Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Kumpulan 15+ Contoh Soal Sejarah Peminatan Dilengkapi Kunci dan Pembahasan Kelas XI

Daftar Isi [Tampil]

searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal sejarah peminatan kelas XI dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan materi pokok Perlawanan Indonesia Terhadap Pendudukan Jepang. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal sejarah peminatan kelas XI dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan materi pokok Perlawanan Indonesia Terhadap Perlawanan dan Pendudukan Jepang. Adapun contoh soalnya sebagai berikut.

Kumpulan 15+ Contoh Soal Sejarah Peminatan Dilengkapi Kunci dan Pembahasan Kelas XI

1. Arti penting wilayah Indonesia bagi Jepang dalam kancah Perang Dunia II adalah....
A. Akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan sipil
B. Ingin membebaskan Indonesia dari kolonialisme tanpa syarat
C. Memiliki potensi sumber daya alam dan tenaga kerja
D. Merupakan wilayah Jepang pada masa dulu

Jawaban: C

Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II bersama dua negara fasis lainnya, Jerman dan Italia, telah membuat Jepang memerlukan dana yang cukup besar karena harus melawan kekuatan Sekutu yang didukung oleh negara-negara kuat seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, dan Prancis. Dalam perhitungan Jepang, dengan dikuasainya Indonesia mereka yakin bahwa rakyat Indonesia akan mendukung Jepang. Jepang tahu Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan masyarakat yang bisa dijadikan sebagai tenaga kerja

2. Untuk memenangkan perang Asia Jepang membagi wilayah Asia dalam beberapa sasaran yaitu wilayah A dan B, wilayah B merupakan koloni....
A. Amerika Serikat
B. Belanda
C. Inggris
D. Perancis

Jawaban: D

Untuk memenangkan peperangan di Asia, Jepang menggalang kekuasaannya di Asia melalui pembagian wilayah. Jepang membagi kawasan Asia menjadi beberapa sasaran. Kawasan Asia Tenggara, Jepang membaginya menjadi dua sasaran, yaitu: (1) Wilayah A terdiri dari beberapa koloni Inggris, Belanda dan Amerika Serikat yang meliputi Malaya, Kalimantan Utara, Filipina dan Indonesia. (2) Wilayah B, yang terdiri dari koloni Prancis: Vietnam, Laos, dan Kamboja

3. Bangsa Jepang meyakini bahwa dunia ini adalah satu keluarga dan mereka adalah bangsa pemimpinanya, merupakan prinsip yang dikenal dengan istilah....
A. Amaterasu Omikami
B. Fretoria
C. Hako I Chiu
D. San Min Chu

Jawaban: C

Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II dilandasi oleh ambisi membangun suatu wilayah kekuasaan di Asia. Bangsa Jepang meyakini bahwa dunia ini adalah satu keluarga dan mereka adalah bangsa yang terbaik sehingga harus dipersatukan di bawah kekuasannya. Konsep seperti ini dikenal dengan istilah Hako I Chiu. Untuk mencapai tujuan tersebut, Jepang terlebih dahulu harus menghancurkan kekuatan yang telah ada di wilayah Asia, termasuk Belanda yang berkuasa di Indonesia.

4. Untuk menarik simpati Rakyat Indonesia, Jepang membentuk perhimpunan Gerakan Tiga A yang dipimpin oleh ....
A. Ahmad Soebarjo
B. Mr. Syamsudin
C. Jendral Nishimura
D. Moh, Yamin

Jawaban: B

Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang membentuk perhimpunan Gerakan Tiga A yang didirikan pada 29 Agustus 1942. Propaganda Gerakan Tiga A ini dipimpin oleh Mr. Syamsudin dengan semboyan Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia dan Nippon Pemimpin Asia. Pada awalnya propaganda Jepang banyak mempengaruhi pola pikir bangsa Indonesia yang masih menaruh dendam terhadap Belanda sehingga kedatangan Jepang disambut dengan baik

5. Gelar sebagai prajurit ekonomi atau pahlawan pekerja adalah bentuk propaganda Jepang untuk menarik rakyat mengikuti....
A. Gerakan Tiga A
B. Jawa Hokokai
C. Keibodan
D. Romusha

