Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal pilihan ganda mata pelajaran sosiologi kelas sepuluh materi pokok pembelajaran sosialisasi dan kepribdian dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dan anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal pilihan ganda mata pelajaran sosiologi kelas sepuluh materi
pokok pembelajaran sosialisasi dan kepribdian dilengkapi dengan kunci
jawaban dan pembahasan.
1. Hal utama individu pelajari dalam suatu proses sosialisasi adalah ....
A. ideologi
B. nilai dan norma
C. Undang-Undang Dasar 1945
D. cara mempertahankan hidup
E. cara memeroleh mata pencaharian
Pembahasan:
Sosialisasi merupakan proses sosial yang dialami oleh individu dan kelompok untuk belajar mengenali pola perilaku, sistem nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, agar dapat berkembang menjadi pribadi yang diterima oleh masyarakat.
2. Ananta sejak kecil diajarkan kedua orang tuanya untuk selalu rendah hati dan tidak boleh putus asa. Ketika Ananta sedang merasa sedih karena tidak mendapatkan beasiswa, orang tuanya selalu menasihati dan memberikan semangat kepadanya agar terus berusaha. Bentuk sosialisasi yang dilakukan Ananta dan orang tuanya adalah ....
A. tidak langsung
B. sekunder
C. represif
D. primer
E. langsung
Pembahasan:
Bentuk sosialisasi primer merupakan tahap sosialisasi pertama dialami oleh individu untuk mempelajari nilai dan norma sosial yang terjadi di lingkungan keluarga. Ananta diberikan nasihat dan motivasi yang berasal dari lingkungan keluarga yakni kedua orang tuanya.
3. Badan Narkotika Nasional (BNN) akan mengadakan sosialisasi tentang bahaya penggunaan narkoba bagi kesehatan di sejumlah sekolah menengah di kota Samarinda. Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut adalah ....
A. menciptakan integrasi bangsa
B. mewariskan nilai dan norma kepada pelajar
C. mencegah terjadinya perilaku menyimpang
D. membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar
E. memberikan pengetahuan agar dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat
Pembahasan:
Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan sosialisasi tentang bahaya penggunan narkoba bagi kesehatan khususnya di kalangan remaja di sejumlah sekolah bertujuan untuk mencegah perilaku menyimpang. Harapannya setelah dilakukan sosialisasi, pelajar sekolah tidak akan pernah mencoba barang haram narkoba demi kesehatan dan masa depan mereka.
4. Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Pekerjaan ini menuntun nelayan berpindah-pindah tempat agar mendapatkan hasil yang maksimal dengan risiko yang dihadapi sangat tinggi. Hal itu menjadikan masyarakat nelayan memiliki karakter keras, tegas, dan terbuka. Pada ilustrasi tersebut faktor pembentuk kepribadiannya adalah ....
A. faktor kelompok
B. faktor biologis
C. faktor kebudayaan
D. faktor pengalaman
E. faktor geografis
Pembahasan:
Faktor geografis adalah faktor pembentuk kepribadian yang dipengaruhi oleh lingkungan alam tempat tinggal. Nelayan memiliki karakter dan sifat keras, tegas, dan terbuka dikarenakan adanya faktor geografis yang mengharuskan mereka berpindah-pindah haluan demi mendapatkan hasil yang melimpah dengan risiko yang sangat tinggi.
5. Cindy mendapatkan nilai ujian yang kurang memuaskan, oleh karena itu ia mendapatkan hukuman dari ibunya untuk membersihkan kamar mandi. Bentuk sosialisasi yang diterapkan adalah ....
A. represif
B. partisipatoris
C. formal
D. primer
E. langsung
Pembahasan:
Bentuk sosialisasi represif adalah proses sosialisasi yang ditandai dengan adanya penekanan berupa hukuman (punishment), dengan tujuan agar perilaku tersebut tidak terulang kembali. Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa adanya bentuk sosialisasi represif yang ditandai dengan pemberian hukuman untuk membersihkan kamar mandi, agar Cindy dapat belajar dengan baik dan tidak mengulangi kesalahannya.
