Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Kumpulan 35+ Contoh Soal Teks Observasi | Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)

Daftar Isi [Tampil]
searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal pilihan ganda teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal pilihan ganda teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal pilihan ganda teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh soalnya bisa kalian lihat di bawah ini.

Kumpulan 35+ Contoh Soal Teks Observasi | Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)
www.searchsoal.com

1. Bacalah teks berikut!
Lidah buaya termasuk keluarga Lili. Tanaman ini banyak tumbuh liar disebagian besar wilayah Afrika. Di daerah Madagaskar juga banyak ditemui lidah buaya dengan berbagai jenis. 
Lidah buaya memiliki gel aloevera  yang berada di tengah tanaman yang berlendir. Daging lidah buaya tipis, bening mirip jeli, dapat diproses atau dikeruk. Aloevera dapat mengobati luka bakar tingkat satu karena mempercepat penyembuhan. Gel ini juga memiliki reputasi sebagai kosmetik.
Ringkasan untuk teks tersebut adalah ....
A. lidah buaya banyak tumbuh di wilayah Afrika dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan serta kecantikan
B. lidah buaya memiliki berbagai kegunaan untuk kosmetik dan tumbuh liar di daratan tinggi
C. lidah buaya sangat berguna dan memiliki reputasi sebagai kosmetik dan tumbuh liar di pengunungan
D. lidah buaya berguna untuk menyembuhkan luka bakar, getahnya diambil karena memiliki reputasi sebagai kosmetik.

2. Bacalah teks berikut!
Polusi udara memang terjadi secara alamiah. Sebab fenomena alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, debu, bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut semua itu dapat mencemari udara. Akan tetapi, semua itu masih dapat dikatakan dalam batas-batas yang dapat ditoleransi. Artinya proses laju pembersihan polusidan laju pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam.
Teks tersebut menjelaskan ....
A. akibat polusi udara
B. jenis polusi udara
C. terjadinya polusi udara
D. ancaman polusi udara

3. Bacalah teks berikut!
Hari kedua kami melihat makanan burung. Setiap burung mempunyai makanannya sendiri. Terlihat bahwa makanan yang diberikan oleh petugas itu sangat sesuai dengan makanan burung secara alami. Tampaknya para petugas sudah berpengalaman dalam hal tersebut.
Kegiatan yang dilaporkan dalam teks di atas adalah ....
A. berdialog dengan penjual makanan burung
B. berwawancara dengan tukang burung
C. melihat-lihat sangkar burung
D. melihat-lihat makanan burung

4. Bacalah teks berikut!
Salah satu lagu Minahasa yang terkenal di Indonesia maupun diluar negeri ialah "O Ina Ni Keke". Nyanyian ini sering mengiringi tarian Lenso karena iramanya yang syahdu. "O Ina Ni Keke" mulai populer sebagai lagu untuk menidurkan bayi. Lagu ini sebenarnya bukan lagu untuk meninabobokan bayi dalam buaian, melainkan untuk menyindir seorang ibu yang mata duitan.
Teks di atas menjelaskan ....
A. lagu "O Ina Ni Keke" sebagai lagu sindiran
B. lagu yang meninabobokan bayi
C. lagu rakyat Minahasa
D. fungsi lagu "O Ina Ni Keke"

5. Bacalah teks berikut!
Saat memasuki Desa Lubuk Nagodang di Kecematan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, ada pemandangan lain yang berbeda dibandingkan dengan desa-desa lain di sekitarnya.
Kutipan teks tersebut menginformasikan ....
A. perbandingan desa
B. desa-desa di Kabupaten Kerinci
C. pemandangan lain di Desa Lubuk Nagodang
D. keadaan di Kecematan Gunung Kerinci

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7.
Berbeda dengan budaya pop Jepang yang hanya menjangkau anak-anak dan remaja, budaya pop Korea mampu menjangkau segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menurut Kim Song Hwan, seorang pengelola sindikat siaran televisi Korea Selatan, produk budaya Korea berhasil menjangkau pengemar di semua kalangan terutama di Asia disebabkan teknik pemasaran Asian Values Hollywood Style. Artinya, nilai-nilai Asia dikemas dengan pemasaran gaya modern.

