Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal pilihan ganda teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali dapat mencari referensi soal-soal terbaru seputar teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan kiranya soal-soal ini dapat membantu anak didik dalam persiapan menghadapi ujian-ujian yang akan diberikan di sekolah, baik itu ulangan harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir sekolah. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak contoh soalnya di bawah ini!
1. Bacalah teks berikut!
Jika pernah membaca atau punya buku kumpulan cerita pendek ini, kamu beruntung. Hal ini karena penulisnya pun keburu "pulang" tak sempat melihat buku ini diterbitkan. Ya, Nevi Yuli Safitri tampaknya ingin mengatakan pada dunia melalui judul bukunya bahwa Aku (telah) Pulang. Sama seperti Diana Roswita, Nevi yang tengah hamil besar menjadi salah satu korban musibah akbar tsunami di Aceh bersama suami tercinta, Muhammad Akmal. Melalui pemberitahuan "kepulangannya" ini, Nevi layak dikirimi bait-bait doa karena cerpen-cerpennya di sini sarat hikmah.
Jika pernah membaca atau punya buku kumpulan cerita pendek ini, kamu beruntung. Hal ini karena penulisnya pun keburu "pulang" tak sempat melihat buku ini diterbitkan. Ya, Nevi Yuli Safitri tampaknya ingin mengatakan pada dunia melalui judul bukunya bahwa Aku (telah) Pulang. Sama seperti Diana Roswita, Nevi yang tengah hamil besar menjadi salah satu korban musibah akbar tsunami di Aceh bersama suami tercinta, Muhammad Akmal. Melalui pemberitahuan "kepulangannya" ini, Nevi layak dikirimi bait-bait doa karena cerpen-cerpennya di sini sarat hikmah.
Kutipan resensi cerita pendek di atas lebih banyak mengulas unsur ....
A. latar belakang penulisan
B. identitas buku
C. intrinsik cerita pendek
D. kepengarangan
2. Bacalah teks berikut!
Buku kumpulan cerita pendek berjudul Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari terbitan PT Gramedia berisi 13 cerpen. Semua cerpen tersebut diramu dengan bahasa yang lancar dengan selingan dialek-dialek Jawa seperti lha, lho, Gusti Pangeran, dan lain-lain. Meskipun begitu, buku ini juga cocok dikonsumsi orang lain selain keluarga Jawa terutama orang yang ingin mengetahui kultur tempat cerpen ini ditulis. Yang menarik pada buku ini adalah sampulnya, yaitu seorang anak muda yang sedang memanggul kapak sebagai tanda optimisme kerja.
Hal yang diulas dalam teks tersebut adalah ....
A. judul buku dan pengarangnya
B. bahasa dan perwajahan buku
C. isi buku dan permasalahannya
D. hal menarik mengenai buku dan perwajahannya
3. Bacalah teks berikut!
Di sebuah toko mobil, ada sebuah mobil tua. Sudah lama ia dipajang di sudut toko itu. Namun, tak ada seorang pun yang mau membelinya. Dengan iri mobil tua itu memandangi mobil-mobil lain yang lewat di depan toko.
Kutipan cerita pendek di atas menggunakan sudut pandang ....
A. orang ketiga, pengamat
B. orang ketiga, serbatahu
C. orang pertama, pelaku utama
D. orang pertama, pelaku tambahan
4. Bacalah teks berikut!
Bobi suka sekali membaca majalah. Dia tidak mau diganggu. Setiap hari, ia selalu mencoba untuk menulis pada secarik kertas. Di ruang belajarnya terdapat tumpukan kertas yang berisi tulisan. Ternyata yang ditulis sebuah cerita pendek.
Kutipan cerita di atas merupakan bagian dari cerita pendek karena ....