6. Berikut ini adalah faktor-faktor pembentuk kepribadian, kecuali ....
A. faktor geografis
B. faktor biologis
C. faktor pengalaman
D. faktor kebudayaan
E. faktor kepentingan
Pembahasan:
Faktor-faktor pembentuk kepribadian yaitu, faktor biologis, faktor prenatal, faktor geografis, faktor kebudayaan, faktor pengalaman, faktor kelompok. Adapun kepentingan bukan merupakan faktor pembentuk kepribadian, melainkan faktor pembentukan kelompok sosial.
7. Marsella merupakan mahasiswi fakultas hukum di sebuah kampus ternama. Ia tergabung dalam organisasi himpunan mahasiswa di jurusannya. Dalam melakukan tugasnya sebagai pengurus organisasi, ia mampu belajar tentang nilai-nilai disiplin, loyalitas, dan kerja keras dalam mencapai tujuan. Agen sosialisasi pembentuk karakter Marsella adalah ....
A. keluarga
B. kelompok bermain
C. media massa
D. lingkungan kerja
E. lingkungan organisasi kampus
Pembahasan:
Agen atau media sosialisasi pembentuk karakter Marsella adalah lingkungan organisasi kampus. Marsella bergabung dalam himpunan mahasiswa di jurusannya, di sana ia belajar tentang nilai-nilai yang dianggap baik oleh masyarakat dan bermanfaat untuk kehidupannya setelah kuliah nanti. Sosialisasi di lingkungan organisasi kampus bertujuan untuk menanamkan nilai kedisiplinan yang lebih tinggi dan mutlak serta berorientasi mempersiapkan peran mahasiswa pada saat terjun ke masyarakat.
8. Bentuk sosialisasi represif terkadang sangat perlu dilakukan agar masyarakat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang ada. Pernyataan berikut yang menunjukkan bentuk sosialisasi tersebut adalah ....
A. Anton bergabung dalam ekstrakurikuler dance di sekolahnya
B. Pak desa memberikan penyuluhan mengenai bank sampah kepada warganya
C. Polisi memberikan surat tilang kepada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas
D. Toni mengajar bahasa Inggris di sebuah panti asuhan
E. Ani mengikuti program belajar untuk persiapan SBMPTN di sebuah bimbel
Pembahasan:
Bentuk sosialisasi represif adalah proses sosialisasi yang ditandai dengan adanya penekanan berupa pemberian hukuman (punishment), dengan tujuan agar perilaku tersebut tidak terulang kembali. Pernyataan pada huruf C merupakan contoh dari sosialisasi represif. karena dalam ilustrasi tersebut dijelaskan bahwa polisi memberi sanksi atau hukuman berupa surat tilang kepada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas.
9. Dian, Ayu, dan Rama bersahabat sejak dari SMA. Mereka harus berpisah dan jarang bertemu karena berkulah di tempat yang berbeda-beda. Meskipun demikian, mereka tetap meluangkan waktu untuk berkumpul dan berbagi kisah kehidupan di kampus masing-masing. Media sosialiasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. sekolah
B. keluarga
C. lingkungan kerja
D. peer group
E. media massa
Pembahasan:
Media atau agen sosialisasi berdasarkan ilustrasi pada soal adalah peer group. Sosialisasi dalam masyarakat dapat dilakukan melalui beberapa media peer group atau kelompok bermain. Proses sosialisasi dalam kelompok bermain dilakukan antarteman dan hubungan sosialisasi yang terjalin dalam kelompok bermain bersifat ekualias (sederajat).
10. Julia terpilih menjadi ketua ekstrakurikuler teater melalui musyawarah mufakat. Ketika menjadi pemimpin Julia dituntut agar berperilaku adil dan dapat menyelesaikan permasalahan internal kelompok secara bijak dan tegas. Oleh karena itu, Julia disegani oleh anggota kelompoknya. Media sosialisasi tersebut berfungsi sebagai ....
A. ajang berkompetensi bagi para siswa dalam berorganisasi
B. pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap masalah kelompok
C. sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil
D. mencegah terjadinya perilaku menyimpang
E. sebagai sarana menciptakan kestabilan di bidang politik
Pembahasan:
Berdasarkan ilustrasi pada soal, fungsi sosialisasi melalui media lingkungan organisasi sekolah adalah untuk membentuk kepribadian individu tanggap terhadap masalah kelompok. Dibutuhkan individu yang memiliki sikap adil, bijak dan tegas untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada dalam kelompok, agar dapat terciptanya kestabilan dan keharmonisan antaranggota kelompok.
