Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

25+ Contoh Soal Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 (Revisi)

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

25+ Contoh Soal Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 (Revisi)
www.searchsoal.com

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
Efek lain dari terlalu banyak menonton TV adalah anak menjadi pasif dan tidak kreatif. Mereka kurang beraktivitas dan menjadi pasif karena hanya duduk di depan TV. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikir dan kreativitas anak tidak terasah.
TV juga menimbulkan efek 'candu' bagi anak-anak. Mereka hanya ingin menonton TV sepanjang hari, tidak mau bermain di luar ataupun belajar. Hal ini tentu akan berdampak pada prestasi anak di sekolah.

1. Teks tersebut menjelaskan tentang ....
A. efek candu yang dihasilkan TV
B. anak yang jadi pasif akibat TV
C. pentingnya TV bagi anak
D. efek dari TV bagi seorang anak

2. Perbedaan teks tersebut dengan teks eksplanasi adalah ....
A. menggambarkan pengaruh TV pada anak
B. tidak ada fakta yang mendukung teks
C. berisi pendapat-pendapat
D. tidak menjelaskan proses-proses

3. Bacalah teks berikut!
Para remaja kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Hal ini terlihat dari sikap apatis mereka. Kita dapat melihat coretan-coretan tangan mereka di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan papan penunjuk arah bus kota. Coretan-coretan itu sangat mengganggu keindahan dan kebersihan lingkungan. Selain itu, mereka juga tidak peduli dengan sampah yang berserakan di sekitar mereka. Mereka membiarkan sampah berserakan berserakan di mana-mana. Padahal mereka sudah mendapat penyuluhan di sekolah maupun di rumah agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.
Masalah yang dikemukakan dalam teks di atas adalah ....
A. ulah mengganggu yang dilakukan oleh remaja
B. sikap kurang peduli remaja terhadap kebersihan lingkungan
C. kebersihan lingkungan
D. kenakalan remaja

4. Bacalah teks berikut!
Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar seperti Jakarta sudah merupakan pemandangan sehari-hari. Penyebab kemacetan itu sangat kompleks. Namun, penyebab utamanya adalah ketidaktertiban atau kekurangdisiplinan para pemakai jalan dan pengemudi. Dalam hal ini, termasuk pula pejalan kaki.
Gagasan utama teks di atas adalah ....
A. pengemudi adalah penyebab utama kemacetan di kota besar
B. kemacetan di kota besar adalah akibat ketidaktertiban para pemakai jalan
C. kemacetan di Jakarta
D. penyebab kemacetan yang kompleks

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 5 dan 6.
Stroke kini tidak lagi didominasi kaum tua, namun juga menyerang kaum muda di usia produktif, yaitu antara 16-45 tahun. Hal ini bisa terjadi akibat pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, serta pengaruh lingkungan.
Untuk mencegah semakin besarnya jumlah penderita stroke di kalangan generasi muda, bagian Neurologi RS Cipto Mangunkusumo akan mengembangkan Brain Check-up atau Brain Docking, yaitu pemeriksaan otak terhadap mereka yang berisiko tinggi, terutama anak-anak penderita stroke.

5. Teks tersebut menjelaskan tentang ....
A. hasil penelitian RS Cipto Mangunkusumo
B. sebab dari penyakit stroke
C. teknologi brain check-up untuk mencegah terjadinya stroke pada generasi muda
D. stroke yang kini menyerang kaum muda

6. Teks tersebut termasuk jenis teks ....
A. hasil observasi
B. eksplanasi
C. eksposisi
D. deskriptif

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8.
Salah satu fenomena alam yang indah adalah pelangi. Pelangi adalah suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Cahaya matahari adalah cahaya yang terdiri atas beberapa warna atau sering disebut polikkromatik. Cahaya yang bisa ditangkap oleh mata manusia dengan tanpa alat bantu ada tujuh warna, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Ketika sinar matahari melewati tetesan air, cahaya tersebut akan dibelokkan sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah.

7. Teks tersebut adalah teks jenis ....
A. laporan
B. eksplanasi
C. eksposisi
D. deskriptif

8. Teks tersebut menjelaskan tentang ....
A. fenomena alam yang indah
B. cahaya matahari
C. warna-warna pelangi
D. proses terjadinya pelangi

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10.
Ketika itu, saya berada dalam sebuah ruangan berukuran enam kali delapan meter. Dalam ruangan itu,  terdapat dua tempat tidur kecil dan satu kamar mandi. Tidak banyak benda dalam ruangan itu, hanya sebuah meja kecil dengan ukirannya yang indah dan dipasangkan dengan kursi yang tertata rapi.