6. Untuk dapat menulis teks seperti ini, hal yang harus dilakukan adalah ....
A. penyebaran angket
B. pengamatan langsung
C. wawancara ahli
D. diskusi

7. Objek yang diamati dalam teks tersebut adalah ....
A. pengaruh barat di budaya Asia
B. fenomena budaya pop Korea
C. budaya Asia
D. perbandingan budaya Jepang dan Korea

8. Bacalah dengan saksama teks berikut!
Kita telah melihat perkembangan pesat telekomunikasi selama 200 tahun terakhir. Dampak yang ditimbulkannya terhadap kita sangat hebat. Seandainya orang yang hidup 200 tahun lampau bisa dihadirkan kembali untuk menyaksikan telepon, radio, televisi, satelit gambar-gambar venus, optik, dan sebagainya, mereka akan sangat terpesona dan menganggap semua itu perbuatan tukang parkir.
Perbedaan teks di atas dengan teks hasil observasi adalah ....
A. tidak diawali dengan kegiatan pengamatan
B. tidak memiliki gagasan utama yang jelas
C. menyajikan sebuah cerita
D. lebih banyak mengungkapkan argumen

9. Bacalah dengan saksama teks berikut
Musik berirama dangdut banyak pengemarnya. Jenis musik tersebut tidak hanya disenangi oleh masyarakat pedesaan. Dangdut juga digemari oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut dengan jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman yang juga memanfaatkan kondisi tersebut.
Teks tersebut mengamati tentang ....
A. pengusaha rekaman di nusantara
B. musik dangdut
C. siaran stasiun televisi
D. musik sebagai kegemaran masyarakat desa

10. Bacalah teks berikut dengan saksama
OSIS SMP Sudirman mengadakan rapat dengan para anggotanya pada hari Senin, 24 Juni 2013 pada pukul 15.00. Tujuan dari rapat ini adalah untuk membicarakan rencana pesantren kilat dan bakti sosial menjelang bulan Ramadan. Hampir semua pengurus OSIS serta pembina OSIS hadir. Rapat berlangsung dengan serius dan menghasilkan beberapa keputusan penting, Ketua OSIS, sebagai pemimpin rapat, membacakan keputusan-keputusan itu dan semua yang hadir menyepakatinya. Rapat ditutup pada pukul 17.00.
Aspek yang perlu ditambahkan dalam penjelasan teks tersebut adalah ....
A. waktu pelaksanaan
B. tempat berlangsungya  rapat
C. isi keputusan rapat
D. peserta rapat

11. Bacalah dengan saksama teks berikut
Beberapa orang sibuk membereskan pinggir-pinggir parit yang penuh dengan rerumputan liar. Sebagian lagi membetulkan batu-batu yang bergeletakan di tengah jalan. Ibu-ibu tidak ketinggalan, menyapu sampah-sampah yang berserakan. Mereka tampak sibuk sambil sekali bercanda satu sama lain. Ada pula yang menikmati makanan ringan yang disuguhkan oleh Bu Lurah. Ramai sekali suasana ketika itu. Tidak ada rasa lelah di wajah mereka walau kegiatan bersih-bersih jalan itu sudah berlalu dua jam lamanya.
Objek yang diamati dalam teks di atas adalah ....
A. kehidupan penduduk
B. keadaan jalan raya
C. kegiatan pembersihan jalan
D. peristiwa yang terjadi di suatu jalan

12. Bacalah teks berikut
Ruangan itu begitu bersih menyenangkan. Buku-buku maupun dekorasi ruangan disusun secara teratur. Semuanya tentu merupakan salah satu alasan perpustakaan sekolah itu menjadi juara. Perpustakaan itu juga ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ....
A. perpustakaan teladan
B. dekorasi ruangan
C. ruang perpustakaan
D. dekorasi buku

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14.
Selama ini, hanya diketahui ada lima lapisan kornea manusia, yakni epitelium di bagian paling luar, diikuti oleh bowman, stroma, membran descernet, dan endotelium. Akan tetapi, baru-baru ini, seorang ilmuwan India, Prof. Harminder Dua, telah menemukan lapisan keenam yang diberikan nama Lapisan Dua, mengacu pada nama si penemu. Awalnya, lapisan ini tidak ditemukan karena terletak di bagian belakang kornea mata manusia.

