Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Kumpulan 11+ Contoh Soal Uji Kompetensi Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal uji kompetensi materi teks buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal uji kompetensi materi teks buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal uji kompetensi materi teks buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 11+ Contoh Soal Uji Kompetensi Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi
www.searchsoal.com

1. Kalimat berikut yang mengandung kata bermakna kias adalah ....
A. Anak itu tetap bersikap dingin meskipun sudah ditegur berkali-kali
B. Cuaca yang dingin membuat warga tak ada yang keluar rumah
C. Anak kecil itu sedang mengembala seekor kambing hitam
D. Minuman itu terasa asam setelah tiga hari dimasukkan kulkas

2. Pernyataan berikut yang tepat digunakan untuk memberikan tanggapan terhadap buku fiksi adalah ....
A. Buku ini banyak menggunakan istilah asing yang membingungkan pembaca dan menyimpan dan menyimpang dari kaidah ilmiah
B. Buku fiksi termasuk jenis buku yang layak untuk diapreasiasi pembaca demi kemajuan peradaban bangsa
C. Daya tarik buku ini terletak pada kemampuan pengarang dalam menggambarkan karakter tokoh
D. Sungguh keliru kalau ada orang yang mengatakan bahwa makalah ini sangat tidak layak untuk dibaca

Teks berikut untuk soal nomor 3-5.
Kentrung, seperti halnya drama tradisi pada umumnya memiliki kekhasan. Menurut Brandon (dalam Hutomo, 1993:16), kekhasan tersebut meliputi, (1) cerita panjang dan terdiri dari beberapa episode; (2) tidak dapat digolongkan ke dalam tipe Drama Barat; (3) cenderung untuk mendidik atau mengajar; (4) memiliki alur yang tetap atau monoton; dan (5) tokoh cerita cenderung streotip. Kekhasan ketiga merupakan hal yang ditonjolkan dalam pertunjukkan kentrung. Cerita kentrung yang merupakan cerminan kehidupan manusia dan mengandung unsur kenyataan mampu memberikan contoh dan teladan bagi pendengar dan penonton melalui kritik dan humor.

3. Tanggapan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah ....
A. Penjelasan penulis sebaiknya didukung dengan hasil penelitian yang menjelaskan tentang persebaran drama tradisi
B. Pemberian pendapat atau teori dari orang lain (Bandon) memperkuat penjelasan tentang kentrung sebagai drama tradisi
C. Pendapat atau teori yang dikutip penulis tidak mempunyai sumber yang jelas
D. Alur dalam teks tersebut membuat pembaca dapat menikmati cerita sampai akhir

4. Gagasan umum paragraf tersebut adalah ....
A. cerminan kehidupan manusia dalam cerita kentrung
B. keteladanan dalam kesenian kentrung
C. ciri-ciri pertunjukkan tradisi
D. kekhasan kesenian kentrung

5. Pernyataan yang tidak sesuai dengan informasi pada kutipan teks nonfiksi tersebut adalah ....
A. drama tradisi mempunyai alur yang dinamis
B. tipe drama barat berbeda dengan drama tradisi
C. cerita kentrung memberikan pendidikan dan pengajaran
D. kentrung merupakan salah satu bentuk drama tradisi

6. Tahap membaca dalam metode SQ3R dengan meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun sebelumnya disebut ....
A. question
B. review
C. read
D. survey

Teks berikut untuk soal nomor 7-11.
Banyak orang mengatakan bahwa membaca dapat membuka jendela dunia. Dengan membaca, kita mendapatkan tiga hal bermanfaat karena pada dasarnya kegiatan membaca tidak merugikan manusia. Pertama, membaca adalah jawaban dari rasa penasaran dan ketidaktahuan. Kedua, membaca memberikan pencerahan karena buku yang kita baca mampu memberikan inspirasi baru. Ketiga, membaca merupakan penguatan pendapat terhadap hal yang kita yakini.
Kegemaran membaca dapat tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri seseorang. Namun, ada pula kegemaran membaca yang senggaja ditumbuhkan oleh orang tua kepada anaknya. Sebagian orang tua mencoba secara rutin membacakan cerita atau mendongeng. Orang tua yang membacakan cerita dengan buku dapat menstimulasi anak untuk mendengarkan sambil melihat gambar-gambar yang ada dalam buku. Hal ini menjadi awal petualangan imajinasi anak, yaitu dengan melihat gambar atau visualisasi dalam buku dan mendengar penceritaan dari orang tua. Dengan demikian, anak akan tertarik untuk dibacakan buku, kemudian berkembang menjadi ketertarikan membaca buku.

7. Pada metode membaca SQ3R, langkah yang dilakukan pembaca, yaitu mengajukan pertanyaan yang belum dimengerti setelah melakukan tahap survey disebut ....
A. survey
B. review
C. recite and recall
D. questions

8. Pada metode membaca SQ3R, langkah yang dilakukan pembaca, yaitu melatih diri dan berusaha tidak membuka kembali bahan bacaan agar mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan disebut ....
A. survey
B. review
C. recite and recall
D. questions

9. Simpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Kegiatan membaca pada anak sebaiknya didampingi oleh orang tua
B. Membaca boleh dikembangkan dalam diri anak-anak untuk melatih imajinasi
C. Membaca perlu dibiasakan kepada anak-anak karena dapat memberikan banyak manfaat
D. Membaca harus dikembangkan sejak dini agar anak menjadi generasi yang cerdas

10. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan infomasi pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Buku yang dibaca mampu memberikan inspirasi baru
B. Membaca dapat membangun peradaban dan mengubah dunia
C. Dengan mendengarkan dongeng, petualangan imajinasi anak dimulai
D. Membaca adalah jawaban dari rasa penasaran dan ketidaktahuan

11. Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. Ada kegemaran membaca yang senggaja ditumbuhkan oleh orang tua kepada anaknya
B. Kegemaran membaca dapat tumbuh dengan sendirinya dari diri seseorang
C. Dengan membaca, kita mendapatkan tiga hal bermanfaat
D. Banyak orang mengatakan bahwa membaca dapat membuka jendela dunia

>> Buka juga soal:
  1. Teks berita
  2. Teks iklan, slogan, dan poster
  3. Teks eksposisi
  4. Teks puisi
  5. Teks eksplanasi
  6. Teks ulasan
  7. Teks persuasi
  8. Teks drama
  9. Teks buku fiksi dan nonfiksi

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 11+ Contoh Soal Uji Kompetensi Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi

Beranda / Google.com / YouTube.com