Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Contoh Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Dilengkapi Kunci dan Pembahasan | IPA SMP Kelas VII

Daftar Isi [Tampil]

searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal IPA SMP kelas VII (tujuh) materi pokok pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dilengkapi degan kunci jawaban dan pembahasan terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi contoh soal IPA SMP kelas VII (tujuh) materi pokok pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dilengkapi degan kunci jawaban dan pembahasan.

Contoh Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Dilengkapi Kunci dan Pembahasan | IPA SMP Kelas VII

Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal IPA SMP kelas VII (tujuh) materi pokok pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dilengkapi degan kunci jawaban dan pembahasan yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

1. Berikut ini penulisan nama ilmiah yang benar adalah ....
A. Zea mays
B. Oryza Sativa
C. Mycobacterium tuberculosis
D. Felis catus
A. A
B. B
C. C
D. D

Jawaban: A

Prinsip penamaan binomial nomenclature yaitu
(1) Nama spesies terdiri atas dua kata, kata pertama adalah nama genus dan kata kedua adalah penunjuk spesies
(2) Kata pertama diawali dengan huruf besar dan kata kedua dengan huruf kecil
(3) Menggunakan bahasa Latin atau ilmiah atau bahasa yang dilatinkan, yaitu dengan dicetak miring atau digarisbawahi secara terpisah untuk nama genus dan nama spesiesnya.

2. Dari ciri-ciri berikut yang paling membedakan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup adalah ....
A. Bergerak
B. Membutuhkan energi
C. Berkembang biak
D. Mengeluarkan zat sisa

Jawaban: C

Di antara semua ciri yang disebutkan, semua makhluk tak hidup atau benda mati tidak memiliki kemampuan untuk berkembang biak.

3. Iritabilitas merupakan kemampuan makhluk hidup untuk…..
A. Peka terhadap rangsangan
B. Memperbanyak keturunan
C. Melakukan proses pengubahan O₂ menjadi CO₂
D. Tumbuh dan berkembang

Jawaban: A

Iritabilitas adalah kemampuan makhluk hidup untuk peka dan menanggapi rangsangan dari luar. Hal ini terjadi karena makhluk hidup memiliki indra

4. Suatu cara mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimilikinya disebut…..
A. Klasifikasi
B. Determinasi
C. Generalisasi
D. Normalisasi

Jawaban: A

Klasifikasi adalah suatu cara mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimilikinya.

5. Tujuan dilakukan klasifikasi makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali…..
A. Mengelompokkan makhluk hidup dan mendeskripsikan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki
B. Memilih makhluk hidup yang dapat dimakan
C. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
D. Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

Jawaban: B

Tujuan dilakukannya klaifikasi makhluk hidup yaitu
(1) mengelompokkan makhluk hidup dan mendeskripsikan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki
(2) mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
(3) memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.
 
6. Orang pertama yang melakukan klasifikasi makhluk hidup adalah…..
A. Anthony van Leeuwenhoek
B. Robert Hooke
C. Louis Pasteur
D. Carolus Linnaeus

Jawaban: D

Carrolus Linnaeus

7. Urutan takson makhluk hidup yang paling tepat dari yang paling atas hingga terbawah adalah…..
A. Kingdom – Divisi – Ordo – Kelas – Famili – Genus – Spesies
B. Kingdom – Divisi – Kelas – Ordo – Famili – Genus – Spesies
C. Kingdom – Filum – Kelas – Famili – Ordo – Genus – Spesies
D. Kingdom – Filum – Ordo – Kelas – Famili – Genus – Spesies

Jawaban: B

Urutan takson yang benar yaitu Kingdom – Divisi/Filum – Kelas – Ordo – Famili – Genus – Spesies

8. Semakin ke bawah urutan takson, maka…..
A. Semakin banyak perbedaan yang ditemukan
B. Semakin banyak keragaman yang ditemukan
C. Semakin banyak keunikan yang ditemukan
D. Semakin banyak persamaan yang ditemukan

Jawaban: D

Semakin ke bawah urutan takson, maka semakin sedikit variasi atau keragaman makhluk hidup satu dengan yang lainnya, artinya lebih banyak persamaan yang ditemukan.

9. Urutan takson yang memiliki paling banyak anggota ....
A. Kelas
B. Ordo
C. Genus
D. Famili

Jawaban: A

Semakin tinggi tingkatan takson, maka akan semakin banyak variasi makhluk hidup, artinya semakin banyak anggota dari takson tersebut.