13. Teks tersebut termasuk jenis teks ....
A. deskriptif
B. hasil observasi
C. eksposisi
D. eksplanasi

14. Teks tersebut membahas ....
A. ilmuwan dari India
B. lapisan baru kornea mata
C. lapisan-lapisan kornea mata
D. kornea mata secara umum

15. Bacalah teks berikut
Kebunnya cukup luas. Mungkin ada sekitar dua hektare. Tempat itu dipenuhi oleh aneka tanaman buah-buahan. Ada sungai kecil di sana, hampir membelah kebun itu. Airnya digunakan untuk menyiram pepohonan yang ada di sana. Tak heran apabila pepohonannya tampak selalu subur dan berdaun lebat. Pasti betah bagi siapa pun yang mengunjungi kebun itu. Udaranya yang sejuk dan beragam pemandangan bisa kita nikmati. Apalagi kalau sedang musim buah-buahan, kita bisa menikmati sejuknya udara dan syahdunya kicauan burung.
Berdasarkan objeknya, teks tersebut menjelaskan tentang ....
A. keindahan pepohonan di sebuah kebun
B. nikmatnya tinggal di kebun
C. luasnya kebun
D. suasana suatu kebun

16. Bacalah teks berikut
Apabila dilihat dari kejauhan, tampak persawahan itu begitu indah. Hijau menguning, itu bisa kita lihat. Akan tetapi, begitu kita dekati, yang bisa kita temukan adalah padi-padi yang tumbuh dengan merana. Rumpun-rumpun padi itu memang tampak menguning, tetapi banyak yang rusak karena hama. Sebagian lagi, rusak di makan tikus. Tidak ada yang diharapkan dari tanaman padi itu. Oleh karena itu, pantas saja apabila para petani membiarkan, tanpa ada yang memanennya.
Objek yang diamati dalam teks tersebut adalah ....
A. kehidupan di desa
B. nasib petani
C. bahaya tikus
D. padi

Bacalah teks berikut untuk soal 17 dan 18.
Aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) juga diikuti oleh 30 anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2013. Bahkan mereka sampai menutup jalan Cikini Raya, sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat. Sebagian pengguna jalan berusaha menghindari aksi dengan berbelok menuju Jalan Surabaya dan Menteng.
Massa berkumpul di SPBU Cikini. Mereka melakukan aksi corat-coret tembok di depan SPBU dan mencabuti spanduk-spanduk yang terpampang di SPBU. Hal ini mereka lakukan dalam rangka penolakan kenaikan BBM. Mahasiswa juga melakukan aksi bakar ban dan orasi sekaligus membentangkan spanduk dan bendera.

17. Permasalahan yang paling banyak disoroti dalam teks di atas adalah ....
A. tuntutan mahasiswa
B. kenaikan harga BBM
C. aksi demo mahasiswa
D. kemacetan di ibu kota

18. Objek yang akan dilaporkan dalam teks di atas adalah ....
A. kemacetan di ibu kota
B. aksi ricuh mahasiswa
C. kegiatan demonstrasi
D. penolakan kenaikan harga BBM

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 19 dan 20.
Jumat, 21 Juni 2013
Hari ini, siswa VIII SMP Bina Bakti akan mengadakan study tour ke Bali. Pada pukul 06.00, rombongan berkumpul di lapangan. Rombongan dibagi menjadi 4 bus. Bus yang kami pakai diparkir tidak jauh dari lapangan sekolah. Sekitar pukul 07.30 peserta mendatangi bus untuk memasukkan barang bawaan mereka ke bagasi bus. Setelah itu, dengan tertib peserta memasuki bus. Setelah semua siap, perjalanan menuju Bali pun dimulai pada pukul 08.00. Peserta study tour tampak sangat menikmati perjalanan. Selama perjalanan, bus diwarnai dengan canda tawa dan nyanyian dari peserta.

