Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

50+ Contoh Soal Ulangan Harian (UH) Seni Budaya Kelas 9 (Kurikulum 2013)

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal Ulangan Harian (UH) seni budaya kelas 9 (sembilan). Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar ulangan harian (UH) seni budaya. Dan harapannya, semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan manfaat yang baik kepada anak didik dalam memahami contoh soal yang diujikan di sekolah. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

50+ Contoh Soal Ulangan Harian (UH) Seni Budaya Kelas 9 (Kurikulum 2013)
www.searchsoal.com

1. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis naskah, yaitu sejumlah ....
A. 8
B. 7
C. 6
D. 5

2. Pembedahan naskah dalam sebuah pementasan bertujuan agar ....
A. pemain bisa memahami naskah
B. para pemain tidak salah naskah
C. para pemain mengetahui perannya
D. para pemain memahami keadaan

3. Pentingnya observasi bagi pemain atau aktor adalah untuk ....
A. mengetahui karakter
B. mendalami peran
C. mengetahui kepekaan keadaan sekitar
D. mengetahui keadaan sekitar

4. Intisari cerita digunakan sebagai landasan dalam menentukan arah tujuan cerita sering disebut sebagai ....
A. plot
B. premis
C. tujuan
D. karakter

5. Pemain harus memahami karakter tokoh yang dimainkan agar ....
A. pemain disiplin dalam latihan
B. pemain menjadi berkualitas
C. drama menjadi berkelas
D. drama menjadi hidup

6. Art manager adalah kata lain dari ....
A. sutradara
B. panata artistik
C. aktor
D. aktris

7. Tokoh yang biasanya berwatak jahat disebut ....
A. figuran
B. tritagonis
C. protagonis
D. antagonis

8. Latar dalam cerita dibagi menjadi ....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2

9. Ide pokok atau gagasan utama dari sebuah jalan cerita adalah pengertian dari ....
A. setting
B. latar
C. tokoh
D. tema

10. Latihan imajinasi bagi pemeran berfungsi ....
A. melatih daya ingat dalam suatu peran
B. memainkan peran dengan baik
C. mengidentifikasi peran yang akan dimainkan
D. mendalami peran

11. Latihan untuk melatih kemampuan berseni peran dibagi menjadi ....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2

12. Tujuan kemampuan vokal bagi seorang aktor adalah agar ....
A. dapat memuaskan hati penonton
B. bisa memainkan peran dengan baik
C. suaranya terdengar jelas
D. pesan drama dapat tersampaikan

13. Gerakan pemanasan dalam latihan olah tubuh dibagi menjadi ....
A. 8
B. 7
C. 5
D. 6

14. Latihan pemanasan merupakan serial latihan gerakan tubuh yang bertujuan untuk ....
A. melancarkan peredaran darah
B. melemaskan otot-otot tubuh
C. mengembalikan kesegaran tubuh
D. meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot dengan cara bertahap

15. Contoh tari berpasangan adalah ....
A. tari serampang dua belas
B. tari payung
C. tari saman
D. tari cakalele

16. Contoh tari tradisi kerakyatan berpasangan yang sangat meriah berasal dari Jawa Barat, yaitu tari ....
A. tayuban
B. jaranan
C. jaipongan
D. jaemasan

17. Dalam penampilan tari berpasangan, sejak awal sampai dengan akhir penampilan merupakan tanggung jawab ....
A. koreografer
B. individu
C. sutradara
D. kelompok

18. Interaksi gerak yang saling mengisi dan melengkapi terdapat pada gerak tari ....
A. massal
B. kelompok
C. berpasangan
D. tunggal

19. Peragaan tari kreasi dapat diiringi dengan musik eksternal berupa suara ....
A. drum
B. suling
C. gendang
D. hentakkan kaki

20. Tari kreasi yang dikembangkan dengan tampilan ragam gerak tari klasik disebut ....
A. tari gaya modern
B. tari tradisional kerakyatan
C. tari tradisional daerah
D. tari tradisional klasik

21. Raden, Tomi, Brian, dan Yohan mendapatkan tugas dari guru seni tari untuk menampilkan tari kreasi di depan kelas minggu depan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mereka telah menggabungkan berbagai macam gerak tari di antaranya gamyong, jaipong, dan tari serimpi, mereka menampilkan tari kreasi ....
A. tari gaya modern
B. tari tradisional kerakyatan
C. tari tradisional daerah
D. tari tradisional klasik

22. Riska ingin membuat tari kreasi modern. Tarian yang tidak diperlukan Riska adalah ....
A. tari disko, tari cha-cha
B. tari balet, tari salsa
C. tari Bali, tari jaipong
D. tari salsa, tari disko

23. Dalam peragaan tari kreasi, dapat diiringi dengan musik eksternal berupa ....
A. suara gitar
B. suara seruling
C. suara kaki yang dihentakkan
D. suara gendang

24. Iringan dalam peragaan tari berfungsi sebagai ....
A. pendukung gerak
B. pengikat dan pemertegas gerak
C. pelengkap gerak
D. pemanis gerak

25.  Gerak ragam gerak tari kreasi dibagi menjadi tiga, yakni ....
A. gerak tari tradisional klasik, tari tradisional kerakyatan, dan tari tradisional daerah
B. gerak tari modern, tari daerah, dan tari tradisional kerakyatan
C. gerak tari daerah, tari klasik, dan tari nasional kerakyatan
D. gerak tari tradisional klasik, tari tradisional kerakyatan, dan tari modern

