Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

65+ Contoh Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Seni Budaya Kelas 9 Semester 2

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal penilaian akhir semester (PAS) seni budaya kelas 9 semester 2 revisi terbaru. Harapannya contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal penilaian akhir semester (PAS) seni budaya kelas 9 semester 2 revisi terbaru. Dan semoga dengan adanya contoh soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan da kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal penilaian akhir semester (PAS) seni budaya kelas 9 semester 2 revisi terbaru. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

65+ Contoh Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Seni Budaya Kelas 9 Semester 2
www.searchsoal.com

1. Berikut ini yang bukan fungsi musik dalam pementasan drama adalah ....
A. memeriahkan suasana
B. memperkuat suasana
C. menarik perhatian penonton
D. pengiring pergantian adegan

2. Manfaat tata rias dalam sebuah pementasan drama adalah untuk ....
A. mendukung pementasan drama 
B. mempercantik tokoh
C. mempertebal riasan tokoh
D. memperjelas wajah dan ketokohan pemain

3. Bagian artistik dalam sebuah pementasan drama adalah untuk ....
A. 7
B. 6
C. 5
D. 4

4. Seseorang yang mengatur jalannya cerita dalam sebuah pementasan drama disebut ....
A. aktor
B. pembawa acara
C. narator
D. sutradara

5. Berikut yang bukan termasuk langkah dalam pementasan drama adalah ....
A. geladi resik
B. pembuatan setting
C. pemilihan peran
D. menyusun naskah

6. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis naskah, yaitu sejumlah ....
A. 8
B. 7
C. 6
D. 5

7. Pembedahan naskah dalam sebuah pementasan bertujuan agar ....
A. pemain bisa memahami naskah
B. para pemain tidak salah naskah
C. para pemain mengetahui perannya
D. para pemain memahami keadaan

8. Pentingnya observasi bagi pemain atau aktor adalah untuk ....
A. mengetahui karakter
B. mendalami peran
C. mengetahui kepekaan keadaan sekitar
D. mengetahui keadaan sekitar

9. Inti dari pembuatan panggung arena, yaitu untuk ....
A. menyingkirkan penonton 
B. menjauhkan penonton
C. menyerap penonton
D. mendekatkan penonton

10. Bentuk panggung arena dibagi menjadi ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

11. Menentukan pemain sesuai dengan peran yang dibutuhkan sering disebut dengan ....
A. casting
B. pementasan
C. olah tubuh
D. latihan

12. Seksi yang bertugas mencari sponsor adalah ....
A. sponsorship
B. publikasi
C. konsumsi
D. dokumentasi

13. Seksi-seksi dalam tim produksi drama musika ada ....
A. 7
B. 6
C. 5
D. 4

14. Orang yang bertanggung jawab memimpin sebuah tim pertunjukan disebut ....
A. direktur
B. pemimpin produksi
C. bos
D. ketua kelas

15. Berikut yang bukan termasuk unsur dalam memilih cerita adalah ....
A. setting
B. properti
C. naskah
D. tokoh

16. Intisari cerita digunakan sebagai landasan dalam menentukan arah tujuan cerita sering disebut sebagai ....
A. plot
B. premis
C. tujuan
D. karakter

17. Pemain harus memahami karakter tokoh yang dimainkan agar ....
A. pemain disiplin dalam latihan
B. pemain menjadi berkualitas
C. drama menjadi berkelas
D. drama menjadi hidup

18. Art manager adalah kata lain dari ....
A. sutradara
B. panata artistik
C. aktor
D. aktris

19. Pelengkap yang secara langsung terlibat dalam konflik disebut ....
A. figuran
B. tritagonis
C. protagonis
D. antagonis

20. Kegunaan rias dalam seni drama adalah membuat ....
A. sutradara bersemangat
B. penonton senang
C. wajah sesuai dengan perannya
D. pemain senang

21. Tahap kedua dalam menulis naskah drama adalah ....
A. judul
B. sapaan
C. penonton
D. observasi

22. Tahap penulisan naskah dibagi menjadi ....
A. 7
B. 5
C. 6
D. 4

23. Sebutan dari percakapan dalam naskah drama adalah ....
A. perbincangan
B. dialog
C. ucapan
D. sapaan

24. Sebuah pesan yang disampaikan dalam naskah disebut ....
A. pesan singkat
B. dialog
C. kesan
D. amanat

25. Langkah pertama untuk menyusun naskah adalah ....
A. menentukan latar
B. menentukan tokoh
C. menentukan naskah
D. menentukan tema