A. bercerita tentang kehidupan sehari-hari
B. menggunakan bahasa yang mudah dipahami
C. beralur tunggal
D. bertema tentang seorang remaja
5. Bacalah teks berikut!
Tetapi bagaimanapun juga, Kusno tak akan putus asa. Ia dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun celana 1001-nya lenyap, Kusno akan berjuang terus melawan kesengsaraan, biarpun hanya untuk mendapatkan sebuah celana 1001 yang lain.
Tema kutipan cerita pendek tersebut adalah ....
A. kesedihan
B. kepasrahan
C. kesengsaraan
D. kegigihan
6. Bacalah teks berikut!
Ini adalah musim dingin pertama yang pernah kualami selama menetap di kota di mana terdapat universitas tertua di negeri yang pernah 3,5 abad menjajah negeriku, Diary. Dan darah tropisku yang terbiasa dengan keringat sebab panas mentari membakar, benar-benar berontak dengan sekuat tenaga. Hhhh ... betapa dinginnya salju-salju ini!
Kutipan di atas menceritakan ....
A. tokoh aku yang merasa kedinginan di luar negeri
B. tokoh aku yang baru pertama kali mengalami musim dingin
C. tokoh aku yang sedang menulis buku harian ketika berada di luar negeri
D. tokoh aku yang terbiasa berkeringat dan tidak betah di luar negeri
Teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8.
Florentino Ariza yang digambarkan sebagai lelaki dewasa selalu melamunkan dan membayangkan pujaan hatinya, Fermina Daza. Florentino selalu membayangkan sang pujaan hati selam hidupnya tanpa mau menjalani kehidupannya yang sekarang menjadikannya terpuruk oleh perasaan cinta, hingga dirinya hidup dalam kesunyian. Hingga suatu kali, dalam perjalanannya ia bertemu dengan seorang wanita, sebuah cinta ia dapatkan namun sayang cinta itu hanya sekejap dan menghilang begitu saja.
Dalam cerita pendek ini, pengarang menitik-beratkan gambaran dan bahasa sastra lama, kebahasaan yang sangat dijiwai pengarang membuat para pembaca kagum dan membuat para pembaca lebih terinspirasi.
7. Kutipan resensi tersebut mengungkapkan ....
A. isi dan kelebihan buku
B. isi dan kepengarangan
C. identitas dan isi buku
D. isi dan sinopsis
8. Daya tarik yang dikemukakan penulis resensi adalah ....
A. minat pembaca terhadap isi cerita
B. gaya bahasa yang dipakai
C. kekhasan isi buku
D. alur cerita yang menarik
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10.
Aku terbangu dari tempat tidur. Buru-buru aku menuju kamar mandi untuk mandi. Wah, kesiangan! Pasti terlambat sampai di sekolah. Sekarang hari Senin. Upacara bendera. Yang terlambat, seperti biasa, akan berbaris di depan peserta upacara yang lain. Di barisan siswa terlambat. Tidak! Jangan sampai terlambat, kataku dalam hati. Secepat kilat kupakai seragam putih-putihku. Gara-gara semalam menonton final Piala Dunia, jadi kesiangan bangun, kataku lagi dalam hati.
9. Kutipan tersebut bercerita tentang ....
A. rutinitas di hari Senin
B. kegiatan upacara bendera di hari Senin
C. rasa malu karena akan dihukum
D. tokoh aku yang terlambat bangun tidur
10. Sudut pandang yang dipakai dalam kutipan cerita di atas adalah ....
A. orang ketiga, pengamat
B. orang pertama, pelaku utama
C. orang ketiga, serbatahu
D. orang pertama, pelaku tambahan
11. Bacalah teks berikut!
Buku kumpulan cerita pendek ini lebih banyak menceritakan berbagai sifat remaja. Selain banyak memuat cerita pendek yang mengetengahkan kisah-kisah petualangan, sajian buku ini menarik karena kata-katanya renyah dan mudah dipahami para remaja.
Kutipan resensi di atas mengungkapkan ....
