Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Contoh Soal Memahami dan Menyusun Teks Observasi | Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal memahami dan menyusun teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 revisi terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal memahami dan menyusun teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal teks observasi. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak soalnya di bawah ini.

Contoh Soal Memahami dan Menyusun Teks Observasi | Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)
www.searchsoal.com

Teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
(1) Dua hari berturut-turut hujan deras menguyur ibu kota Jakarta. (2) Saluran air di mana-mana tidak lancar. (3) Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga alirannya tersumbat. (4) Resapan air kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan (5) Pohon-pohon banyak ditebang. (6) Oleh karena itu, tidak heran apabila begitu hujan mengguyur, wilayah Jakarta akan terendam banjir.

1. Topik yang dibahas dalam teks tersebut adalah tentang ....
A. ketidakpedulian warga terhadap lingkungan
B. penyebab banjir di Jakarta
C. wilayah Jakarta
D. banjir di beberapa kota

2. Kalimat yang tidak mengungkapkan fakta dari paragraf tersebut adalah ....
A. 4)
B. 6)
C. 3)
D. 1)

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 3 dan 4.
Merangsang otak dengan suara frekuensi tinggi dapat meroketkan kemampuan matematika sampai enam bulan kemudian. Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti Oxford University menghasilkan kesimpulan bahwa stimulasi otak ini bisa membuat saraf di otak berfungsi lebih  baik. Rangsangan ini bisa membantu orang-orang yang menderita penyakit neurodegeneratif, stroke, atau kesulitan belajar. Transcranial random noise stimulation (TRNS) melibatkan beberapa suara elektrikal pada area tertentu di otak dengan bantuan elektroda yang ditempelkan di kepala.

3. Perbedaan teks tersebut dengan teks hasil observasi adalah ....
A. menyajikan pendapat
B. bukan hasil pengamatan langsung penulis
C. menyajikan fakta-fakta
D. melaporkan sesuatu

4. Teks tersebut termasuk teks ....
A. eksplanasi
B. eksposisi
C. narasi
D. deksriptif

Bacalah teks berikut untuk soal nomor  5 dan 6.
Pada hari ini, warga RT 04 di lingkungan rumahku melakukan kerja bakti perbaikan jalan. Jalan yang sering dilewati warga ini memang sudah cukup lama rusak. Banyak lubang di sana-sini yang dapat membahayakan pengendara sepeda dan motor. Selain itu, ada banyak pohon tua yang dahan dan batangnya telah lapuk. Warga yang takut pepohonan itu akan rubuh dan menimpa warga yang sedang lewat ketika sedang terjadi hujan badai. Karena itu, pepohonan tersebut harus ditebang.

Kerja bakti dimulai pukul 08.00. Bapak-bapak di sini berkumpul dan membawa peralatan sendiri, seperti cangkul, sendik semen, ember, dan gergaji. Semen yang aka dipakai sudah dibeli terlebih dahulu. Sebagian ada yang memperbaiki jalan dan sisanya menebang pohon. Meskipun kerja bakti ini sangat melelahkan, mereka terlihat sangat antusias dan bersemangat. Senyum dan candaan mewarnai kerja bakti ini.

5. Aspek yang dapat melengkapi teks tersebut adalah ....
A. dana kegiatan harus disebutkan
B. waktu pelaksanaan kegiatan disebutkan dengan jelas dan lengkap
C. peralatan untuk kegiatan tidak perlu disebutkan
D. penjelasan berlangsungnya kegiatan tidak perlu detail

6. Teks di atas menjelaskan hal berikut ....
A. jenis kegitan, tujuan kegiatan, jalannya kegiatan, dan kondisi peserta
B. waktu kegiatan, tujuan kegiatan, jumlah peserta, dan keberhasilan kegiatan
C. jumlah peserta, jenis kegiatan, tempat kegiatan, dan hasil kegiatan
D. jumlah peserta, waktu kegiatan, pembagian tugas peserta, dan kondisi peserta

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8.
Tepat pukul 04.30 aku terbangun. Pada saat itu, ayam-ayam masih berkokok seolah bernyanyi untuk membangunkan manusia-manusia yang masih terlelap dalam mimpi mereka. Segera aku mengambil wudu untuk salat Subuh. Aku begitu semangat karena hari ini aku dan keluarga akan berlibur ke rumah nenek di Bandung. Selesai salat, aku langsung membereskan kamarku dan menyiapkan perbekalanku seperti baju, alat mandi, jaket, dan sebagainya. Aku begitu bingung berapa banyak baju yang harus dibawa. Mainan apa saja yang harus aku bawa. Topi favoritku yang mana yang harus aku pakai.

