Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Kumpulan 10+ Contoh Soal Buku Nonfiksi | Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Revisi

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal bahasa Indonesia pilihan ganda materi buku fiksi. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal bahasa Indonesia pilihan ganda materi buku fiksi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal bahasa Indonesia pilihan ganda materi buku fiksi.

Kumpulan 10+ Contoh Soal Buku Nonfiksi | Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Revisi
www.searchsoal.com

Bacalah kutipan isi buku berikut dengan saksama, untuk menjawab soal nomor 1-5.
1) Anak anak remaja mengakses media sosial di luar jam pelajaran sekolah. Anak-anak yang berusia 7-13 tahun masih mengikuti aturan orang tua dan sekolah. Mereka hanya mengakses media sosial melalui telepon pintar sebelum sekolah, setelah sekolah, dan pada hari libur, seperti Sabtu dan Minggi. Umumnya, anak-anak SD tidak dipernankan untuk membawa telepon selular ke sekolah sehingga mereka hanya mengakses internet melalu telepon pintar setelah tiba di rumah. Ada pula beberapa sekolah yang memperbolehkan murid SD membawa telepon selular, tetapi murid wajib menitipkannya pada wali kelas.
3) Anak-anak yang lebih dewasa, yaitu usia SMP dan SMA lebih mudah mengakses media sosial, baik melalui telepon pintar, laptop, maupun komputer. Waktu akses media sosial anak SMP dan SMA beraneka ragam. Akan tetapi, umumnya sebelum berangkat sekolah, sepulang sekolah, dan setelah jam sebelas malam.
2) Anak usia sekolah dasar sama sekali tidak menggunakan media sosial di sekolah. Hal ini disebabkan mereka dilarang untuk membawa perangkat telepon selular ke sekolah. Anak-anak yang lebih dewasa memiliki aturan dan strategi sendiri dalam mengakses media sosial. Walaupun ada kewajiban untuk menitipkan telepon selular pada wali kelas selama waktu sekolah, anak-anak usia SMP dan SMA kerap menyembunyikan dari guru.
4) Anak dan remaja usia SMP dan SMA juga mengakses media sosial di tempat lain selama ada koneksi internet. Mereka mengakses media sosial di mana saja dan kapan saja, selama ada sambungan internet, baik di hari sekolah, di hari libur, pada jam sekolah, maupun jam di luar jam sekolah.

1. Kalimat berikut yang tepat digunakan untuk memberikan tanggapan terhadap buku nonfiksi adalah ....
A. Sungguh, saya sangat kecewa setelah membeli buku ini. Selain kertasnya sangat tidak berkualitas, isinya juga bisa menyesatkan pembaca. Saya menyarankan agar Anda tidak membeli buku yang tak bermutu ini.
B. Buku ini sudah tersedia di toko-toko buku, khususnya di perkotaan. Luangkan waktu Anda untuk mencarinya di toko buku kesayangan, dijamin puas. Ayo cepat, mumpung masih ada persediaan!
C. Sebagai penulis ternama di bidang antropologi, buku ini jamin sangat bagus kualitasnya. Tanpa harus membaca isinya terlebih dahulu, pembaca akan sudah tertarik dengan popularitas nama penulisnya.
D. Buku ini sebenarnya bagus. Isinya sangat bermanfaat bagi pembaca, khususnya kalangan pelajar. Sayangnya, ejaan dan tanda baca buku ini masih banyak terjadi kesalahan sehingga sangat mengganggu pembaca.

2. Pernyataan mengenai anak dan remaja di usia SMP dan SMA bisa mengakses media sosial kapan dan di mana saja selama ada koneksi internet terdapat pada paragraf nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

3. Pernyataan bahwa anak usia sekolah dasar sama sekali tidak menggunakan media sosial terdapat pada paragraf nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

4. Rangkuman yang tepat dari kutipan isi buku tersebut adalah ....
A. Anak-anak yang ingin mengakses media sosial perlu mempertimbangkan usianya karena jika terlalu dini memberikan kesempatan kepada anak-anak, bisa berdampak negatif.
B. Anak usia sekolah dasar memang sama sekali tidak boleh menggunakan media sosial di sekolah karena mereka dilarang untuk membawa perangkat ponsel ke sekolah
C. Anak-anak yang lebih dewasa, yaitu SMP dan SMA mudah mengakses media sosial, baik melalui telepon pintar, laptop, maupun komputer sehingga merasa nyaman
D. Anak dan remaja di usia sekolah menengah pertama dan sekolah menengah umum juga mengakses media sosial di tempat lain, selama ada koneksi internet

