Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Contoh Soal Penelitian Sosial | Sosiologi SMA Kelas X Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa contoh soal pilihan ganda mata pelajaran Sosiologi kelas sepuluh materi pokok pembelajaran penelitian sosial dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru mata pelajaran Sosiologi dalam mencari referensi tentang contoh soal pilihan ganda mata pelajaran Sosiologi kelas sepuluh materi pokok pembelajaran penelitian sosial dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal seputar mata pelajaran Sosiologi materi penelitian sosial.

Contoh Soal Penelitian Sosial | Sosiologi SMA Kelas X Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

1. Berdasarkan pendekatannya, penelitian sosial dibedakan menjadi dua, yaitu ....
A. deskriptif dan pengembangan
B. kualitatif dan kuantitatif
C. kualitatif dan survei
D. kuantitatif dan deskriptif
E. deskriptif dan ekploratif

Pembahasan:
Berdasarkan pendekatannya, penelitian sosial dibedakan menjadi dua yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari penjelasan dari suatu masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian kualitatif bersifat deskripsi dalam membangun suatu realitas sosial. Sedangkan penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang cenderung sistematis, terstruktur, dan tersusun dari awal hingga akhir penelitian. Penelitian kuantitatif dianalisis dengan prosedur statistik.

2. Penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan kembali peristiwa ataupun gejala sosial yang terjadi pada masa lampau, disebut dengan ....
A. studi dikumen
B. studi kasus
C. historis
D. fenomenologi
E. deskriptif

Pembahasan:
Penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan kembali peristiwa ataupun gejala sosial yang terjadi pada masa lampau disebut dengan penelitian historis. Penelitian ini dapat menggunakan tulisan, artefak, dan bukti-bukti peninggalan sejarah sebagai sumber informasi.

3. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1) Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi
2) Menunjukkan hubungan antarvariabel
3) Bersifat etik
4) Peneliti berperan sebagai instrumen utama penelitian
5) Bersifat emik
Ciri-ciri kualitatif ditunjukkan oleh angka ....
A. 1), 2) dan 3)
B. 1), 3) dan 4)
C. 1), 4) dan 5)
D. 2), 4) dan 5)
E. 3), 4) dan 5)

Pembahasan:
Ciri-ciri penelitian kualitatif yaitu sebagai berikut.
  • Bersifat umum, fleksibel, dan berkembang dalam proses penelitian.
  • Mementingkan pemahaman dari dalam (emik).
  • Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.
  • Analisis dilakukan sejak awal hingga akhir penelitian.
  • Peneliti berperan sebagai instrumen utama penelitian.
  • Sajian data berupa deskripsi catatan lapangan, jawaban informan, dan dokumen.
Maka ciri-ciri penelitian kualitatif ditunjukkan oleh angka 1), 4), dan 5). Adapun ciri poin 2) dan 3) merupakan ciri dari penelitian kuantitatif.
4. Peneliti korelasional, survei, dan eksploratif merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan ....
A. kuantitatif
B. fenomenologi
C. kualitatif
D. studi kasus
E. interaksionisme simbolik

Pembahasan:
Penelitian korelasional, survei, dan eksploratif merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitaif. Korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana dampak variasi-variasi suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi lain dalam satu faktor atau lebih. Survei merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai sikap, nilai, dan pendapat dengan mengambil sampel populasi melalui angket/kuesioner. Eksporatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengenali variable tertentu dari suatu fenomena sosial yang ingin diketahui maknanya.
5. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan proses penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. korelasional
D. deskriptif
E. komparatif

Pembahasan:
Proses penalaran yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah deduktif. Tujuan proses penalaran ini untuk menentukan benar atau tidaknya generalisasi dari hasil penelitian dengan teori yang diuji. Proses berpikir deduktif terdir atas tahapan sebagai berikut:
  • Menyusun hipotesis.
  • Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis.
  • Membuat keputusan untuk menerima atau menolak hipotesis.
6. Kegiatan ilmiah yang sistematis untuk memeroleh kebenaran dar suatu gejala atau fenomena sosial, disebut dengan ....
A. proses penalaran
B. data penelitian
C. penelitian sosial
D. laporan sosial
E. metode penelitian

Pembahasan:
Pernyataan pada soal merupakan pengertian atau definisi dari penelitian sosial. Penelitian sosial merupakan kegiatan ilmiah yang sistematis untuk memeroleh kebenaran dari suatu gejala atau fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

7. Manfaat hasil penelitian bagi masyarakat adalah ....
A. melatih kemampuan menganalisis
B. memberi masukan dan strategi pemecahan masalah
C. menambah khazanah ilmu pengetahuan
D. mengembangkan ilmu peneliti
E. mengembangkan kreativitas

Pembahasan:
Manfaat hasil penelitian bagi masyarakat, yakni sebagai berikut:
  • Memberi masukan dan strategi pemecahan masalah.
  • Memberikan informasi yang terpercaya dan objektif.
8. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
1) Melatih kemampuan memecahkan masalah sosial di lingkungan sekitar
2) Meningkatkan kepekaan sosial
3) Memberikan informasi yang terpercaya dan objektif
4) Menambah referensi penelitian bagi peneliti lainnya
5) Melatih kemampuan diskusi hasil penelitian
Berdasarkan pernyataan di atas, manfaat hasil penelitian bagi peserta didik ditunjukkan oleh angka ....
A. 1), 2) dan 4)
B. 1), 2) dan 5)
C. 2), 3) dan 4)
D. 2), 3) dan 5)
E. 3), 4) dan 5)

Pembahasan:
Manfaat hasil penelitian bagi peserta didik, yakni sebagai berikut:
  • Melatih kemampuan memecahkan masalah sosial di lingkungan sekitar.
  • Meningkatkan kepekaan sosial.
  • Melatih kemampuan diskusi hasil penelitian.
  • Mengembangkan kreativitas.
  • Melatih kemampuan menganalisis.
Oleh karena itu berdasarka soal tersebut, manfaat hasil penelitian bagi peserta didik ditunjukkan oleh angka 1), 2) dan 5).

9. Salah satu teknik pengumpulan data penelitian kuantitaif adalah ....
A. participant observation
B. dokumentasi
C. literatur
D. kuestioner
E. in dept interview

Pembahasan:
Teknik pengumpulan data penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, yaitu sebagai berikut:
  • Kuesioner atau angket yaitu alat pengumpulan data berupa pertanyaan tertulis.
  • Observasi yaitu pengamatan langsung di lapangan.
  • Wawancara yaitu teknik pengumpulan data melalui tanya jawab antara peneliti dan informan.
10. Salah satu tujuan penelitian kuantitatif adalah ....
A. mengembangkan teori
B. menggambarkan realitas sosial yang kompleks
C. menemukan pola yang bersifat interaktif
D. menunjukkan hubungan antarvariabel
E. membuat generalisasi tentang kondisi yang terjadi

Pembahasan:
Tujuan penelitian sosial dengan metode kuantitaif adalah sebagai berikut:
  • Menunjukkan hubungan antarvariabel.
  • Menguji teori.
  • Mencari generalisasi yang memunyai nilai prediktif.
Adapun poin A, B, C, dan E merupakan tujuan penelitian sosial dengan metode kualitatif. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Penelitian Sosial | Sosiologi SMA Kelas X Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Beranda / Google.com / YouTube.com