Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

25+ Contoh Soal Teks Tanggapan Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi Terbaru)

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal teks tanggapan deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal teks tanggapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal teks tanggapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh soalnya bisa kalian lihat di bawah ini.

25+ Contoh Soal Teks Tanggapan Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi Terbaru)
www.searchsoal.com

1. Miris sekali melihat kehidupannya. Bayangkan, ia hanya menempati rumah yang terbuat dari anyaman bambu. Rumah tersebut sangat kecil, hanya terdiri atas 1 ruang yang dijadikan tempat tidur, dapur, dan tempat salat. Rumah ini pun tidak memiliki kamar mandi. Atapnya juga kalah miris. Banyak lubang di sana-sini. Bila hujan turun, pemilik rumah harus dengan sigap menadangi tetesan hujan dengan baskom atau apapun yang bisa dipakai.
Teks di atas dikembangkan dengan pola ....
A. induktif
B. objektif
C. spasial
D. subjektif

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 2 dan 3.
Rima dan Ramli tinggal bertiga dengan ibu mereka. Rima kini baru masuk SMA dan Ramli naik ke kelas VIII SMP. Ibu mereka bekerja sebagai pencuci pakaian di beberapa rumah besar. Walaupun demikian, Rima dan Ramli tetap bercita-cita tinggi. Mereka selalu rajin belajar dan tidak putus asa.

2. Berdasarkan tujuannya, teks di atas bersifat ....
A. menyakinkan
B. menggambarkan
C. menjelaskan
D. menceritakan

3. Paragraf di atas tergolong ke dalam jenis teks ....
A. eksplanasi
B. narasi
C. deskriptif
D. eksposisi

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 4 dan 5.
Setiap malam berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di kecematan Pricimantoro. Segala macam tanaman, sampai kepada pohon petai cina yang sudah tua, habis digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan tikus yang ganas itu. Apalagi bahan makanan. Memang itu yang dicari. Habis tandas ditelan tikus. Bahkan penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. Sampai sekarang masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya.

4. Suasana yang digambarkan teks tersebut adalah ....
A. ketakutan
B. mencekam
C. kesunyian
D. kegetiran

5. Objek yang digambarkan pada teks tersebut adalah ....
A. orang
B. narasi
C. peristiwa
D. keadaan waktu

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 6 dan 8.
(1) Ayu tenan anak perempuan itu. (2) Wajahnya putih bersih tanpa tanpa noda. (3) Alis matanya tebal. (4) Warna matanya hijau menambah kental karakteristiknya sebagai kerukunan Pakistan. (5) Kepalanya ditutupi dengan kerudung berwarna pink pastel. (6) Baju dan roknya berwarna ungu dan orange pastel menambah pesan feminim anak perempuan itu. (7) Tingginya semampai, mungkin hampir 165 cm. (8) Orang yang melihatnya pasti akan menoleh mengagumi kecantikannya.

6. Kalimat yang memperkuat penggambaran objek dalam teks di atas terdapat dalam kalimat ....
A. (6), (7), dan (8)
B. (5), (6), dan (7)
C. (1), (2), dan (7)
D. (2), (3), dan (4)

7. Teks di atas dikembangkan dengan pola ....
A. deduktif
B. objektif
C. subjektif
D. spasial

8. Teks di atas merupakan jenis teks ....
A. eksplanasi
B. narasi
C. eksposisi
D. desktiptif

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 9 - 11.
Dari luar terlihat sekali betapa sejuknya rumah tersebut. Di bagian luar dengan pagar, ditanami tanaman semak dan juga pohon palem. Halaman depannya yang luas, dihiasi dengan banyak pohon berukuran sedang. Tanahnya ditutupi dengan rumput peking. Ditembok samping pagar, ditanami tanaman menjalar. Pokoknya sejauh mata memandang, warna hijau tanaman tampak mendominasi rumah ini. Tak heran apabila udara di sekitar rumah ini sangat sejuk.

9. Kata sifat yang digunakan dalam teks tersebut adalah ....
A. pandang
B. dominasi
C. tampak
D. sejuk

10. Objek yang dibahas dalam teks tersebut di atas adalah ....
A. tanaman hijau
B. kondisi suatu rumah
C. taman rumah
D. aneka tanaman di  halaman rumah 

11. Teks tersebut dikembangkan dengan pola ....
A. induktif
B. objektif
C. spasial
D. subjektif

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 12 - 15.
Arial adalah sosok yang paling ganteng di antara mereka. Arial yang satu ini pastinya adalah Arial control B alias Arial bold dan Arial black karena badannya gede dan kulitnya item, ke mana-mana selalu pakai sepatu basket. Tinggi dan gede, pokoknya sporty deh. Arial yang selalu rapi, baju kebanggaannya adalah ham, celana kebangsaannya adalah celana permanent press pants. Arial adalah yang simpel-simpel aja, tapi ia kebanggaan seluruh tongkrongan karena cuma dia yang bisa tenang, pembawaannya banyak senyum dan jarang khilaf.

12. Tujuan ditulisnya teks tersebut adalah ....
A. memperkenalkan seseorang
B. memberitahukan kesukaan seseorang
C. menginformasikan sifat seseorang
D. menggambarkan ciri-ciri seseorang

13. Teks tersebut dikembangkan dengan pola ....
A. deduktif
B. subjektif
C. spasial
D. objektif

14. Teks di atas dikategorikan sebagai teks deskripsi karena ....
A. menceritakan ciri-ciri suatu objek
B. menggambarkan suatu objek dengan terperinci
C. menjelaskan suatu keadaan
D. memberi informasi kepada para pembaca

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 15 - 17.
(1) Tengah hari ini, Kota Cairo seakan membara. (2) Matahari berpijar ditengah petala langit. (3) Seumpama lidah api yang menjulur dan menjilat-jilat bumi. (4) Tanah dan pasir seakan menguapkan bau neraka. (5) Embusan angin sahara disertai debu yang bergulung-gulung menambah panas udara semakin tinggi dari detik ke detik. (6) Penduduknya banyak yang berlindung dalam flat yang ada dalam apartemen-apartemen berbentuk kubus dengan pintu, jendela, dan tirai tertutup rapat.