A. isi dan kelebihan buku
B. isi dan keterangan buku
C. isi dan sinopsis
D. identitas dan isi buku
12. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Pada bagian akhir, tokoh utama menggalami happy ending walaupun terkesan dipaksakan.
2) Ya, mungkin seperti dalam sinetron itulah
3) Sang tokoh utama yang kemudian jadi pemulung kemudian bertemu lagi dengan keluarganya
4) Kesalahan-kesalahan anak itupun dimaafkan kedua orang tuanya.
Kalimat yang menyatakan kelemahan isi cerita adalah ....
A. 4)
B. 3)
C. 1)
D. 2)
13. Bacalah teks berikut!
Bacaan ini bukan sekadar kumpulan cerita pendek biasa. Lebih tepat apabila buku ini dikategorikan sebagai kumpulan cerita pendek ilmiah populer. Uraiannya bukan sekadar jualan khalayan. Fakta-fakta hasil observasi dituangkan penulis dengan bahasa populer. Oleh karenanya, yang bisa memahami tidak hanya kalangan pelajar. Kalangan biasa pun bisa memahami cerita pendek-cerita pendek itu dengan cara yang segar.
Daya tarik yang dikategorikan penulis resensi di atas berkenaan dengan ....
A. minat pembaca terhadap isi cerita
B. kepopuleran isi cerita pendek
C. kekhasan isi buku
D. gaya penyajian cerita
14. Bacalah teks berikut!
Dan ada nasihat-nasihat ayahnya terlalu datar seperti air bengawan di musim kemarau, aku pun telah mulai bosan. Setiap keadaan yang mungkin membawa ayah memberikan nasihat-nasihatnya.
Sifat tokoh aku dalam kutipan teks di atas adalah ....
A. pembangkang
B. disiplin
C. penurut
D. patuh
15. Bacalah teks berikut!
Dengan cemberut, Mimi beranjak ke kamarnya di lantai dua. Ditutupnya pintu dengan keras hingga suaranya berdebum. Mimi merasa kesal kepada mamanya. Mama selalu memperlakukannya seperti anak kecil, mengatur kehidupannya hampir di segala bidang.
Latar tempat terjadinya cerita dalam teks tersebut adalah ....
A. kamar tidur
B. lantai dua rumah
C. ruang tengah rumah
D. halaman rumah
16. Bacalah teks berikut!
Hari ini, aku dan teman-teman harus menolong dua korban lagi yang baru ditemukan. Yang seorang bernama Dini, gadis kecil yang selamat dari reruntuhan rumahnya. Satunya lagi, seorang bapak yang mengalami patah kaki karena tertimpa dahan ketika berlari menyelamatkan diri. Keadaan Dini yang membuatku terenyuh. Ia gadis kecil yang tak berdaya, sementara kedua orang tuanya meninggal tertimbun tanah longsor. Sementara ini, ia kutitipkan kepada Ibu Fatimah.
Teks cerita di atas menceritakan ....
A. Dini, seorang gadis kecil yang selamat dari reruntuhan rumahnya
B. Dini, seorang gadis kecil yang menjadi relawan di daerah bencana
C. tokoh aku yang menolong para korban bencana, di antaranya ada teman-temannya
D. tokoh aku dan teman-temannya yang sedang menolong dua korban bencanam yaitu seorang gadis kecil bernama Dini dan seorang bapak
Tetapi bagaimanapun juga, Kusno tak akan putus asa. Ia dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun celana 1001-nya lenyap, Kusno akan berjuang terus melawan kesengsaraan, biarpun hanya untuk mendapatkan sebuah celana 1001 yang lain.
Tema kutipan cerita pendek tersebut adalah ....
