Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Perubahan Iklim Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Daftar Isi [Tampil]

searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal IPA SMP kelas VII materi pokok pembelajaran pencemaran lingkungan dan perubahan iklim dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal IPA SMP kelas VII materi pokok pembelajaran pencemaran lingkungan dan perubahan iklim dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Perubahan Iklim Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

1. Di bawah ini yang bukan merupakan logam berat limbah industri yang menyebabkan pencemaran air adalah....
A. Timbal
B.Natrium
C. Raksa
D. Cadmium

Jawaban: B

Natrium bukan merupakan logam berat karena massa jenisnya kurang dari 5 gr/cm3­.

2. Suatu zat dapat dikatakan polutan ketika memenuhi kriteria ini, kecuali....
A. Kadarnya melebihi batas kadar normal atau diambang batas
B. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. Berada pada tempat yang tidak semestinya
D. Tidak berpotensi menimbulkan kerusakan

Jawaban: D

Zat tidak dapat dikatakan sebagai polutan jika tidak berpotensi menimbulkan kerusakan.

3. Undang-undang yang menyebutkan tentang pencemaran lingkungan yaitu....
A. UU RI Nomor 23 Tahun 1997
B. UU RI Nomor 25 Tahun 1997
C. UU RI Nomor 27 Tahun 1993
D. UU RI Nomor 23 Tahun 1995

Jawaban: A

UU RI Nomor 23 Tahun 1997 tentang pencemaran lingkungan.

4. Pernyataan yang salah mengenai pencemaran lingkungan adalah....
A. Terjadinya ketidakseimbangan faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan
B. Masuknya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain yang merubah tatanan lingkungan
C. Kualiatas lingkungan yang turun karena manusia, bukan proses alam
D. Komponen yang menyebabkan kurang berfungsinya lingkungan

Jawaban: C

Pencemaran menyebabkan kualitas lingkungan turun dapat disebabkan karena proses alam atau perbuatan manusia

5. Pernyataan yang tepat mengenai eutrofikasi yaitu....
A. Biasa dikatakan booming algae karena peningkatan populasi algae yang terlalu banyak
B. Disebabkan oleh limbah industri
C. Tidak berbahaya bagi lingkungan perairan
D. Fotosintesis fitoplankton tidak terganggu

Jawaban: A

Eutrofikasi merupakan peningkatan drastis populasi alga dan tumbuhan perairan lainnya yang disebabkan karena larutnya limbah pupuk pertanian ke daerah perairan. Fenomena ini juga biasa disebut booming algae. Hal ini berbahaya bagi ekosistem perairan sebab suburnya tanaman perairan akan menghalangi cahaya matahari menembus permukaan perairan. Akibatnya fitoplankton tidak dapat berfotosintesis dan kadar oksigen larut di daerah perairan berkurang, menyebabkan makhluk hidup perairan lainnya mati.

6. Perhatikan kata berikut!
1) Pembuatan kolam stabilisasi
2) IPAL
3) Pengelolaan ekskreta
4) Remediasi
Berikut ini upaya untuk mencegah pencemaran air....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 4)
C. 2), 3), 4)
D. 1), 3), 4)

Jawaban: A

Remediasi merupakan upaya pencegahan pencemaran tanah.

7. Gas-gas yang menyebabkan pencemaran udara yaitu....
A. H₂O, CO₂, SO₄
B. O₂, NO₂, CFC
C. CO, NO₂, CFC
D. O₃, NO₂, SO₄

Jawaban: C

CO, CO₂, SO₄, NO₂, CFC merupakan gas-gas polutan udara. Sedangkan H₂O adalah uap air, O₂ adalah oksigen yang diperlukan makhluk hidup untuk bernapas, dan O₃ adalah ozon yang berfungsi sebagai lapisan pelindung bumi dari radiasi.