15. Frasa penunjuk waktu yang dipakai dalam teks di atas adalah ....
A. lidah api yang menjulur
B. embusan angin sahara
C. matahari berpijar
D. debu yang bergulung-gulung

16. Kalimat yang menguatkan penggambaran objek pada teks di atas terletak pada kalimat nomor ....
A. (3), (4), (5), dan (6)
B. (2), (3), (4), dan (5)
C. (1), (2), (3), dan (4)
D. (1), (3), (5), dan (6)

17. Objek yang digambarkan pada teks di atas adalah ....
A. Kota Cairo secara umum
B. apartemen-apartemen di Kota Cairo
C. penduduk Kota Cairo
D. keadaan Kota Cairo pada siang hari

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 18 dan 19.
Rumah itu menghadap ke sungai, dikitari oleh tembok kotor yang tinggi, didirikan di atas fondasi baru, dan jauh lebih besar dari yang diperlukan oleh seorang samurai biasa di pedesaan. Dahulu rumah itu megah, tapi kini telah reyot. Bunga-bunga iris liar berkecambah dari atapnya, dan dinding dojo, di mana Munisai dahulu biasa mengajarkan seni perang, kini terlapisi seluruhnya oleh kotoran burung layang-layang putih.

18. Suasana yang tergambar dalam teks adalah ....
A. meresahkan
B. mencekam
C. menakutkan
D. mengkhawatirkan

19. Teks di atas dikategorikan sebagai teks deskriptif karena ....
A. menceritakan suasana alam dengan menarik
B. menggambarkan tempat dengan serinci-rincinya
C. menyakinkan pembaca tentang suatu objek
D. menjelaskan suatu keadaan

20. Di ruangan tamu yang digunakan bersama itu, tampak karton pipih lebar bekas piza menganga terbuka. Sebuah TV yang tak ditonton menyala dengan suara sayup. Empat orang duduk di lantai, berbincang asyik sambil tertawa-tawa, dengan dus piza kosong sebagai pusat bagaikan kawanan Indian yang mengelilingi api unggun.
Contoh kata sifat yang digunakan dalam teks di atas adalah ....
A. menyala
B. sayup
C. menganga
D. tampak

21. Di dalam ruang itu ada sebuah kuil mini. Atapnya dari daun-daun pohon jeruk dan tiang-tiangnya dililit bunga-bunga liar. Di dalam "kuil bunga" ini ada patung berwarna hitam, setinggi kira-kira setengah meter. Tangannya yang satu menunjuk ke langit dan satunya lagi ke tanah. Patung ini berdiri di dalam semacam baskom dari tanah liat.
Tujuan dari teks di atas adalah ....
A. menceritakan sebuah kuil mini dan patung yang ada di dalamnya
B. menjelaskan patung
C. menjelaskan kuil mini
D. menggambarkan keadaan kuil mini

22. Tak jauh dari sana, seseorang merasa namanya dipanggil. Keenan merasa sumbernya adalah perempuan yang sedang bergerak ke arahnya. Keenan mengamati dengan saksama. Ia yakin belum pernah berkenalan dengan cewek satu itu seumur hidupnya. Tepatnya, ia belum pernah menemukan orang dengan penampilan seaneh itu.
Teks tersebut termasuk jenis teks ....
A. eksplanasi
B. eksposisi
C. dekskriptif
D. narasi

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
Pagi hari mentari sudah menyemburatkan warna kuning keemasan. Lama-kelamaan warna itu semakin memutih dihiasi awan berarak. Tidak seperti kemarin, pesona pagi itu menjadikan hari kian bergairah. Tambah siang, suasana lebih hangat. Pertanda bahagiakah? Tentu aku berharap, semoga mentari indah itu tetap ada dan aku bisa mewujudkan pertunangan sore nanti benar-benar menjadi nyata.

23. Berikut yang bukan penunjuk waktu dalam teks di atas adalah ....
A. mentari indah
B. tambah siang
C. lama-kelamaan
D. Pagi hari

24. Teks di atas dikembangkan dengan pola ....
A. deduktif
B. subjektif
C. spasial
D. objektif

25. Di dalam kelas-kelas itu, puluhan siswa brilian bersaing ketat dalam standar mutu yang sangat tinggi. Sekolah-sekolah ini memiliki perpustakaan, kantin, guru BP, laboratorium, perlengkapan kesenian, kagiatan ekstrakurikuler yang bermutu, fasilitas hiburan, dan sarana olahraga termasuk sebuah kolam renang yang masih disebut dalam bahasa Belanda: zwembad. Di depan pintu masuk kolam renang ini tentu saja terpampang tegas "DILARANG MASUK BAGI YANG TIDAK MEMILIKI HAK". Di setiap kelas ada kotak P3K berisi obat-obatan pertolongan pertama.
Objek yang digambarkan dalam teks adalah ....
A. kolam renang sekolah
B. mutu sekolah
C. fasilitas sekolah
D. kondisi murid

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 25+ Contoh Soal Teks Tanggapan Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi Terbaru)

Beranda / Google.com / YouTube.com