7. Teks tersebut tidak teks hasil observasi karena ....
A. memiliki tokoh dan alur
B. hanya menyebutkan penggambaran situasi
C. lebih banyak mengungkapkan pendapat
D. hanya menyatakan pandangan pribadi

8. Teks tersebut membahas ....
A. semangat liburan
B. persiapan liburan ke Bandung
C. liburan ke Bandung
D. kondisi di pagi hari

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10.
Pertandingan futsal antarrukun tetangga di lingkungan rumahku berlangsung sangat seru. Pertandingan antara RT 01 dan RT 03 sangat panas, kedua kubu saling menyerang tanpa henti. Para pemain, meskipun kebanyakan sudah tidak muda lagi, seolah-olah tak merasa kelelahan sama sekali. Bola bergulir dari satu kaki ke kaki lain, dari satu kubu ke kubu lain. Para penonton pun tak kalah panas, mereka berteriak menyemangati jagoan mereka. Keadaan gawat di depan gawang pun silih berganti. Tembakan-tembakan keras dari para pemain depan membuat suasana makin panas.

9. Pernyataan yang menjelaskan kelebihan dari teks di atas adalah ....
A. gambaran semangat para pemain sangat jelas
B. jalannya pertandingan digambarkan dengan rinci
C. gambaran paragraf tersebut sangat padu
D. tidak ada kekurangan dalam teks tersebut

10. Teks di atas menggambarkan ....
A. pertandingan yang sangat seru
B. penonton pertandingan yang semangat
C. pertandingan futsal yang ricuh
D. jalannya pertandingan yang seimbang

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 11 dan 12.
Beberapa hari yang lalu, jalan ini begitu mulus. Banyak kendaraan yang melintasinya tanpa ada hambatan. Akan tetapi, hari ini ceritanya menjadi lain. Jalan itu menjadi rusak karena longsor. Sebagian lagi retak-retak. Tak ada lagi mobil yang melintasinya. Hanya motor yang masih mungkin melewatinya. Itu pun harus extra hati-hati, kalau-kalau jalan yang dilalui mendadak longsor. Mungkin baru seminggu lagi pihak pemerintah bisa memperbaikinya. Itupun pasti memerlukan waktu yang cukup lama.

11. Fakta-fakta yang terdapat dalam kutipan teks tersebut diperoleh melalui ....
A. pengamatan
B. perekaman
C. pengindraan
D. pencacatan

12. Teks di atas berguna bagi pihak ....
A. sopir angkutan kota
B. pengawai pemerintah
C. pengguna jalan
D. pemilik kendaraan

13. Bacalah teks berikut.
Entah berapa ratus orang buruh yang bekerja di pabrik itu. Yang jelas, begitu jam istirahat tiba, berbondong-bondong mereka keluar pabrik dan memburu para pedagang kaki lima yang telah berjejer di halaman pabrik. Sebagian lagi ada yang pergi ke musala yang tidak jauh letaknya dari tempat mereka bekerja. Suasana begitu ramai. Namun, sejam kemudian suasana itu berbalikm akan kembali sepi. Para pekerja itu kembali ke dalam pabrik, megerjakan tugas masing-masing sampai datangnya petang.
Gambaran tentang kebiasaan para buruh di atas penting diketahui oleh ....
A. pedagang
B. kepolisian
C. pemerintah
D. masyarakat

14. Perhatikan kutipan berikut
Hanya ada sebelas orang yang duduk di dalam aula itu. Bangku-bangku masih tampak kosong. Pembawa acara terdengar berkali-kali meminta orang-orang yang masih di luar gedung untuk masuk ke aula. Akan tetapi, mereka tampak tak acuh. Mereka asyik mengobrol atau jalan di kantin. Beberapa lama kemudian, Bapak Wali Kota datang dengan beberapa orang pengawal. Barulah beberapa di antara mereka masuk ke aula. Entah karena tidak tahu akan kedatangan Pak Wali Kota, yang lainnya masih tenang-tenang saja.
Selain penglihatan, indra yang terlibat dalam pengumpulan fakta pada teks di atas adalah ....
A. indra pengecap
B. indra peraba
C. indra pendengaran
D. indra penciuman

15. Bacalah teks dengan saksama.
Sewaktu bencana alam itu terjadi, keluarga tersebut tengah bersiap-siap untuk menutup warung karena sudah sepi pengunjung. Hujan lebat yang mengguyur daerah itu sejak pagi membuat kawasan itu tak ramai dikunjungi orang. Namun, secara tiba-tiba sebatang pohon besar menimpa warung itu disusul kemudian gemuruh suara tanah bukit yang menimbun hampir sebagian warung.
Teks tersebut menjelaskan ....
A. proses terjadinya bencana tanah longsor
B. pohon besar yang menimpa sebuah warung
C. penyebab warung ditutup
D. peristiwa terjadi di dekat warung

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Memahami dan Menyusun Teks Observasi | Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)

Beranda / Google.com / YouTube.com