9. Paragraf tersebut merupakan jenis teks deskripsi karena ....
A. pernyataan-pernyataanya bersifat faktual
B. mengungkapkan kesan-kesan tentang suatu tempat
C. menggunakan fakta-fakta konkret
D. memakai latar yang tidak imajinatif

10. Paragraf di atas tergolong jenis teks eksplanasi karena ....
A. tidak menyatakan pendapat yang sifatnya menyakinkan
B. lebih banyak mengungkapkan fakta
C. lebih bersifat imajinatif
D. memaparkan kondisi tempat

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 11 dan 12.
(1) Meskipun ternyata bukan termasuk minuman yang sehat, minuman kopi juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan gigi. (2) Penelitian terbaru di negeri Capuccino, Italia, menguatkan fakta itu. (3) Carlo Pruzzo, dari Universitas Ancona menjelaskan, senyawa yang terkandung di dalam kopi menghentikan bakteri yang menempel ke gigi sintesis. (4) Senyawa tersebut juga efektif membasmi bakteri yang langsung merusak gigi.

11. Kalimat yang tidak efektif dari teks tersebut adalah kalimat nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1) 

12. Gagasan utama teks tersebut adalah ....
A. ada senyawa yang baik dalam cappucino
B. minumlah cappucino agar sehat
C. minuman kopi memiliki efek yang baik untuk gigi
D. cappucino bukanlah minuman yang tidak baik

13.Bacalah teks berikut!
(1) Lembaga Sensor Film harus bekerja dengan pertimbangan multiperspektif. (2) Dalam menyermati film yang akan beredar, LSF sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan faktor keprofesionalan saja, tetapi juga faktor agama, pendidikan, dan moral. (3) Hal ini penting untuk menghindari gejolak masyarakat. (4) Akan lebih baik apabila diedit dengan teliti dan mendalam daripada film tersebut ditarik dari peredaran setelah timbul gejolak masyarakat.
Kalimat yang mengandung kesalahan penulisan ejaan adalah kalimat nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (1)
D. (2)

14. Bacalah teks berikut!
(1) Memasuki abad ke 21, sejumlah masalah kependudukan menghadang umat manusia secara "tumpang tindih". (2) Sebagai contoh, masalah lanjut usia (lansia) muncul pada saat pertambahan penduduk masih besar. (3) Kemiskinan menjadi kian kasat mata di tengah rumitnya masalah ketenagakerjaan. (4) Masalah kesehatan pun turut mewarnai lanskap kehidupan pada awal milenium ketiga, menyangkut kesehatan wanita dan anak-anak.
Kalimat yang memiliki kesalahan penggunaan tanda baca adalah kalimat nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (1)
D. (2)

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16.
Pengelolaan hutan di sepanjang tahun 2002 tak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebaliknya, kecenderungannya justru semakin memburuk. Kebakaran hutan masih terus terjadi dan penebangan liar semakin meningkat. Hal itu diperburuk lagi dengan rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut jelas menambah suram nasib hutan selama tahun 2002.

15. Teks di atas termasuk teks eksplanasi karena ....
A. menggambarkan kondisi hutan yang kian kritis
B. membujuk pembaca memelihara hutan
C. mengungkapkan fakta-fakta mengenai kondisi hutan
D. menunjukkan beberapa argumen mengenai nasib hutan

16. Teks di atas membahas tentang ....
A. suramnya nasib hutan
B. kebakaran hutan
C. perbaikan pengelolaan hutan
D. penebangan liar

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 17 dan 18.
Mula-mula, Parmin mengambil air sendiri dari sungai. Air itu kemudian disiramkan ke tanamannya. Ia berharap perlakuannya terhadap tanaman bisa dilihat oleh petani-petani lain. Apabila para petani telah mengetahui hasil panen tanaman yanhg disiram lebih baik Parmin untuk mengajak petani-petani tersebut. Bagi Parmin, yang penting adalah memberi keteladanan tentang cara bertani yang baik. 

