B. tindakan tokoh
C. percakapan antartokoh
D. diceritakan oleh pengarang.
45. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Pagi ini Ibu menyuruhku berbelanja sedikit lebih banyak. Ada warga asing yang datang. Home stay. Orang Jepang. Sebetulnya dari mana pun itu aku tak peduli. Ada atau tidaknya orang baru di sekitarku, aku tak pernah menghiraukan. Toh mereka pun tak akan merasakan keberadaanku. Hari-hariku selain membantu Ibu kuhabiskan di dalam kamar. Menatap lambaian pepohonan kelapa dari balik jendela.
Latar suasana penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. terharu
B. sunyi
C. sedih
D. senang
46. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Hei apa sih?" Dia datang ke mejaku dan itu membuat kelas hening seketika. Seisi kelas melihat ke arah kami.
"Maksudmu apa ada seorang nenek suka padaku? Nenek itu memberikan apa? Ini kosong", kata laki-laki itu.
"Hah?!!!" Aku seketika berdiri dan mengambil kotak anyaman berisi jam tangan itu. Jujur ucapannya yang mengatakan ada seorang nenek yang menyukainya itu membuatku hampir tertawa, tetapi ketika dia mengatakan isinya kosong, aku bahkan lupa kalau aku ingin tertawa.
"Ada, harusnya ada," kataku.
"Aku ingat betul, sesaat sebelum kuberikan tadi aku sudah pastikan jamnya ada di sana. Aku sempat membukanya lagi sebentar. Tapi, kenapa hilang?"
Konflik kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. nenek memberikan sebuah jam tangan kepadaku
B. aku menerima jam tangan pemberian nenek
C. jam tangan hilang
D. jam tangan dicuri
47. Pemakaian tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
Pagi ini Ibu menyuruhku berbelanja sedikit lebih banyak. Ada warga asing yang datang. Home stay. Orang Jepang. Sebetulnya dari mana pun itu aku tak peduli. Ada atau tidaknya orang baru di sekitarku, aku tak pernah menghiraukan. Toh mereka pun tak akan merasakan keberadaanku. Hari-hariku selain membantu Ibu kuhabiskan di dalam kamar. Menatap lambaian pepohonan kelapa dari balik jendela.
Latar suasana penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. terharu
B. sunyi
C. sedih
D. senang
46. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Hei apa sih?" Dia datang ke mejaku dan itu membuat kelas hening seketika. Seisi kelas melihat ke arah kami.
"Maksudmu apa ada seorang nenek suka padaku? Nenek itu memberikan apa? Ini kosong", kata laki-laki itu.
"Hah?!!!" Aku seketika berdiri dan mengambil kotak anyaman berisi jam tangan itu. Jujur ucapannya yang mengatakan ada seorang nenek yang menyukainya itu membuatku hampir tertawa, tetapi ketika dia mengatakan isinya kosong, aku bahkan lupa kalau aku ingin tertawa.
"Ada, harusnya ada," kataku.
"Aku ingat betul, sesaat sebelum kuberikan tadi aku sudah pastikan jamnya ada di sana. Aku sempat membukanya lagi sebentar. Tapi, kenapa hilang?"
Konflik kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. nenek memberikan sebuah jam tangan kepadaku
B. aku menerima jam tangan pemberian nenek
C. jam tangan hilang
D. jam tangan dicuri
47. Pemakaian tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Ibu berpesan kepadaku: "Hati-hati dan jagalah kesehatanmu, Nak!"
B. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, melawat ke Ambon
C. Karena terlambat datang di sekolah, Bunga tidak bisa memasuki pintu gerbang
D. "Jangan berteriak-teriak, Luk! Nanti mengganggu tetangga sebelah," pinta Ibu
48. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung perpustakaan ini selesai direnovasi pada tahun 2019 an.
Pengunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat ....
A. Gedung perpustakaan ini selesai direnovasi pada tahun 2019-an.
B. Gedung perpustakaan ini selesai direnovasi pada tahun 2019-an.
C. Gedung perpustakaan ini selesai direnovasi pada tahun 2019:an.
D. Gedung perpustakaan ini selesai direnovasi pada tahun 2019,an.
49. Pemakaian tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
49. Pemakaian tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku sombong kepada siapa pun
B. Paman menasihati anaknya, "Bekerjalah dengan rajin di negeri orang, Nak!"
C. Anggi menyelesaikan pendidikannya, pada Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya.
D. Ayu bertanya, "Siapakah yang akan mewakili lomba cerdas cermat se-Yogyakarta
50. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Apakah kamu sudah membuat keterampilan tas dari kain perca, Karina?
B. Agus termasuk anak pandai di kelas, tetapi ia tidak suka berkelompok dengan teman yang pandai
C. Kamu kemarin menonton pertunjukkan sendratari Ramayana di Candi Prambanan ya Ani?
D. Wah, prestasi olahraga yang didapatkan oleh Sanusi sangat membanggakan keluarganya
50. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Apakah kamu sudah membuat keterampilan tas dari kain perca, Karina?
B. Agus termasuk anak pandai di kelas, tetapi ia tidak suka berkelompok dengan teman yang pandai
C. Kamu kemarin menonton pertunjukkan sendratari Ramayana di Candi Prambanan ya Ani?
D. Wah, prestasi olahraga yang didapatkan oleh Sanusi sangat membanggakan keluarganya