5. Gagasan utama yang sesuai dengan isi paragraf ketiga dalam teks tersebut adalah ....
A. Anak-anak usia SMP dan SMA bisa mengakses media sosial selama ada koneksi internet
B. Anak-anak usia SMP dan SMA tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial
C. Anak-anak usia SMP dan SMA bisa mengakses media sosial
D. Kemudahan mengakses media sosial bagi anak-anak usia SMP dan SMA

Bacalah kutipan isi buku berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 6 dan 7.
Kesuksesan dapat dicapai dengan kerja keras. Mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik merupakan salah satu kerja nyata yang perlu dilakukan. Tidak semua kebiasaan yang kita anggap baik dapat mendukung langkah kita mencapai kesuksesan. Ada kebiasaan secara tidak sadar sering kita lakukan justru menghambat jalan mengapai mimpi. Misalnya, terlalu nyaman berada di zona aman dapat membuat kita terkungkung dalam kegiatan yang itu-itu saja. Tanda disadari, kita tidak semakin berkembang, tetapi justru bergerak statis. Hal ini didukung pula dengan rasa enggan mencoba hal dan tantangan baru, terlebih jika diri kita adalah orang yang tertutup dan tidak mudah bergaul.

6. Manfaat yang dapat diperoleh dengan membaca buku tersebut sesuai kutipan isi adalah ....
A. menginspirasi generasi mudah untuk terus maju
B. mengetahui rahasia sukses seorang inspirator
C. menjadi pribadi yang selalu bersemangat
D. memperoleh strategi mencapai kesuksesan

7. Peryataan yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
A. berada di zona aman membuat seseorang merasa nyaman dan pandai
B. menghindari kebiasaan buruk berarti mengubah pribadi menjadi lebih baik
C. jika ingin sukses, ubalah kebiasaan buruk menjadi lebih baik
D. kita sebaiknya tidak menjadi orang yang ketinggalan zaman

Bacalah kutipan isi buku berikut untuk soal nomor 8-10!
Karya sastra berbicara tentang kehidupan menggunakan bahasa sebagai media penyampaiannya dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya. Atas dasar media bahasa dan media imajinatif itu, sastra mempunyai berbagai dimensi dan pandangan melalui media bahasa, seni imajinatif, dan budaya, sastra menyampaikan pesan untuk ditinjau, ditelaah, dan dikaji ataupun dianalisis dari berbagai sudut pandang. Hasil pandangan itu sangat bergantung pada peninjau, penelaah, penganalisis, dan pengkaji dengan latar belakang sosialbudaya, serta pengetahuan yang beraneka ragam. Adakala seorang penelaah sastra berangkat dari sudut pandang metafora, mitos, simbol, kekuasaan, ideologi, ekonomi, politik, dan budaya, dapat dibantah penelaah lain dari sudut bunyi, referen, maupun ironi. Meskipun demikian, kata Heraclitus, "Betapa pun berlawanan mereka bekerja sama dari arah yang berbeda, muncul harmoni paling indah".

8. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan informasi pada kutipan isi buku tersebut adalah ....
A. Melalui media bahasa, seni imajinatif, dan budaya, sastra menyampaikan pesan untuk dikaji
B. Atas dasar media bahasa dan seni imajinatif, sastra mempunyai berbagai dimensi dan pandangan
C. Istilah sastra mengandung dua pengertian, yaitu mengungkapkan penghayatan dan kegiatan kreatif
D. Karya sastra berbicara tentang kehidupan menggunakan bahasa sebagai media penyampaiannya dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya

9. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. bahasa merupakan sarana komunikasi
B. tanpa sastra, kehidupan tak akan berkembang
C. bahasa sebagai media penyampaian pesan
D. karya sastra berbicara tentang kehidupan

10. Dilihat dari isi dan bahasa yang digunakan, kutipan isi buku tersebut termasuk jenis buku ....
A. nonsastra
B. sastra
C. nonfiksi
D. fiksi

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 10+ Contoh Soal Buku Nonfiksi | Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 Revisi

Beranda / Google.com / YouTube.com