A. kesedihan
B. kepasrahan
C. kesengsaraan
D. kegigihan
6. Bacalah teks berikut!
Ini adalah musim dingin pertama yang pernah kualami selama menetap di kota di mana terdapat universitas tertua di negeri yang pernah 3,5 abad menjajah negeriku, Diary. Dan darah tropisku yang terbiasa dengan keringat sebab panas mentari membakar, benar-benar berontak dengan sekuat tenaga. Hhhh ... betapa dinginnya salju-salju ini!
Kutipan di atas menceritakan ....
A. tokoh aku yang merasa kedinginan di luar negeri
B. tokoh aku yang baru pertama kali mengalami musim dingin
C. tokoh aku yang sedang menulis buku harian ketika berada di luar negeri
D. tokoh aku yang terbiasa berkeringat dan tidak betah di luar negeri
Teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8.
Florentino Ariza yang digambarkan sebagai lelaki dewasa selalu melamunkan dan membayangkan pujaan hatinya, Fermina Daza. Florentino selalu membayangkan sang pujaan hati selam hidupnya tanpa mau menjalani kehidupannya yang sekarang menjadikannya terpuruk oleh perasaan cinta, hingga dirinya hidup dalam kesunyian. Hingga suatu kali, dalam perjalanannya ia bertemu dengan seorang wanita, sebuah cinta ia dapatkan namun sayang cinta itu hanya sekejap dan menghilang begitu saja.
Dalam cerita pendek ini, pengarang menitik-beratkan gambaran dan bahasa sastra lama, kebahasaan yang sangat dijiwai pengarang membuat para pembaca kagum dan membuat para pembaca lebih terinspirasi.
7. Kutipan resensi tersebut mengungkapkan ....
A. isi dan kelebihan buku
B. isi dan kepengarangan
C. identitas dan isi buku
D. isi dan sinopsis
8. Daya tarik yang dikemukakan penulis resensi adalah ....
A. minat pembaca terhadap isi cerita
B. gaya bahasa yang dipakai
C. kekhasan isi buku
D. alur cerita yang menarik
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10.
Aku terbangu dari tempat tidur. Buru-buru aku menuju kamar mandi untuk mandi. Wah, kesiangan! Pasti terlambat sampai di sekolah. Sekarang hari Senin. Upacara bendera. Yang terlambat, seperti biasa, akan berbaris di depan peserta upacara yang lain. Di barisan siswa terlambat. Tidak! Jangan sampai terlambat, kataku dalam hati. Secepat kilat kupakai seragam putih-putihku. Gara-gara semalam menonton final Piala Dunia, jadi kesiangan bangun, kataku lagi dalam hati.
9. Kutipan tersebut bercerita tentang ....
A. rutinitas di hari Senin
B. kegiatan upacara bendera di hari Senin
C. rasa malu karena akan dihukum
D. tokoh aku yang terlambat bangun tidur
10. Sudut pandang yang dipakai dalam kutipan cerita di atas adalah ....
A. orang ketiga, pengamat
B. orang pertama, pelaku utama
C. orang ketiga, serbatahu
D. orang pertama, pelaku tambahan
11. Bacalah teks berikut!
Buku kumpulan cerita pendek ini lebih banyak menceritakan berbagai sifat remaja. Selain banyak memuat cerita pendek yang mengetengahkan kisah-kisah petualangan, sajian buku ini menarik karena kata-katanya renyah dan mudah dipahami para remaja.
Kutipan resensi di atas mengungkapkan ....
A. isi dan kelebihan buku
B. isi dan keterangan buku
C. isi dan sinopsis
D. identitas dan isi buku
12. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Pada bagian akhir, tokoh utama menggalami happy ending walaupun terkesan dipaksakan.
2) Ya, mungkin seperti dalam sinetron itulah
3) Sang tokoh utama yang kemudian jadi pemulung kemudian bertemu lagi dengan keluarganya
4) Kesalahan-kesalahan anak itupun dimaafkan kedua orang tuanya.
Kalimat yang menyatakan kelemahan isi cerita adalah ....
