Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal ulangan harian (UH) seni budaya kelas 8 (delapan) semester 2 (dua). Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal ulangan harian (UH) seni budaya. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal ulangan harian (UH) seni budaya. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.
1. Contoh tari tradisional klasik yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah ....
A. pakarena
B. serimpi
C. bedhaya ketawang
D. topeng kelono
2. Contoh tari tradisional rakyat yang berasal dari daerah Bali adalah ....
A. janger
B. remo
C. serampang dua belas
D. jaipongan
3. Tari bedhaya semang merupakan tari tradisional klasik yang berasal dari daerah ....
A. Jawa Timur
B. Yogyakarta
C. Jawa Tengah
D. Jawa Barat
4. Tari pakarena merupakan tari tradisional klasik yang berasal dari daerah ....
A. Sulawesi Utara
B. Sulawesi Tenggara
C. Sulawesi Selatan
D. Sulawesi Tengah
5. Tari saman dan seudati merupakan tari tradisional rakyat yang berasal dari daerah ....
A. Aceh
B. Sumatera Barat
C. Sumatera Utara
D. Sumatera Selatan
6. Tari tradisional dalah tari yang lahir, tumbuh, dan berkembang di masyarakat atau daerah tertentu d Indonesia dan berlangsung secara ....
A. turun-temurun
B. terencana
C. mendadak
D. alami
7. Tari tradisional dibedakan menjadi dua, yaitu tari tradisional ....
A. klasik dan kontemporer
B. kerakyatan dan modern
C. kerajaan dan klasik
D. kerakyatan dan klasik
8. Tari kuda kepang atau lumping merupakan tari tradisional rakyat yang berasal dari daerah ....
A. Bali
B. Jawa Timur
C. Jawa Barat
D. Jawa Tengah
9. Tari tradisional kerakyatan lahir, tumbuh, dan berkemban dalam lingkungan ....
A. keluarga bangsawan
B. keluarga kerajaan
C. masyarakat umum
D. masyarakat modern
10. Tari tradisional klasik, lahir dan dikembangkan oleh sekelompok kaum ....
A. rakyat dan terpelajar
B. bangsawan dan terpelajar
C. rakyat pada umumnya
D. bangsawan dan kerajaan
A. rakyat dan terpelajar
B. bangsawan dan terpelajar
C. rakyat pada umumnya
D. bangsawan dan kerajaan
11. Berikut ini yang tidak termasuk dalam istilah tata cahaya adalah ....
A. lampu
B. holder
C. kabel
D. motor
12. Di bawah ini yang tidak termasuk barang-barang yang diperlukan untuk menerapkan whiteface adalah ....
A. baby oil
B. body paint hitam
C. make up spons
D. baju
13. Mengapa whiteface menjadi identik tata rias dalam pementasan pantomim?
A. whiteface adalah hak paten milik pantomim
B. whiteface mampu membuat gerak nampak lebih nyata
C. whiteface akan menghapus karakter individu dalam realitas pelaku pantomimer
D. whiteface saat terkena cahaya lampu menambah kesan keindahan
14. Apa yang dimaksud dengan titik fokus pada tata pencahayaan?
A. titik antara lampu dan panggung
B. titik jatuhnya cahaya lampu
C. titik fokus cahaya
D. titik peletakan lampu
15. Seorang yang mengkoordinasi tata pencahayaan dalam sebuah pertunjukan pantomim adalah ....
A. lighting men
B. ligh-men
C. light service
D. light coordinator
16. Terdapat dua jenis panggung yang dapat kita gunakan untuk perantara pantomim, yaitu ....
A. di dalam hutan
B. alam terbuka
C. indoor dan outdoor
D. indoor dan outplour