26. Tokoh yang biasanya berwatak jahat disebut ....
A. figuran
B. tritagonis
C. protagonis
D. antagonis

27. Latar dalam cerita dibagi menjadi ....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2

28. Ide pokok atau gagasan utama dari sebuah jalan cerita adalah pengertian dari ....
A. setting
B. latar
C. tokoh
D. tema

29. Berikut ini yang bukan contoh latar suasana adalah ....
A. senang
B. marah
C. memasak
D. sedih

30. Alur dibagi menjadi ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

31. Seluruh tubuh menunjang penjelasan akan suatu situasi dan emosi. Tidak hanya mimik wajah, tetapi gerakan tubuh dari ujung rambut ke ujung kaki merupakan bagian dari ekspresi ....
A. emosi pada wajah
B. situasi lewat gerak-gerik
C. situasi lewat penghayatan
D. situasi lewat mimik wajah

32. Penghayatan atau merasakan sesuatu secara mendalam merupakan bagian dari fenomena ....
A. sosial
B. biologis
C. psikologis
D. sosiologis

33. Vokal sebagai salah satu media pengungkapan ekspresi aktor merupakan media penyampaian informasi melalui ....
A. dialog
B. ekspresi
C. mimik
D. gerak-gerik

34. Latihan imajinasi bagi pemeran berfungsi ....
A. melatih daya ingat dalam suatu peran
B. memainkan peran dengan baik
C. mengidentifikasi peran yang akan dimainkan
D. mendalami peran

35. Latihan untuk melatih kemampuan berseni peran dibagi menjadi ....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2

36. Tujuan kemampuan vokal bagi seorang aktor adalah agar ....
A. dapat memuaskan hati penonton
B. bisa memainkan peran dengan baik
C. suaranya terdengar jelas
D. pesan drama dapat tersampaikan

37. Gerakan pemanasan dalam latihan olah tubuh dibagi menjadi ....
A. 8
B. 7
C. 5
D. 6

38. Latihan pemanasan merupakan serial latihan gerakan tubuh yang bertujuan untuk ....
A. melancarkan peredaran darah
B. melemaskan otot-otot tubuh
C. mengembalikan kesegaran tubuh
D. meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot dengan cara bertahap

39. Latihan ini merupakan kegiatan pokok dari gerakan yang bertujuan untuk ....
A. ketahanan tubuh
B. kelenturan otot tubuh
C. kekebalan tubuh
D. kekuatan tubuh 

40. Pendinginan atau peredaran (warm-down), yaitu gerakan latihan yang bertujuan ....
A. melatih ketangkasan tubuh
B. melenturkan tubuh
C. menyegarkan kembali kondisi tubuh
D. melatih ketahana tubuh

41. Berikut ini yang bukan properti seni tari adalah ....
A. baju dan celana
B. saputangan
C. topi atau payung
D. selendang

42. Fungsi busana pada pergelaran tari yaitu ....
A. membedakan karakter saja
B. membedakan peran atau tokoh saja
C. mempercantik penampilan
D. menambah indah penampilan dan membedakan peran tokoh

43. Sebagai media pendidikan, pembelajaran seni tari bertujuan ....
A. membentuk seniman-seniman baru
B. menjadi penari profesional
C. memotivasi siswa cinta budaya bangsa
D. membentuk pribadi siswa lebih percaya diri

44. Tari yang digunakan sebagai sarana penyambutan tamu, berasal Pulau Dewata dan terkenal sampai mencanegara, yaitu tari ....
A. Pendet
B. Panji Semirang
C. Margapati
D. Tenun 

45. Contoh tari berpasangan adalah ....
A. tari serampang dua belas
B. tari payung
C. tari saman
D. tari cakalele

46. Contoh tari tradisi kerakyatan berpasangan yang sangat meriah berasal dari Jawa Barat, yaitu tari ....
A. tayuban
B. jaranan
C. jaipongan
D. jaemasan