A. 4)
B. 3)
C. 1)
D. 2)
13. Bacalah teks berikut!
Bacaan ini bukan sekadar kumpulan cerita pendek biasa. Lebih tepat apabila buku ini dikategorikan sebagai kumpulan cerita pendek ilmiah populer. Uraiannya bukan sekadar jualan khalayan. Fakta-fakta hasil observasi dituangkan penulis dengan bahasa populer. Oleh karenanya, yang bisa memahami tidak hanya kalangan pelajar. Kalangan biasa pun bisa memahami cerita pendek-cerita pendek itu dengan cara yang segar.
Daya tarik yang dikategorikan penulis resensi di atas berkenaan dengan ....
A. minat pembaca terhadap isi cerita
B. kepopuleran isi cerita pendek
C. kekhasan isi buku
D. gaya penyajian cerita
14. Bacalah teks berikut!
Dan ada nasihat-nasihat ayahnya terlalu datar seperti air bengawan di musim kemarau, aku pun telah mulai bosan. Setiap keadaan yang mungkin membawa ayah memberikan nasihat-nasihatnya.
Sifat tokoh aku dalam kutipan teks di atas adalah ....
A. pembangkang
B. disiplin
C. penurut
D. patuh
15. Bacalah teks berikut!
Dengan cemberut, Mimi beranjak ke kamarnya di lantai dua. Ditutupnya pintu dengan keras hingga suaranya berdebum. Mimi merasa kesal kepada mamanya. Mama selalu memperlakukannya seperti anak kecil, mengatur kehidupannya hampir di segala bidang.
Latar tempat terjadinya cerita dalam teks tersebut adalah ....
A. kamar tidur
B. lantai dua rumah
C. ruang tengah rumah
D. halaman rumah
16. Bacalah teks berikut!
Hari ini, aku dan teman-teman harus menolong dua korban lagi yang baru ditemukan. Yang seorang bernama Dini, gadis kecil yang selamat dari reruntuhan rumahnya. Satunya lagi, seorang bapak yang mengalami patah kaki karena tertimpa dahan ketika berlari menyelamatkan diri. Keadaan Dini yang membuatku terenyuh. Ia gadis kecil yang tak berdaya, sementara kedua orang tuanya meninggal tertimbun tanah longsor. Sementara ini, ia kutitipkan kepada Ibu Fatimah.
Teks cerita di atas menceritakan ....
A. Dini, seorang gadis kecil yang selamat dari reruntuhan rumahnya
B. Dini, seorang gadis kecil yang menjadi relawan di daerah bencana
C. tokoh aku yang menolong para korban bencana, di antaranya ada teman-temannya
D. tokoh aku dan teman-temannya yang sedang menolong dua korban bencanam yaitu seorang gadis kecil bernama Dini dan seorang bapak
17. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pagi itu indah sekali di Baturaden. Matahari bersinar cerah menimpa pohon-pohon cemara yang kelihatan hijau berkilat. Puncak Gunung Slamet muncul di atas warna-warna hijau kebiruan alam di sekitarnya. Langit-langit sangat bersih, biru cerah, menjadi latar belakang yang menonjolkan kegagahan gunung itu.
Pembuka cerpen di atas berkisah tentang ....
A. latar
B. tema
C. konflik
D. penokohan
18. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kami tiba di terminal. "Lebih baik, Om naik Indah Murni saja," kataku. "Bis ini lewat jalan tol, paling-paling hanya setengah jam ke Cililitan."
Kutipan cerpen di atas menggambarkan latar tempat di ....
A. jalan tol
B. terminal
C. Bus Indah Murni
D. Cililitan
19. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Wah, kau sudah punya anak gadis sekarang, ya, "kata Om Ical pada ibu sambil menepuk-nepuk pundakku. "Sayang, Ita sudah kuliah, sedangkan anak saya yang lelaki baru kelas tiga SMP. Kalau sepantaran, kita kan bisa besanan!" Lanjut Om Kal sambil mengunyah dan menghabiskan bakpia di meja dengan lahapnya.
