Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh sola Penilaian Akhir Semester (PAS) seni budaya kelas 8 (delapan) semester 2 revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh sola Penilaian Akhir Semester (PAS) seni budaya kelas 8. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh sola Penilaian Akhir Semester (PAS) seni budaya kelas 8. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.
1. Tari kelompok yang bentuk penyajiannya berupa drama tari atau tari berdialog juga akan berbeda-beda pola gerakannya sesuai ....
A. kebutuhan
B. permintaan
C. keinginan
D. karakter
2. Bentuk penyajian seni tari berdasarkan jumlah penari dibedakan menjadi tiga, yaitu ....
A. tunggal, berpasangan, dan massal
B. satu, berpasangan, dan tiga
C. tunggal, berpasangan, dan kelompok
D. solo, berpasangan, dan trio
3. Memperagakan tari dengan berpedoman 1, 2, 3, 4, dan seterusnya disebut menari berdasarkan ....
A. rias dan busana
B. bentuk penyajian
C. iringan
D. hitungan
4. Berdasarkan sumber suara, iringan musik untuk pertunjukkan tari dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ....
A. suara dan alat
B. instrumen dan vokal
C. internal dan eksternal
D. informal dan nonformal
5. Memperagakan tari dengan berpedoman pada instrumen suara disebut menari berdasarkan ....
A. rias dan busana
B. bentuk penyajian
C. iringan
D. hitungan
6. Tari tradisional klasik, tumbuh dan berkembang di lingkungan ....
A. kota
B. kerajaan
C. desa
D. istana
7. Jenis tari yang tumbuh dan berkembang secara turun-temurun dalam lingkungan masyarakat umum atau daerah setempat/masyarakat tertentu adalah pengertian tari ....
A. tradisional
B. kerakyatan
C. modern
D. temporer
8. Jenis penyajian tari secara individu baik oleh seorang penari perempuan atau seorang laki-laki adalah pengertian dari tari ....
A. tunggal
B. kelompok
C. irama
D. tradisional
9. Alat pelengkap yang dipergunakan untuk penyajian sebuah tari sebut ....
A. alat
B. irama
C. properti
D. pemain
10. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam tema tari tradisional klasik dan kerakyatan adalah ....
A. kepahlawanan
B. kegembiraan
C. kedukaan
D. romantis
11. Berikut ini yang tidak termasuk dalam istilah tata cahaya adalah ....
A. lampu
B. holder
C. kabel
D. motor
12. Di bawah ini yang tidak termasuk barang-barang yang diperlukan untuk menerapkan whiteface adalah ....
A. baby oil
B. body paint hitam
C. make up spons
D. baju
13. Mengapa whiteface menjadi identik tata rias dalam pementasan pantomim?
A. whiteface adalah hak paten milik pantomim
B. whiteface mampu membuat gerak nampak lebih nyata
C. whiteface akan menghapus karakter individu dalam realitas pelaku pantomimer
D. whiteface saat terkena cahaya lampu menambah kesan keindahan
14. Apa yang dimaksud dengan titik fokus pada tata pencahayaan?
A. titik antara lampu dan panggung
B. titik jatuhnya cahaya lampu
C. titik fokus cahaya
D. titik peletakan lampu
15. Seorang yang mengkoordinasi tata pencahayaan dalam sebuah pertunjukan pantomim adalah ....
A. lighting men
B. ligh-men
C. light service
D. light coordinator
16. Terdapat dua jenis panggung yang dapat kita gunakan untuk perantara pantomim, yaitu ....
A. di dalam hutan
B. alam terbuka
C. indoor dan outdoor
D. indoor dan outplour
17. Berrikut yang merupakan perlengkapan dalam mempersiapkan tata pencahayaan pementasan pantomim, kecuali ....
A. back drop
B. foot light
C. dimmer
D. holder
18. Ciri khas pantomim dari Romawi adalah ....
A. mengenakan topi bulat
B. mengenakan topi runcing
C. menggunakan bunga
D. menggunakan topi koboi
19. Tokoh legendaris pantomim dunia adalah ....
A. Thomas
B. Charlie Chaplin
C. Alexander
D. Bram
20. Pantomim yang diperkenalkan oleh Marcel Marceau, seorang mahasiswa dari Etienne Decroux disebut ....
A. bib
B. bip
C. pib
D. pid
21. Naskah pantomim grand opening termasuk naskah berdasarkan ....
A. peristiwa
B. kejadian
C. modus sajian
D. klasifikasi cerita
22. Berikut adalah naskah pantomim berdasarkan modus sajian, kecuali ....
A. tragedi komedi
B. kejadian
C. komedi
D. tragedi
23. Yang paling membutuhkan naskah dalam permainan pantomim adalah ....
A. penulis naskah
B. perias wajah
C. pantomimer
D. sutradara
24. Naskah pantomim sering disebut juga ....
A. tulisan tangan
B. mime script
C. dokumen
D. manuskrip
25. Berikut ini yang tidak termasuk manuskrip adalah ....
A. naskah pantomim
B. majalah
C. surat
D. buku
26. Manuskrip berasal dari bahasa ....
A. Latin
B. Sansekerta
C. Yunani
D. Arab
27. Naskah berasal dari bahasa Arab nuskhatum yang berarti ....
A. potongan kain
B. potongan buku
C. potongan kertas
D. potongan teks
28. Ada dua macam naskah pantomim yaitu ....
A. palsu dan asli
B. putra dan putri
C. modus dan klasifikasi
D. eksternal dan internal
29. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam naskah pantomim modus sajian adalah ....