10. Berikut ini merupakan kunci determinasi tumbuhan
1. a. Tumbuhan dengan ciri batangnya termasuk dalam batang tidak sejati atau tidak memiliki alat tubuh yang menyerupai batang ..................... Lumut hati
b. Tumbuhan dengan/menyerupai batang sejati .................. (2)
2. a. Pada batang tidak diketemukan pembuluh ............Lumut daun
b. Pada batang terdapat jaringan pembuluh ............... (3)
3. a. Tumbuhan tidak berbunga ................... (4)
b. Tumbuhan berbunga atau memiliki organ berfungsi seperti bunga .... (5)
4. a. Pada daun terdapat bintik kuning atau cokelat, jika ditekan akan keluar serbuk kecil ....... Tumbuhan paku
b. Pada daun tidak diketemukan adanya kuning atau cokelat .... (5)
5. a. Tumbuhan tidak dengan bunga sejati, pada ujung ranting atau ketiak daun terdapat badan berbentuk kerucut yang menghasilkan bakal biji ...... Gymnospermae
b. Tumbuhan dengan bunga sejati dan tidak mempunyai organ berbentuk kerucut pada ujung atau ketiak daunnya ..............(6)
6. a. Berakar serabut .................. (7)
b. Berakar tunggang ................. (8)
7. a. Batang berongga ........... Padi
b. Batang tidak berongga ........... Jagung
8. Bunga berbentuk kupu-kupu ............... kacang
b. Bunga berbentuk terompet ............. Terong
Urutan kunci determinasi untuk tanaman padi adalah…..
A. 1b - 2b - 3b - 5b - 6a - 7a
B. 1b – 2b - 4b - 5b - 6a - 7a
C. 1b - 2b - 3b - 5b - 6a - 7b
D. 1b – 2b - 4b - 5b - 6a – 7b

Jawaban: A

Urutan kunci determinasi diurutkan dari ciri-ciri yang sesuai dengan tanaman yang diidentifikasi. Padi memiliki batang sejati dan berpembuluh, memiliki organ bunga sejati dan tidak memiliki kerucut penghasil biji (strobilus), berakar serabut, dan batangnya berongga.

11. Cacing, siput, dan kupu-kupu dapat dimasukkan dalam kelompok yang sama yaitu…..
A. Helminthes
B. Lepidoptera
C. Avertebrata
D. Mollusca

Jawaban: C

Helmintes adalah golongan cacing-cacingan, Lepidoptera adalah kelompok serangga yang memiliki proboscis dan sisik yang menutupi sayapnya, Mollusca adalah kelompok hewan bertubuh lunak. Avertebrata adalah hewan tak bertulang belakang. Ketiga hewan tersebut sama-sama tidak memiliki tulang belakang.

12. Perhatikan kalimat berikut!
1) Menghasilkan spora
2) Memiliki akar, daun, batang sejati
3) Mengalami metagenesis
4) Fase dominannya fase gametofit Ciri-ciri tumbuhan kelompok Bryophyta adalah…..
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 4)
C. 2), 3), 4)
D. 1), 3), 4)

Jawaban: D

Yang memiliki ciri nomor 2) yaitu akar, daun, dan batang sejati adalah tumbuhan paku (Pteridophyta). Sedangkan tumbuhan lumut (Bryophyta) tidak.

13. Ciri khas yang dimiliki kelompok hewan mammalia adalah ....
A. Bernapas dengan paru-paru
B. Memiliki kelenjar susu
C. Seluruh badannya ditutupi bulu
D. Dapat hidup di 2 lingkungan berbeda

Jawaban: B

Ciri khusus yang dimiliki mammalia adalah memiliki kelenjar susu dan seluruh badannya ditutupi rambut. Sedangkan kelompok hewan yang seluruh badannya ditutupi bulu adalah Aves

14. Berikut ini yang termasuk dalam kelompok gymnospermae yaitu….. 
A. mangga, jagung, jambu mete 
B. pakis haji, melinjo, pinus 
C. kacang tanah, melinjo, pinus 
D. pakis haji, jambu mete, jagung 

Jawaban: B 

Pakis haji, melinjo, dan pinus adalah tumbuhan berbiji terbuka yang biasa disebut gymnospermae. Disebut terbuka karena bijinya tidak diselimuti daging buah. 

15. Prinsip penamaan sesuai binomial nomenclature di bawah ini, kecuali….. 
A. Nama spesies terdiri atas dua kata 
B. Kata pertama adalah nama famili dan kata kedua adalah penunjuk spesies. 
C. Kata pertama diawali dengan huruf besar dan kata kedua dengan huruf kecil. 
D. Menggunakan bahasa Latin atau ilmiah atau bahasa yang dilatinkan, yaitu dengan dicetak miring atau digarisbawahi secara terpisah untuk nama genus dan nama spesiesnya. 

Jawaban: B 

Kata pertama adalah nama genus, dan kata kedua adalah penunjuk spesies.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Dilengkapi Kunci dan Pembahasan | IPA SMP Kelas VII

Beranda / Google.com / YouTube.com