"Wah, kau sudah punya anak gadis sekarang, ya, "kata Om Ical pada ibu sambil menepuk-nepuk pundakku. "Sayang, Ita sudah kuliah, sedangkan anak saya yang lelaki baru kelas tiga SMP. Kalau sepantaran, kita kan bisa besanan!" Lanjut Om Kal sambil mengunyah dan menghabiskan bakpia di meja dengan lahapnya.
Ibu hanya tersenyum. Untung saja, pikirku. Kalau ayahnya seperti ini, sudah bisa kubanyangkan seperti apa anaknya.
Makna bagian terakhir dalam kutipan cerpen di atas adalah ....
A. tokoh aku menolak karena ayahnya rakus
B. tokoh aku membayangkan bahwa anak dari seorang ayah itu seperti tong kosong nyaring bunyinya
C. penolakan tokoh aku karena membayangkan anak dari seorang ayah itu rakus
D. penolakan tokoh aku karena anak dari seorang ayah itu banyak bicara
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 20-22!
Dia akan berhenti ketika seorang memanggilnya. Melayani pelanggannya dengan tulus dan sama rata, tanpa pernah memandang suatu apa pun. Serta yang membuat kami semakin hormat, tidak pernah sekali pun dia mematok harga. Dengan biaya murah, bahkan terkadang hanya dengan mengganti sepiring nasi dan teh panas, kami bisa mendapatkan kenikmatan pijat yang tiada tara. Kami menikmati bagaimana tangannya menekan lembut tiap jengkal tubuh kami. Kami merasakan urat saraf kami yang perlahan melepaskan kepenatan bagai menemukan kesegaran baru setelah seharian ditimpa kelelahan. Pantaslah, jika terkadang, ada pelanggan yang tertidur saat sedang dipijat.
Selain itu, Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah. Tidak mengherankan apabila orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal-usulnya dengan jelas. Apabila kami menanyakannya, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.
20. Berikut ini yang bukan karakter tokoh utama (Darko) adalah ....
A. murah senyum
B. supel
C. ikhlas
D. ramah
21. Hal yang membuat Darko dekat dengan orang-orang kampung adalah ....
A. Darko berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung
B. Darko tidak pernah sekali pun dia mematok harga
C. Melayani pelanggannya dengan tulus dan sama rata, tanpa pernah memandang suatu apa pun.
D. Darko bersikap ramah dan suka menceritakan kisah lucu
22. Kalimat yang menunjukkan bahwa tokoh utama (Darko) seorang yang ikhlas dalam bekerja adalah ....
A. Dengan biaya murah, bahkan terkadang hanya dengan mengganti sepiring nasi dan teh panas
B. Serta yang membuat kami semakin hormat, tidak pernah sekali pun dia mematok harga
C. Melayani pelanggan dengan tulus dan sama rata, tanpa pernah memandang suatu apa pun
D. Dia akan berhenti ketika seseorang memanggilnya
Teks berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
Suatu ketika, guruku sedang menerangkan pelajaran. Temanku itu tidak mengerti pelajaran yang diikutinya dan aku pun tidak memahaminya. Dia bertanya padaku dan aku menjawab tidak tahu jawabannya karena memang aku tidak tahu. Akan tetapi, betapa terkejutnya diriku karena begitu aku menjawab tidak tahu, kata-kata pedas mulai menyakiti diriku ini. Aku dicaci maki. Aku sudah tidak tahan akan sikapnya.
23. Insiden yang terjadi dalam kutipan cerpen di atas adalah ....
A. caci maki seorang teman kepada tokoh aku karena jawaban tidak tahu tokoh aku
B. seorang teman bertanya pelajaran terhadap tokoh aku
C. ketidakpahaman tokoh aku terhadap pelajaran yang diberikan guru
D. ketidakpahaman seorang teman terhadap pelajaran yang diberikan guru
24. Latar dalam cuplikan cerpen di atas adalah ....
A. ruang aula
B. ruang kelas
C. rumah
D. kamar
25. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat.