47. Dalam penampilan tari berpasangan, sejak awal sampai dengan akhir penampilan merupakan tanggung jawab ....
A. koreografer
B. individu
C. sutradara
D. kelompok

48. Interaksi gerak yang saling mengisi dan melengkapi terdapat pada gerak tari ....
A. massal
B. kelompok
C. berpasangan
D. tunggal

49. Tari tunggal jenis putri yang tidak berlatar belakang cerita dan sering ditarikan secara massal adalah tari ....
A. saman dari Aceh
B. janger dari Bali
C. gambyong dari Jawa
D. serampang dua belas dari Sumatera

50. Tata rias dan busana dalam pertunjukkan tari akan menambah kejelasan tarian yang akan dipentaskan, disebut ....
A. wirama
B. wiraga
C. wirasa
D. wirupa

51. Tari kreasi yang materinya lebih luas dan diambil dari berbagai negara disebut ....
A. tari gaya modern
B. tari antarnegara
C. tari daerah
D. tari kombinasi

52. Berikut ini yang bukan pendukung tari kreasi, kerakyatan, dan modern adalah ....
A. gerak
B. mimik
C. irama
D. tema

53. Tari kecak, tari reog, dan tari gambyong dapat dikombinasikan menjadi suatu tari kreasi ....
A. tari tradisional klasik
B. tari gaya modern
C. tari tradisional kerakyatan
D. tari antardaerah

54. Peragaan tari kreasi tidak dapat diiringi dengan musik eksternal ....
A. suara suling
B. suara kaki yang dihentakkan
C. suara gendang
D. suara drum

55. Peragaan tari kreasi dapat diiringi dengan musik eksternal berupa suara ....
A. drum
B. suling
C. gendang
D. hentakkan kaki

56. Tari kreasi yang dikembangkan dengan tampilan ragam gerak tari klasik disebut ....
A. tari gaya modern
B. tari tradisional kerakyatan
C. tari tradisional daerah
D. tari tradisional klasik

57. Raden, Tomi, Brian, dan Yohan mendapatkan tugas dari guru seni tari untuk menampilkan tari kreasi di depan kelas minggu depan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mereka telah menggabungkan berbagai macam gerak tari di antaranya gamyong, jaipong, dan tari serimpi, mereka menampilkan tari kreasi ....
A. tari gaya modern
B. tari tradisional kerakyatan
C. tari tradisional daerah
D. tari tradisional klasik

58. Riska ingin membuat tari kreasi modern. Tarian yang tidak diperlukan Riska adalah ....
A. tari disko, tari cha-cha
B. tari balet, tari salsa
C. tari Bali, tari jaipong
D. tari salsa, tari disko

59. Berikut ini adalah macam-macam tari kreasi, kecuali ....
A. tari gaya modern
B. tari tradisional kerakyatan
C. tari tradisional daerah
D. tari tradisional klasik

60. Tari kreasi yang berlatar belakang tari modern/tari masa kini lebih luas lagi pengembangannya karena ragam geraknya ....
A. sudah dikreasikan
B. tidak lagi sederhana
C. sesuai dengan jiwa muda masa kini
D. berasal dari negara lain

61. Berikut ini yang tidak termasuk unsur pendukung gerak tari adalah ....
A. ekspresi
B. iringan
C. geral
D. tema

62. Tari jaipong dan tari kecak dapat dikombinasikan menjadi suatu tari kreasi ....
A. tradisional kerakyatan
B. gaya modern
C. tradisional klasik
D. antardaerah

63. Peragaan tari kreasi tidak dapat diiringi dengan musik eksternal berupa suara ....
A. gendang
B. petikan jari
C. kaki yang dihentakkan
D. tepukan tangan

64. Dalam peragaan tari kreasi, dapat diiringi dengan musik eksternal berupa ....
A. suara gitar
B. suara seruling
C. suara kaki yang dihentakkan
D. suara gendang

65. Iringan dalam peragaan tari berfungsi sebagai ....
A. pendukung gerak
B. pengikat dan pemertegas gerak
C. pelengkap gerak
D. pemanis gerak

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 65+ Contoh Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Seni Budaya Kelas 9 Semester 2

Beranda / Google.com / YouTube.com