17. Berikut yang merupakan perlengkapan dalam mempersiapkan tata pencahayaan pementasan pantomim, kecuali ....
A. back drop
B. foot light
C. dimmer
D. holder
18. Ciri khas pantomim dari Romawi adalah ....
A. mengenakan topi bulat
B. mengenakan topi runcing
C. menggunakan bunga
D. menggunakan topi koboi
19. Tokoh legendaris pantomim dunia adalah ....
A. Thomas
B. Charlie Chaplin
C. Alexander
D. Bram
20. Pantomim yang diperkenalkan oleh Marcel Marceau, seorang mahasiswa dari Etienne Decroux disebut ....
A. bib
B. bip
C. pib
D. pid
21. Ketahanan adalah konsistensi tubuh dalam menempuh sebuah proses kreatif (pertunjukan) pantomim. Pada bagian ini pantomimer memerlukan ... untuk pengoptimalan tubuh.
A. madu
B. tidur
C. gerak
D. stamina
22. Sandiwara di India mulai menghibur istana raja pada tahun ....
A. 100 M
B. 100 SM
C. 300 SM
D. 200 SM
23. Penulis pertama seni pantomim Dorian yang ternama adalah ....
A. Maurize Zolotov
B. Charles Aubert
C. Epicharmus
D. Aeskilos
24. Seni pertunjukan drama yang mengutamakan gerak tubuh dan ekspresi wajah melalui bahasa isyarat, tanpa kata (nonverbal), tanpa suara. Pesannya disampaikan melalui gerak dan ekspresi tubuh adalah pengertian dari ....
A. drama
B. pantomim
C. film
D. sandiwara
25. Tubuh yang membeku atau mematung di mana semua aktivitas gerak tubuh berhenti dalam pantomim disebut ....
A. freeze
B. mechanical people
C. slow motion
D. emosi
26. Gerak dan aktivitas tubuh mekanis melalui penekanan kekuatan tubuh dengan gerak stakato pada tiap bagian ruas tubuh disebut ....
A. freeze
B. mechanical people
C. slow motion
D. emosi
27. Gerakan pelan (lambat) oleh pantomimer, yang digunakan sebagai tambahan variasi bentuk pertunjukan pantomim, agar teknik permainan semakin menarik disebut ....
A. freeze
B. mechanical people
C. slow motion
D. emosi
28. Mimesis dalam bahasa Yunani yang berarti ....
A. asli
B. tiruan
C. original
D. murni
29. Proses lanjutan dari pemanasan (peregangan) dalam mencapai kesadaran tubuh yang mengarah pada kekuatan, kelenturan, dan ketahanan adalah pengertian dari ....
A. kekuatan
B. olah tubuh
C. ketahanan
D. kelenturan
30. Sebuah proses pencapain tubuh maksimal hingga menempuh batas elastisitas adalah pengertian dari ....
A. kekuatan
B. olah tubuh
C. ketahanan
D. kelenturan
A. freeze
B. mechanical people
C. slow motion
D. emosi
26. Gerak dan aktivitas tubuh mekanis melalui penekanan kekuatan tubuh dengan gerak stakato pada tiap bagian ruas tubuh disebut ....
A. freeze
B. mechanical people
C. slow motion
D. emosi
27. Gerakan pelan (lambat) oleh pantomimer, yang digunakan sebagai tambahan variasi bentuk pertunjukan pantomim, agar teknik permainan semakin menarik disebut ....
A. freeze
B. mechanical people
C. slow motion
D. emosi
28. Mimesis dalam bahasa Yunani yang berarti ....
A. asli
B. tiruan
C. original
D. murni
29. Proses lanjutan dari pemanasan (peregangan) dalam mencapai kesadaran tubuh yang mengarah pada kekuatan, kelenturan, dan ketahanan adalah pengertian dari ....
A. kekuatan
B. olah tubuh
C. ketahanan
D. kelenturan
30. Sebuah proses pencapain tubuh maksimal hingga menempuh batas elastisitas adalah pengertian dari ....
A. kekuatan
B. olah tubuh
C. ketahanan
D. kelenturan