8. Yang bukan merupakan penyebab pemanasan global adalah....
A. Pembakaran hutan
B. Penggunaan kendaran berbahan bakar fosil
C. Penggunaan AC dan kulkas dengan freon
D. Penggunaan produk elektronik ramah lingkungan

Jawaban: D

Pembakaran hutan, penggunaan kendaran berbahan bakar fosil, dan penggunaan AC dan kulkas dengan Freon menyebabkan pemanasan global.

9. Perhatikan uraian di bawah ini!
1) Menanam pohon di rumah dan sekolah
2) Hemat dalam memakai kertas
3) Memakai sepeda ke sekolah
4) Memakai motor ke sekolah
Upaya yang dapat dilakukan siswa untuk mengurangi pemanasan global adalah....
A. 1), 2), 3)
B. 2), 3), 4)
C. 1), 3), 4)
D. 1), 2), 4)

Jawaban: A

Memakai sepeda motor berarti memperbanyak penggunaan bahan bakar fosil yang menyebabkan pemanasan global.

10. Salah satu bentuk penanggulangan pemanasan global adalah membuat taman kota. Keuntungan yang didapat dengan adanya tanaman di tengah kota adalah....
A. Menyerap limbah-limbah industri
B. Mengikat gas N₂ dari udara
C. Mengubah CO₂ di udara dan membebaskan O₂
D. Menjaga keseimbangan banyaknya gas CO₂, N₂, dan O₂

Jawaban: C

Tumbuhan berfotosintesis, maka dia membutuhkan CO₂ sebagai bahan untuk berfotosintesis. Produk fotosintesis ini berupa O₂ yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas.

11. Dampak dari pemanasan global sebagai berikut, kecuali....
A. penguapan dan curah hujan yang tidak menentu
B. mencairnya glasier dan es di kutub yang menyebabkan volume air laut meningkat
C. hilangnya terumbu karang dan kepunahan spesies yang semakin meluas
D. penebalan lapisan ozon

Jawaban: D

Pemanasan global menyebabkan lapisan ozon menipis.

12. Badan internasional yang membentuk kerjasama dalam rangka menanggulangi pemanasan global dan perubahan iklim adalah ....
A. WHO
B. UNICEF
C. IPCC
D. WTO

Jawaban: C

IPCC adalah Intergovernmental Panel on Climate Change, yaitu suatu bentuk kerjasama internasional yang bertujuan untuk menanggulangi pemansan global dan perubahan iklim.

13. Dampak penipisan lapisan ozon bagi bumi....
A. Bumi terpapar radiasi sinar ultraviolet
B. Kepunahan spesies
C. Suhu bumi semakin turun
D. Penurunan angka kejadian penyakit kanker kulit

Jawaban: A

Ozon berfungsi sebagai lapisan yang melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet. Jika sinar UV terlalu banyak menembus bumi, maka akan terjadi kenaikan suhu bumi. Selain itu radiasi sinar UV dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

14. Deforestation adalah....
A. Bertambahnya jumlah tumbuhan dalam hutan
B. Berkurangnya lahan hutan
C. Berkurangnya lahan pemukiman
D. Berkurangnya pemanfaatan lahan hutan

Jawaban: B

Deforestation adalah berkurangnya lahan hutan akibat bertambahnya pemanfaatan lahan hutan tersebut.

15. Pernyataan yang tidak tepat mengenai lingkungan ialah ....
A. Segala sesuatu di luar individu
B. Setiap makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan
C. Lingkungan bersifat statis tidak tergantung kondisinya
D. Lingkungan mempengaruhi makhluk hidup di dalamnya

Jawaban: C

Lingkungan bersifat dinamis, selalu berubah-ubah sesuai kondisinya.

16. Komponen biotik dalam lingkungan terdiri dari ....
A. Manusia, air, hewan
B. Hewan, jasad renik, cahaya
C. Cahaya, air, udara
D. Hewan, tumbuhan, jasad renik

Jawaban: D

Manusia, hewan, tumbuhan merupakan komponen biotik lingkungan. Sedangkan cahaya, air, udara adalah bagian dari komponen abiotik.