17. Teks tersebut tergolong ke dalam jenis ....
A. eksplanasi
B. ekposisi
C. narasi
D. deskriptif

18. Perbedaan teks tersebut dengan teks eksplanasi adalah ....
A. mengandung alur dan latar
B. menggunakan tokoh yang imajinatif
C. tidak menyatakan kejadian yang sebenarnya
D. tidak mengandung fakta

19. Bacalah teks berikut!
Masalah yang dihadapi pemerintah daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam mencanangkan Banjarmasin sebagai pusat pertumbuhan bagi Kalsel sangatlah banyak. Sebagai kota pusat aktivitas, Banjarmasin tidak bisa mengelak dari arus urbanisasi. Penduduk berdatangan dari berbagai pelosok Kalimantan dengan tujuan mengadu untung. Kehadiran mereka beserta keluarganya sekaligus memunculkan beragam persoalan kota. Di mana-mana tampak permukiman kumuh baru. Penertiban yang berlangsung tanpa henti ternyata bukan menjadi hambatan untuk masuknya penduduk dari luar kota.
Teks tersebut merupakan teks eksplanasi karena ....
A. menjelaskan permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah Kalsel
B. menceritakan kehidupan masyarakat kumuh
C. memaparkan masalah kependudukan
D. mendeskripsikan masalah kependudukan

20. Peristiwa berikut yang tidak dapat dijadikan bahan menulis teks eksplanasi adalah ....
A. awan panas akibat gunung meletus membahayakan manusia
B. angin laut dan angin darat dimanfaatkan nelayan untuk melaut
C. penyebab seseorang terjatuh dari sepeda karena ketidakseimbangan tubuh
D. penyebab terjadinya banjir bandang akibat intensitas hujan yang tinggi

21. (1) Meskipun hujan merupakan salah satu komponen siklus hidrologi, hujan tidak terjadi setiap hari atau setiap waktu di suatu wilayah. (2) Jika hujan tidak terjadi di satu wilayah, kemungkinan di wilayah lain mengalami hujan. (3) Hal ini juga disebabkan perputaran Bumi yang menyebabkan sebagian wilayah mengalami musim yang berlainan. (4) Dengan demikian, siklus hidrologi tidak pernah terhenti di Bumi.
Kalimat yang berisi interpretasi teks ditunjukkan nomor ....
A. 3
B. 4
C. 1
D. 2

22. Jumlah air hujan diukur menggunakan alat pengukur hujan atau ombrometer. Jumlah air tersebut dinyatakan sebagai kedalam air yang terkumpul pada permukaan datar, dan diukur kurang lebih 0,25 mm. Satuan curah hujan menurut standar internasional adalah milimeter yang merupakan penyingkatan dari liter per meter persegi.
Isi paragraf di atas mengenai ....
A. kedalaman air hujan yang terkumpul
B. alat pengukur jumlah air hujan
C. jumlah air hujan
D. satuan curah hujan

23. Hujan termasuk suatu bentuk gejala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud cair. Ada pula pengendapan yang berwujud padat, seperti salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah siklus hidrologi.
Isi paragraf di atas mengenai ....
A. hujan termasuk dalam siklus air
B. terjadinya awan di atmosfer
C. terjadinya hujan
D. terjadinya siklus air

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk soal 24 dan 25.
(1) Pelangi merupakan salah satu fenomena yang biasa terjadi ketika musim hujan. (2) Pelangi terbentuk dari proses pembiasan cahaya matahari yang melewati butir-butir hujan. (3) Cahaya tersebut dibelokkan dari medium satu ke medium lainnya oleh butir air di udara sehingga menyebabkan perubahan warna putih sinar menjadi spektrum warna yang beragam. (4) Perlu diketahui bahwa pelangi terjadi hanya hujan atau cuaca berkabut yang disertai cahaya matahari, serta pada air yang jatuh seperti air terjun.

24. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. pelangi terjadi saat cahaya matahari melewati butiran hujan yang kemudian dibiaskan pada medium lain berupa air di udara sehingga menghasilkan spektrum warna
B. pelangi dapat terjadi saat hujan, mulai dari hujan dengan intensitas rendah hingga dengan intensitas tinggi disertai awan mendung
C. pelangi terjadi saat cahaya matahari melewati butiran hujan yang kemudian menyatu menjadi spektrum warna
D. pelangi tidak dapat terjadi pada saat cuaca berkabut karena cahaya matahari tidak dapat dibelokkan untuk menghasilkan pelangi

25. Struktur teks eksplanasi berupa pernyataan umum dalam teks tersebut ditunjukkan nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (1)
D. (2)

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 25+ Contoh Soal Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 (Revisi)

Beranda / Google.com / YouTube.com