26. Rangkaian gerak dalam tari kreasi gaya tradisional klasik diambil dari ragam gerak tari ....
A. kerakyatan
B. klasik
C. daerah
D. tradisional

27. Suatu tari yang gerakannya berupa gerakan baru dari ragam gerak yang sudah ada disebut ....
A. tari tradisional
B. tari kreasi
C. tari kerakyatan
D. tari kreasi

28. Ragam gerak tari yang diambil dari gerak tari mancanegara dinamakan tari ....
A. kreasi
B. modern
C. tradisional
D. kerakyatan 

29. Berikut ini yang tidak termasuk dalam macam-macam gerak tari kreasi adalah ....
A. tari modern
B. tari kerakyatan
C. tari tradisional
D. tari klasik

30. Pada saat perpisahan kelas 9, SMP Persada mengadakan kegiatan pentas seni. Valeri, Anastasya, Ina, Greis, dan Yohana telah menunjukkan gerak tari kreasi di atas panggung. Gerakan tarian mereka berdasarkan gerak tari kreasi yang didasarkan pada gaya tradisional klasik menggunakan material gerak tari klasik, maka disebut gerak tari kreasi ....
A. tari modern
B. tari kerakyatan
C. tari tradisional
D. tari klasik

31. Prosedur membuat karya seni lukis adalah ... yang harus dilakukan di dalam berkarya seni lukis.
A. unsur-unsur
B. prinsip-prinsip
C. langkah-langkah
D. cara-cara

32. Teknik melukis yang dilakukan dengan cara membuat titik pada bidang lukis adalah ....
A. pointilis
B. plakat
C. spray
D. akuarel

33. Teknik melukis adalah ... yang digunakan untuk melukis.
A. langkah-langkah
B. cara-cara
C. media
D. bahan

34. Alat melukis adalah segala ... yang dapat digunakan untuk mengolah bahan melukis.
A. media
B. perkakas
C. teknik
D. bahan

35. Bahan untuk melukis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ....
A. cat dan tinta lukis
B. palet dan bidang lukis
C. kuas dan bidang lukis
D. bidang lukis dan cat

36. Media seni lukis adalah ... di dalam berkarya seni lukis.
A. teknik
B. alat
C. bahan
D. perantara

37. Perantara seni lukis berarti bahan, alat, dan ... yang digunakan dalam berkarya seni lukis.
A. media
B. teknik
C. sarana
D. material

38. Corak seni lukis dapat di kelompokkan menjadi tiga, yaitu ....
A. realis, dekoratif, dan abstrak
B. primitif, klasik, dan kontemporer
C. representatif, deformatif, dan abstrak
D. tradisional, modern, dan posmodern

39. Melukis adalah kegiatan ... dengan menggunakan pulpen, pensil, kuas, dan sebagainya, baik dengan warna maupun tidak.
A. membubuhkan
B. memberi warna
C. membuat gambar
D. menggoreskan

40. Corak seni lukis adalah ... seni lukis tiap pelukis.
A. gaya
B. teknik
C. karakter
D. warna

41. Media seni patung adalah .... di dalam berkarya seni patung.
A. perantara
B. teknik
C. alat
D. bahan

42. Selain bahan plastik, kayu, batu, dan logam, bahan untuk pembuatan karya patung adalah ....
A. baku
B. kimia
C. buatan
D. alami

43. Prosedur pembuatan karya patung yang dilakukan dengan cara menyiapkan desain disebut ....
A. penyelesaian akhir
B. proses membentuk
C. persiapan gambar kerja
D. persiapan bahan dan alat

44. Teknik berkarya patung yang salah satu cara pembuatannya dengan jalan memijat-mijat bahan adalah ....
A. susun
B. cetak
C. pahat
D. butsir

45. Selain butsir, meja putar, pahat, dan palu, alat yang juga dapat digunakan untuk pembuatan kayu patung  adalah ....
A. pisau
B. gergaji
C. cetakan
D. ketam

46.  Pengertian patung secara luas adalah karya seni rupa tiga dimensi yang diwujudkan dalam berbagai bentuk yang ....
A. indah
B. bermakna
C. monumental
D. megah

47. Corak patung modern dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu ....
A. tradisional, klasik, dan kontemporer
B. representatif, deformatif, dan abstrak
C. primitif, klasik, dan modern
D. tradisional, modern, dan posmodern

48. Corak patung representatif adalah gaya patung yang meniru bentuk-bentuk ....
A. benda silindris
B. buatan
C. alami
D. benda kubistis

49. Corak patung deformatif adalah gaya patung yang perwujudan bentuknya di dasarkan dari bentuk alami, namun terdapat perubahan-perubahan ....
A. gagasan
B. bentuk
C. alami
D. buatan

50. Keragaman perwujudan karya patung dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu ....
A. makhluk hidup, benda buatan, dan benda alam
B. manusia, binatang, dan tumbuhan
C. kepala, badan, dan anggota badan
D. potret, badan, dan utuh

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 50+ Contoh Soal Ulangan Harian (UH) Seni Budaya Kelas 9 (Kurikulum 2013)

Beranda / Google.com / YouTube.com