Jawaban: D

Pembentukan romusha ini dilatarbelakangi oleh besarnya kebutuhan Jepang akan tenaga kerja untuk membangun pertahanannya, seperti gua, gudang bawah tanah, lapangan udara darurat. Tenaga romusha ini diperoleh dari desa di pulau Jawa yang padat penduduk. Pada awalnya pengerahan tenaga kerja ini bersifat sukarela, namun dalam pelaksanaannya, pengerahan tenaga kerja ini dilaksanakan secara paksa. Kehidupan para romusha sangat sulit, mereka kelaparan, kesehatan mereka tidak dijamin, sehingga banyak romusha yang meninggal. Hal-hal di ataslah yang kemudian membuat rakyat takut dijadikan romusha. Namun, untuk menghilangkan rasa takut tersebut, tahun 1943 Jepang menggelar propaganda baru yaitu dikatakan sebagai prajurit ekonomi atau pahlawan pekerja. Propaganda baru Jepang ini menarik kembali rakyat untuk menjadi Romusha. Akan tetapi kenyataannya tetap saja seperti keadaan yang sebelumnya. Para romusha ini mendapatkan siksaan yang pedih. Mereka bukan saja dikirim ke luar Jawa, tetapi juga ke luar negeri seperti Burma, Thailand, Filipina, Malaya, dan Serawah

6. Putera (Pusat Tenaga Rakyat) merupakan salah satu bentuk perjuangan menghadapi pendudukan Jepang yang bersifat....
A. Antek-antek Belanda
B. Gerakan Angkat Senjata
C. Gerakan Bawah Tanah
D. Kooperatif

Jawaban: D

Sejumlah tokoh nasionalis Indonesia banyak yang menggunakan kesempatan pendudukan Jepang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Banyak di antara mereka yang menduduki jabatan-jabatan penting dalam lembaga-lembaga yang dibentuk Jepang. Misalnya, Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur menduduki pimpinan Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Mereka dikenal dengan sebutan “Empat Serangkai”. Putera merupakan sebuah organisasi yang dibentuk Jepang Pada Maret 1943, bertujuan menggerakan rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan Jepang menghadapi Sekutu. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia dapat berhubungan dengan rakyat secara langsung, baik melalui rapat-rapat maupun media massa milik Jepang. Tokoh-tokoh Putera memanfaatkan organisasi organisasi itu untuk menggembleng mental dan membangkitkan semangat nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri sebagai bangsa. Mereka selalu menekankan pentingnya persatuan, pentingnya memupuk terusmenerus semangat cinta tanah air, dan harus lebih memperhebat semangat antiimperialisme- kolonialisme. Organisasi Putera mendapat sambutan yang hangat dari seluruh rakyat. Namun, karena Putera nyatanya bermanfaat bagi bangsa Indoensia, pemerintah Jepang akhirnya membubarkannya pada April 1944

7. Asrama pemuda yang bernama “Asrama Indonesia Merdeka” merupakan perkumpulan perjuangan menghadapi pendudukan Jepang yang didirikan oleh....
A. Adam Malik
B. Ahmad Subarjo
C. Soekarno
D. Sukarni 

Jawaban: B

Ahmad Subarjo pada masa pendudukan Jepang menjabat sebagai Kepala Biro Riset Kaigun Bukanfu (Kantor Penghubung Angkatan Laut) di Jakarta. Ahmad Subarjo berusaha menghimpun tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang bekerja dalam Angkatan Laut Jepang. Atas dorongan dari kelompok Ahmad Subarjo, Angkatan Laut berhasil mendirikan asrama pemuda yang bernama “Asrama Indonesia Merdeka”. Di asrama Indonesia Merdeka inilah para pemimpin bangsa Indonesia memberikan pelajaran-pelajaran guna menanamkan semangat nasionalisme kepada para pemuda Indonesia

8. Perlawanan terhadap Jepang di Cot Plieng Aceh dipimpin oleh....
A. Cut Nyak Dien
B. Keumal Hayati
C. Tengku Abdul Djalil
D. Tengku Umar 

