Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

20+ Contoh Soal Teks Biografi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal teks biografi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal teks biografi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga dengan adanya contoh soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal teks biografi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

20+ Contoh Soal Teks Biografi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
www.searchsoal.com

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap delapan belas tahun, tepatnya tujuh belas tahun sebelas bulan, adalah dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh ini diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) cumlaude, yaitu 3,67. Waktu kuliahnya pun tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong.

1. Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah ....
A. tinggi hati dan sombong
B. sombong dan rendah hati
C. tinggi hati dan ramah
D. rendah hati dan ramah

2. Keistimewaan tokoh sesuai dengan biografi tersebut adalah ....
A. remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
B. remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
D. lulus dokter sebelum usia delapan belas tahun

Teks berikut untuk soal nomor 3-5.
(1) Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. (2) Chairil Anwar adalah tipe pemuda yang suka membaca dan belajar sendiri. (3) Tidak heran kalau tulisannya memiliki kwalitas yang sangat tinggi. (4) Ia dikenal sebagai pelopor penyair Angkatan '45. (5) Dari esai-esai dan sajaknya, jelas sekali ia seorang individualis  yang bebas. (6) Dengan berani dan secara demonstratif, ia menentang pula sensor Jepang dan ia selalu menjadi incaran Kempetai (polisi rahasia Jepang).

3. Penulisan kata yang tidak baku terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (2)

4. Hal yang tidak disampaikan dalam teks biografi di atas adalah ....
A. prestasi yang diraih
B. keistimewaan
C. kegiatan masa kecil
D. identitas

5. Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ....
A. pelopor penyair Angkatan '45
B. menentang segala tekanan Jepang
C. suka membaca dan belajar sendiri
D. memiliki kualitas tulisannya

Teks berikut untuk soal nomor 6-8.
Adan Malik sudah aktif berorganisasi sejak remaja. Pada usia 17 tahun, ia menjadi ketua Postindo di Pematang Siantar (1934-1935). Karier jurnalistiknya dimulai ketika menjadi penulis di majalah Partindo dan surat kabar Pelita Andalas. Ia memutuskan untuk merantau ke Jakarta karena ingin berbakti kepada bangsa dan negara.

6. Hal yang paling menonjol dalam teks biografi di atas adalah ....
A. riwayat pendidikan
B. suka duka
C. riwayat masa remaja
D. karier

7. Profesi tokoh dalam teks biografi di atas adalah ....
A. pengawai negeri sipil
B. wartawan
C. wakil presiden
D. direktur perusahaan

8. Hal yang dapat diteladani dalam biografi di atas adalah ....
A. menjadi seorang jurnalis
B. meninggalkan orang tuanya untuk merantau
C. aktif dalam organisasi sejak remaja
D. menjadi ketua Postindo di Pematang Siantar (1934-1935)

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10.
[...]
Angelina Magdalena Ticoalu, atlet nasional biliar yang sering mendapatkan emas. Ia merasa bahwa konsentrasi memegang peran penting untuk memenangi setiap pertandingan. Oleh karena itu, Angelina mengikuti yoga untuk melatih konsentrasinya. Dia juga membiasakan diri untuk membaca buku apa saja, terutama karya novelis Brazil, Paulo Coelho, sebelum pertandingan dimulai. Beberapa jam sebelum bertanding, dia membaca buku-buku tersebut untuk menajamkan konsentrasinya.

Di samping dua cara ringan tersebut, Angelina memiliki cara ekstrem untuk menajamkan konsentrasinya. Dia tidak mau bicara dengan orang-orang di sekelilingnya. "Satu jam sebelum pertandingan, bisanya saya mencari ruang tersendiri, lalu duduk di dalamnya," ungkapnya.

9. Hal yang perlu dituliskan di bagian rumpang di atas adalah ....
A. keteladan tokoh
B. keistimewaan tokoh
C. identitas tokoh
D. kegiatan tokoh

10. Pernyataan berikut yang sesuai dengan teks biografi di atas adalah ....
A. ketekunan adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh Angelina Maglena Ticoalu dalam mengikuti pertandingan biliar.
B. kecerdasan adalah hal penting yang perlu dikuasai oleh Angelina Magdalena Ticoalu dalam mengikuti pertandingan biliar
C. konsentrasi adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh Angelina Magdalena Ticoalu sebelum mengikuti pertandingan biliar
D. kegigihan adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh Angelina Magdalena Ticoalu sebelum mengikuti pertandingan biliar

Teks berikut untuk soal nomor 11-13.
(1) Albert Einstein adalah seorang ilmuwan hebat pada abad ke-20. (2) Cendikiawan yang lahir tahun 1879 ini tidak ada tandingannya sepanjang zaman. (3) Teorinya yang kontroversial adalah teori relativitas. (4) Hal ini juga yang memantapkan dia diberi kepercayaan menjabat tiga jabatan dalam waktu bersamaan di Jerman, mahaguru di Universitas Berlin, direktur Lembaga Fisika "Kaisar Wilhelm", dan Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan di Persia. (5) Jabatan-jabatan tersebut tidak menghambatnya untuk tetap melakukan penyelidikan-penyelidikan guna memantapkan ilmunya.