17. Ekosistem ialah....
A. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
B. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu
C. Sekelompok makhluk hidup tidak sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu
D. Satu makhluk hidup yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu

Jawaban: A

Ekosistem ialah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut populasi. Sekelompok makhluk hidup tidak sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut komunitas. Satu makhluk hidup yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut individu.

18. Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut....
A. Arkeologi
B. Ekologi
C. Geologi
D. Biologi

Jawaban: B

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ekosistem.

19. Yang dapat dikatakan populasi adalah ....
A. Sebatang pohon mangga di pekarangan rumah
B. Seekor harimau di hutan puncak gunung
C. Sekelompok anoa di Taman Nasional Lore Rindu
D. Sekelompok anoa dan 7 ekor kuda Taman Nasional Lore Rindu

Jawaban: C

Populasi adalah sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di suatu wilayah.

20. Pada piramida makanan, jumlah makhluk hidup terbanyak pada level....
A. Produsen
B. Konsumen I
C. Konsumen II
D. Konsumen III

Jawaban: A

Produsen. Sebab tinggi level piramida makanan berbanding terbalik dengan jumlah makhluk hidupnya. Semakin tinggi levelnya, semakin sedikit jumlah makhluk hidup di level itu.

21. Diketahui pada suatu piramida makanan, produsen memiliki energi sebesar 10.000 J.
Berapakah jumlah energi yang diperoleh oleh konsumen tingkat III pada piramida makanan ini?
A. 10.000 J
B. 1.000 J
C. 100 J
D. 10 J

Jawaban: D

Pada suatu piramida makanan, tingkat energi yang didapatkan makhluk hidup di tiap level akan berkurang jika semakin ke atas levelnya. Level di atas hanya akan mendapatkan 10% energi dari level di bawahnya. Karena konsumen level III berada pada puncak piramida makanan, maka dia hanya akan mendapat 0,1% energi dari produsen. Sehingga, konsumen III mendapatkan energi sebesar 0,1% x 10.000 J = 10 J.

22. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ini!

Yang berkedudukan sebagai konsumen I adalah....
A. Ulat, belalang, tikus
B. Ulat, tikus, ayam
C. Ayam, belalang, katak
D. Belalang, katak, ular

Jawaban: A

Ulat, belalang, dan tikus merupakan konsumen I karena mereka mengonsumsi langsung energi dari produsen (pohon).

23. Berikut ini urutan rantai makanan yang benar yang terjadi pada ekosistem air....
A. Zooplankton-fitoplankton-ikan-manusia
B. Fitoplankton-zooplankton-ikan-manusia
C. Alga-bangau-ikan sepat-buaya
D. Alga-ikan sepat-buaya-bangau

Jawaban: B

Fitoplankton adalah plankton yang berperan sebagai produsen. Zooplankton adalah plankton yang berperan sebagai konsumen. Jadi urutannya fitoplankton-zooplankton-ikan-manusia.

24. Hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan dua belah pihak disebut....
A. Simbiosis komensalisme
B. Simbiosis parasitisme
C. Simbiosis mutualisme
D. Predasi

Jawaban: C

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan dua belah pihak. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak tanpa merugikan pihak lain. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak namun merugikan pihak lainnya. Predasi adalah hubungan perburuan makanan.

25. Cacing pita yang ada di usus babi, sapi, atau manusia adalah contoh dari simbiosis....
A. Mutualisme
B. Komensalisme
C. Parasitisme
D. Predasi

Jawaban: C

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, namun merugikan yang lainnya. Cacing pita di usus hewan ruminansia dan manusia merugikan karena menyerap nutrisi dari tubuh inangnya sehingga tubuh inangnya akan kekurangan nutrisi.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Pencemaran Lingkungan dan Perubahan Iklim Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Beranda / Google.com / YouTube.com