A. tragedi
B. komedi
C. tragedi komedi
D. peristiwa
30. Berikut ini yang tidak termasuk dalam pantomim berdasarkan klasifikasi adalah ....
A. peristiwa
B. komedi
C. kejadian
D. grand opening
31. Lagu "Tepang Asih" adalah lagu iringan upacara sungkem (mohon restu) sepasang pengantin kepada orang tua kedua mempelai dalam upacara pernikahan adat ....
A. Jawa
B. Sunda
C. Aceh
D. Papua
32. Lagu "Jamuran" adalah lagu tradisional Jawa yang biasanya dinyanyikan untuk mengiringi ....
A. upacara penyembuhan
B. tidurnya anak-anak
C. upacara ritual
D. permainan
33. Teknik vokal grup yang biasa ditemui dalam seni vokal tradisional Jawa yang dilakukan oleh pesinden atau wirasuara untuk memberikan sahutan atau senggaan terhadap lagu utama yang biasanya dibawakan oleh pesinden dalam seni musik karawitan Jawa disebut ....
A. saman
B. gondang
C. panembromo
D. gerong
34. Untuk bernyanyi dengan teknik kor perlu adanya pembagian suara berdasarkan prinsip-prinsip harmonisasi musikal. Jika kelompok vokal grup terdiri atas anak-anak laki-laki dan perempuan, pembagian suara adalah ....
A. sebagian laki-laki dan sebagian perempuan untuk nada tinggi dan lainnya untuk nada rendah
B. laki-laki dan perempuan menyanyikan nada yang sama
C. perempuan untuk nada tinggi dan laki-laki untuk nada rendah
D. laki -laki untuk nada tinggi dan perempuan untuk nada rendah
35. Lagu tradisional dan lagu daerah yang dinyanyikan oleh sekelompok penyanyi dengan pembagian dua suara berarti lagu tersebut dinyanyikan dengan teknik ....
A. vokal grup
B. trio
C. duo
D. unisono
36. Teknik vokal grup tanpa iringan instrumen musik yang melodi dan iringan ritmenya semua dimainkan dengan sarana vokal manusia disebut ....
A. kor
B. kanon
C. akapela
D. unisono
37. Vokal grup yang membawakan tembang Jawa dalam seni karawitan disebut ....
A. panembromo
B. gerong
C. kanon
D. kor
38. Teknik vokal grup akapela adalah ....
A. vokal grup yang bernyanyi secara susul-menyusul
B. vokal grup tanpa iringan instrumen musik
C. vokal grup anak-anak
D. vokal grup anak-anak campuran
39. Teknik membawakan lagu secara vokal grup dengan aransemen lebih dari satu suara adalah ....
A. kor
B. kanon
C. akapela
D. unisono
40. Sajian vokal grup yang membawakan lagu secara susul-menyusul karena memulai lagunya tidak sama-sama, misalnya kelompok pertama memulai lagu secara normal, kelompok berikutnya menyusul ketika kelompok pertama sudah sampai pada bas ke sekian disebut ....
A. kor
B. kanon
C. akapela
D. unisono
41. Kolintang adalah ansambel tradisional dari daerah ....
A. Bali
B. Aceh
C. Kalimantan
D. Sulawesi
42. Ansambel tradisional dari Kutai yang memainkan alat musik utama berupa gambus dan mengiringi lagu khas betingkilan disebut ....
A. gambang kromong
B. angklung
C. kolintang
D. tingkilan
43. Alat musik utama dalam gambang kromong adalah ....
A. suling
B. tehyan
C. kromong
D. kendang
44. Gambang kromong adalah ansambel tradisional dari daerah ....
A. Bali
B. Sunda
C. Betawi
D. Minangkabau
45. Yang merupakan pola ketukan irama waltz pada ansambel kolintang adalah ....
A. 0 X X
B. 0 X0 0X -
C. 0 X X 0 X X
D. 0X 0X 0X 0X
46. Berikut termasuk ansambel modern. kecuali ....
A. kuartet dan orkes gesek
B. kuintet dan orkes tiup
C. gambang kromong
D. orkes simfoni
47. Angklung akompanyemen adalah angklung yang berfungsi sebagai ....
A. angklung harmonis
B. angklung perkusi
C. angklung melodis
D. angklung ritmis
48. Ansambel dinamai kuartet gesek karena ....
A. pemain musik dan konduktornya berjumlah 4 orang
B. pemaian dan alat musik geseknya berjumlah 4
C. pemainnya 4 orang
D. alat musiknya berjumlah 4 buah
49. Alat musik yang dimainkan dalam ansambel kuartet gesek adalah ....
A. kontra bas, biola alto, dan clarinet
B. cello, kontra bas, dan biola alto
C. biola, cello, dan kontra bas
D. biola, bioal alto, dan cello
50. Berikut ini adalah perangkat ansambel kolintang, kecuali ....
A. pengiring menengah
B. pengiring kecil
C. drum
D. melodi