Namun tekadku masih membara, aku tak ingin kembali lagi. Aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku.
Perbaikan dari cuplikan cerpen di atas adalah ....
A. Namun, tekadku masih membara. Aku tak ingin kembali lagi, aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku.
B. Namun tekadku masih membara, aku tak ingin kembali lagi. Aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku
C. Namun tekadku, masih membara. Aku tak ingin kembali lagi, aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku
D. Namun, tekadku masih membara. Aku tak ingin kembali lagi. Aku harus tetap meneruskan perjalananku. Apa pun, tak bisa menghentikanku.
26. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat.
Makanan persedianku sudah habis, aku kebingungan mencari makanan. Disana sebenarnya banyak buah berry, namun aku masih ragu, karena banyak diantara jenis buah tersebut yang beracun.
Perbaikan struktur kalimat dan ejaan dalam kutipan teks cerpen di atas yang benar adalah ....
A. Makanan persediaanku sudah habis. Aku kebingungan mencari makanan. Di sana sebenarnya banyak buah berry, namun aku masih ragu karena masih banyak buah berry, namun aku masih ragu karena banyak diantara jenis buah tersebut yang beracun
B. Makanan persediaanku sudah habis. Aku kebingungan mencari makanan. Di sana, sebenarnya banyak buah berry. Namun, aku masih ragu karena banyak di antara jenis buah tersebut yang beracun
C. Makanan persedianku sudah habis, aku kebingungan mencari makanan. Disana sebenarnya banyak buah berry. Namun aku masih ragu, karena banyak diantara jenis buah tersebut yang beracun
D. Makanan persedianku sudah habis. Aku kebingungan mencari makanan. Di sana sebenarnya banyak buah berry. Namun aku masih ragu karena banya di antara jenis buah tersebut yang beracun
25. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat.
Namun tekadku masih membara, aku tak ingin kembali lagi. Aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku.
Perbaikan dari cuplikan cerpen di atas adalah ....
A. Namun, tekadku masih membara. Aku tak ingin kembali lagi, aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku.
B. Namun tekadku masih membara, aku tak ingin kembali lagi. Aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku
C. Namun tekadku, masih membara. Aku tak ingin kembali lagi, aku harus tetap meneruskan perjalananku, apa pun tak bisa menghentikanku
D. Namun, tekadku masih membara. Aku tak ingin kembali lagi. Aku harus tetap meneruskan perjalananku. Apa pun, tak bisa menghentikanku.
26. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat.
Makanan persedianku sudah habis, aku kebingungan mencari makanan. Disana sebenarnya banyak buah berry, namun aku masih ragu, karena banyak diantara jenis buah tersebut yang beracun.
Perbaikan struktur kalimat dan ejaan dalam kutipan teks cerpen di atas yang benar adalah ....
A. Makanan persediaanku sudah habis. Aku kebingungan mencari makanan. Di sana sebenarnya banyak buah berry, namun aku masih ragu karena masih banyak buah berry, namun aku masih ragu karena banyak diantara jenis buah tersebut yang beracun
B. Makanan persediaanku sudah habis. Aku kebingungan mencari makanan. Di sana, sebenarnya banyak buah berry. Namun, aku masih ragu karena banyak di antara jenis buah tersebut yang beracun
C. Makanan persedianku sudah habis, aku kebingungan mencari makanan. Disana sebenarnya banyak buah berry. Namun aku masih ragu, karena banyak diantara jenis buah tersebut yang beracun
D. Makanan persedianku sudah habis. Aku kebingungan mencari makanan. Di sana sebenarnya banyak buah berry. Namun aku masih ragu karena banya di antara jenis buah tersebut yang beracun