11. Judul yang paling tepat sesuai isi teks biografi di atas adalah ....
A. Albert Einstein Penemu yang Selalu Melakukan Penyelidikan
B. Albert Einstein, Penemu yang Menduduki Tiga Jabatan
C. Albert Einstein Penemu Hukum Relativitas
D. Einstein. Ilmuwan Tidak Ada Tandingannya Sepanjang Zaman

12. Keistimewaan tokoh Albert Einstein dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat ....
A. (5)
B. (3)
C. (2)
D. (4)

13. Hal yang patut diteladani pada tokoh Albert Einstein dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (5)
B. (3)
C. (2)
D. (4)

14. (1) B.J. Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan. (2) [...]. (3) Habibie dan putra-putra Indonesia yang bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) menciptakan N-250. (4) B.J. Habibie antara lain mendapat kehormatan dari Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar, Jerman Barat tahun 1983.
Kalimat yang cocok untuk mengisi nomor (2) tentang sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. beliau dibesarkan dari keluarga biasa
B. istrinya seorang dokter
C. beliau pernah menjabat presiden RI
D. mengerjakan sesuatu dan gemar membaca

Bacalah kutipan teks berikut untuk soal nomor 15-18.
(1) Bu Kasur termasuk pengarang lagu anak-anak legendaris dan tokoh pendidikan anak. (2) Nama aslinya Sandiah. (3) Pada tahun 1950-an, bersama Pak Kasur dia mengasuh siaran anak-anak di RRI. (4) Ketika TVRI didirikan tahun 1962, ia mengasuh acara serupa yaitu Arena Anak-Anak dan Mengenal Tanah Air. (5) Atas jasanya terhadap pendidikan anak-anak, Ibu Kasur beberapa kali menerima sejumlah penghargaan, antara lain pada tahun 1992 dan 1988 dari pemerintah RI dan 1976 dari pemerintah Italia.

15. Pembentulan penggunaan tanda koma dalam kalimat nomor (4) adalah ....
A. Ketika TVRI didirikan tahun 1962, ia mengasuh acara serupa, yaitu arena anak-anak, dan mengenal Tanah Air
B. Ketika TVRI didirikan tahun 1962 ia mengasuh acara serupa, yaitu arena anak-anak, dan mengenal Tanah Air
C. Ketika TVRI didirikan tahun 1962, ia mengasuh acara serupa, yaitu arena anak-anak dan mengenal Tanah Air
D. Ketika TVRI didirikan, tahun 1962 ia mengasuh acara serupa, yaitu arena anak-anak dan mengenal Tanah Air

16. Bagian struktur yang belum ada dalam teks biografi d atas adalah ....
A. keteladan tokoh
B. keistimewaan tokoh
C. kegiatan tokoh
D. identitas tokoh

17. Inti teks biografi di atas adalah ....
A. Bu Kasur mengasuh acara anak-anak di TVRI
B. Bu Kasur pengarang lagu anak-anak legendaris
C. Bu Kasur pernah menerima penghargaan
D. Bu Kasur mengasuh acara anak-anak di RRI

18. Keistimewaaan tokoh pada kutipan biografi tersebut di atas adalah ....
A. menerima sejumlah penghargaan dari pemerintah RI dan Italia
B. mengasuh acara Arena Anak-Anak dan Mengenal Tanah Air
C. pengarang lagu lengendaris untuk anak-anak
D. mengasuh acara anak-anak di RRI

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 19 dan 20.
W. R. Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Sumogari. Supratman sangat pandai bermain sandiwara dan mahir bermain alat musik. Setiap waktu luang, beliau memanfaatkannya untuk bermain musik, terutama biola. 
Keberaniannya mengutarakan pendapat membuat ia diangkat menjadi pembantu surat kabar Kaom Moeda di Bandung. Meskipun gaji yang diperolehnya kecil, beliau puas karena dapat mengutarakan pendapat serta pikiran ke dalam tulisan-tulisannya.
W. R. Supratman mengubah lagu-lagu perjuangan untuk mengobarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya".
Pada saat beliau diminta memperdengarkan lagu "Indonesia Raya", semua berdiri khidmat. Hal itu tidak terlupakan bagi dirinya. Beliau bekerja tanpa pamrih. Dalam hidupnya, ia lebih suka memberi daripada menerima.

19. Ringkasan yang sesuai dengan isi teks biografi tersebut di atas adalah ....
A. W. R. Supratman lahir tanggal 9 Maret 1903 di Sumogari. Ia memiliki keberanian mengemukakan pendapat
B. W. R. Supratman lahir di Sumogiri, 9 Maret 1903. Ia pernah bekerja di surat kabar Kaoum Moeda di Bandung
C. W. R. Supratman lahir di Sumogari, 9 Maret 1903. Ia menciptakan lagu-lagu perjuangan. Prinsipnya, suka memberi daripada menerima
D. W. R. Supratman lahir tanggal 9 Maret 1903 di Sumogiri. Ia pandai bermain sandiwara dan alat musik

20. Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. mempunyai pengalaman tak terlupakan
B. suka memberi daripada menerima
C. mendengarkan lagu-lagu
D. menjadi pembantu surat kabar

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20+ Contoh Soal Teks Biografi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Beranda / Google.com / YouTube.com