Jawaban: C

Perlawanan di Aceh ini dipimpin oleh Tengku Abdul Djalil, seorang ulama pemuda. Pada 10 November 1942, tentara Jepang menyerang Cot Plieng pada saat rakyat sedang melaksanakan shalat subuh. Penyerangan pagi buta ini akhirnya dapat digagalkan oleh rakyat dengan menggunakan senjata kelewang, pedang, dan rencong. Begitupun dengan dengan serangan kedua, tentara Jepang berhasil dipukul mundur. Namun pada serangan yang ketiga, pasukan Teungku Abdul Jalil dapat dikalahkan Jepang. Peperangan ini telah merenggut 90 tentara Jepang dan sekitar 3.000 masyarakat Cot Plieng

9. Mendidik dan melatih pemuda Indonesia agar mampu menjada dan mempertahankan tanah air dengan kekuatan sendiri merupakan cikal bakal dibentuknya....
A. Jawa Hokokai
B. Seinendan
C. Peta
D. Putera

Jawaban: B

Seinendan dibentuk pada 9 Maret 1943. Anggota terdiri atas para pemuda yang berumur 14 sampai 22 tahun. Mereka dididik secara militer agar nantinya dapat mempertahankan tanah air mereka dengan kekuatan sendiri; meski tujuan yang sebenarnya adalah mempersiapkan para pemuda Indonesia untuk membantu tentara Jepang dalam menghadapi Sekutu dalam Perang Asia Timur Raya (Perang Pasifik).

10. Pada masa awal pendudukan Jepang, semua organisasi pergerakan nasional harus mengalami pembubaran paksa, namun hal tersebut tidak berlaku bagi golongan Islam. Hal tersebut dikarenakan ....
A. Islam membantu proses kedatangan bangsa Jepang
B. Para pemimpinya pro terhadap pendudukan Jepang
C. Pemerintahan Jepang memiliki kedekatan historis dengan golongan tersebut
D. Sikap golongan Islam yang sangat anti- Barat

Jawaban: D

Pada masa Jepang, semua organisasi kebangsaan yang telah berdiri sejak zaman Hindia Belanda dibubarkan dan dilarang. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Bala Tentara Jepang No. 2 tanggal 8 Maret 1942 yang berisi bahwa bangsa Indonesia dilarang berserikat dan berkumpul. Semua organisasi pergerakan nasional dibubarkan, kecuali golongan Islam yang mendapatkan perlakuan lain karena sikapnya yang anti Barat. Sampai November 1943, Jepang memperkenankan berdirinya Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI) yang dibentuk pada zaman Hindia Belanda. Namun, setelah MIAI mengalami perkembangan pesat, para tokohnya mulai diawasi secara ketat. Akhirnya MIAI dibubarkan dan diganti oleh Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi). Walapun secara tegas Jepang memberlakukan undang-undang larangan berserikat dan berkumpul, para tokoh pergerakan nasional tetap berusaha membela dan memperbaiki nasib rakyat Indonesia. Mereka tetap memperjuangkan Indonesia merdeka. Mereka dalam perjuangannya harus ekstra berhati-hati karena Jepang tidak segan membunuh siapa saja yang menentangnya

11. Penyerahn pendudukan atas wilayah Hindia (Indonesia) dari Belanda ke Jepang berlangsung di Kalijati, Subang. Dalam penyerahan tersebut dari pihak Jepang ditandatangai oleh ....
A. Hideki Tojo
B. Hisaichi Terauchi
C. Hitosyi Imamura
D. Kaisar Hirohito

Jawaban: C

Jepang yang sebelumnya telah menyerbu Cina (1937) dan Indocina dengan taktik gerak cepat melanjutkaqn serangan ke sasaran berikutnya, yaitu Muangthai, Burma, Malaya, Filipina, dan Hindia Belanda (Indonesia). Untuk menghadapi agresi dan ofensif militer Jepang, pihak Sekutu membentuk pasukan gabungan yang dalam komando ABDACOM (American, British, Dutch, and Australia Command = gabungan tentara Amerika Serikat, Inggris, Belanda dan Australia) di bawah pimpinan Letjen H. Ter Poorten yang juga menjabat Panglima Tentara Hindia Belanda (KNIL). Di Indonesia, Jepang memperoleh kemajuan yang pesat. Di awali dengan menguasai Tarakan selanjutnya Jepang menguasai Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Batavia (Jakarta), Bogor terus ke Subang, dan terakhir Kalijati. Dalam waktu yang singkat Indonesia telah jatuh ke tangan Jepang. Penyerahan tanpa syarat oleh Letjen H. Ter Poorten selaku Panglima Angkatan Perang Hindia Belanda atas nama Angkatan Perang Sekutu kepada Angkatan Perang Jepang di bawah pimpinan Letjen Hitosyi Imamura pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati menandai berakhirnya kekuasaan pemerintahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh kekuasaan Kemaharajaan Jepang

12. Salah satu faktor dukungan terhadap pendudukan Jepang adalah adanya ramalan yang memberitakan kedatangan bangsa Jepang, ramalan tersebut adalah ....
A. Ramalan Brawijaya
B. Ramalan Gadjah Mada
C. Ramalan Jayabaya
D. Ramalan Mahabarata

Jawaban: C

Masuknya tentara Jepang ke Indonesia pada awalnya mendapat sambutan baik dari penduduk setempat. Tokoh-tokoh nasional Indonesia, seperti Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta bersedia melakukan kerja sama dengan pihak pendudukan Jepang. Faktor-faktor yang menyebabkan adanya kerja sama itu salah satunya adanya Ramalan Jayabaya yang hidup di kalangan rakyat bahwa akan datang orang-orang kate (Jepang) yang akan menguasai Indonesia selama "seumur jagung" dan sesudahnya kemerdekaan akan dicapai

13. Alasan pemerintahan Jepang membentuk Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau Dokuritsu Junbi Cosakai dan memberikan janji kemerdekaan adalah ....
A. Adanya desakan dari pemeritahan militer Jepang
B. Ingin memindahkan ibukota Jepang ke Indonesia
C. Memiliki perjanjian rahasia dengan Belanda
D. Menggalang dukungan rakyat dalam perang Pasifik

Jawaban: D

Sampai pertengahan tahun 1944, kedudukan Jepang dalam Perang Asia Pasifik sudah sangat terdesak. Di berbagai medan pertempuran, Jepang menderita kekalahan. Pada tanggal 7 September 1944 dalam sidang parlemen Jepang di Tokyo, Perdana Menteri Kuniaki Koiso (pengganti Tojo) memberikan janji kemerdekaan di kelak kemudian hari kepada rakyat Indonesia, hal tersebut tentunya bermotif untuk mendapatkan dukungan tenaga baik itu SDM dan SDA dalam menghadapi perjuangan akhir perang Pasifik

14. Organisasi semimiliter bentukan Jepang yang terinspirasi dari para pilot Kamikaze adalah ....
A. Fujinkai
B. Heiho
C. Jibakutai
D. Keibodan

Jawaban: C

Jibakutai (Barisan Berani Mati) dibentuk pada tanggal 8 Desember 1944. Barisan ini rupanya mendapatkan inspirasi dari pilot Kamikaze yang sanggup mengorbankan nyawanya dengan jalan menabrakkan pesawatnya kepada kapal perang musuh

15. Dipanggilnya Soekarno, Hatta dan Radjiman ke Dalat (Vietnam) salah satu agendanya adalah pemberitahuan kemerdekaan Indonesia yang direncanakan akan dilaksanakan pada ....
A. 20 Agustus 1945
B. 21 Agustus 1945
C. 22 Agustus 1945
D. 24 Agustus 1945

Jawaban: D

Sebagai pengganti BPUPKI yang telah menyelesaikan tugasnya maka pada tanggal 7 Agustus 1945 pemerintah Jepang membentuk PPKI atau Dokuritsu Junbi Iinkai. Tiga tokoh pemimpin nasional, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat berangkat ke Dalat (Vietnam Selatan) atas panggilan Jendral Terauchi, Panglima Tentara Jepang di Asia Tenggara. Dalam pertemuannya tanggal 12 Agustus 1945, Jenderal Terauchi menyampaikan kepada tiga pemimpin Indonesia tersebut bahwa pemerintah Kemaharajaan Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia (direncanakan 24 Agustus). Wilayah Indonesia akan meliputi seluruh wilayah bekas Hindia Belanda.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 15+ Contoh Soal Sejarah Peminatan Dilengkapi Kunci dan Pembahasan Kelas XI

Beranda / Google.com / YouTube.com