19. Infomasi yang dapat ditambahkan untuk memperjelas teks adalah ....
A. nama bus
B. sambutan kepala sekolah
C. sambutan ketua acara
D. tujuan kegiatan

20. Informasi yang tidak dijelaskan dalam teks di atas adalah ....
A. sikap para peserta
B. jumlah peserta
C. jenis kegiatan
D. tempat kegiatan

Teks berikut untuk soal nomor 21 dan 22.
(1) Dua hari berturut-turut hujan deras menguyur ibu kota Jakarta. (2) Saluran air di mana-mana tidak lancar. (3) Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga alirannya tersumbat. (4) Resapan air kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan (5) Pohon-pohon banyak ditebang. (6) Oleh karena itu, tidak heran apabila begitu hujan mengguyur, wilayah Jakarta akan terendam banjir.

21. Topik yang dibahas dalam teks tersebut adalah tentang ....
A. ketidakpedulian warga terhadap lingkungan
B. penyebab banjir di Jakarta
C. wilayah Jakarta
D. banjir di beberapa kota

22. Kalimat yang tidak mengungkapkan fakta dari paragraf tersebut adalah ....
A. 4)
B. 6)
C. 3)
D. 1)

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
Merangsang otak dengan suara frekuensi tinggi dapat meroketkan kemampuan matematika sampai enam bulan kemudian. Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti Oxford University menghasilkan kesimpulan bahwa stimulasi otak ini bisa membuat saraf di otak berfungsi lebih  baik. Rangsangan ini bisa membantu orang-orang yang menderita penyakit neurodegeneratif, stroke, atau kesulitan belajar. Transcranial random noise stimulation (TRNS) melibatkan beberapa suara elektrikal pada area tertentu di otak dengan bantuan elektroda yang ditempelkan di kepala.

23. Perbedaan teks tersebut dengan teks hasil observasi adalah ....
A. menyajikan pendapat
B. bukan hasil pengamatan langsung penulis
C. menyajikan fakta-fakta
D. melaporkan sesuatu

24. Teks tersebut termasuk teks ....
A. eksplanasi
B. eksposisi
C. narasi
D. deksriptif

Bacalah teks berikut untuk soal nomor  25 dan 26.
Pada hari ini, warga RT 04 di lingkungan rumahku melakukan kerja bakti perbaikan jalan. Jalan yang sering dilewati warga ini memang sudah cukup lama rusak. Banyak lubang di sana-sini yang dapat membahayakan pengendara sepeda dan motor. Selain itu, ada banyak pohon tua yang dahan dan batangnya telah lapuk. Warga yang takut pepohonan itu akan rubuh dan menimpa warga yang sedang lewat ketika sedang terjadi hujan badai. Karena itu, pepohonan tersebut harus ditebang.

Kerja bakti dimulai pukul 08.00. Bapak-bapak di sini berkumpul dan membawa peralatan sendiri, seperti cangkul, sendik semen, ember, dan gergaji. Semen yang aka dipakai sudah dibeli terlebih dahulu. Sebagian ada yang memperbaiki jalan dan sisanya menebang pohon. Meskipun kerja bakti ini sangat melelahkan, mereka terlihat sangat antusias dan bersemangat. Senyum dan candaan mewarnai kerja bakti ini.

25. Aspek yang dapat melengkapi teks tersebut adalah ....
A. dana kegiatan harus disebutkan
B. waktu pelaksanaan kegiatan disebutkan dengan jelas dan lengkap
C. peralatan untuk kegiatan tidak perlu disebutkan
D. penjelasan berlangsungnya kegiatan tidak perlu detail

26. Teks di atas menjelaskan hal berikut ....
A. jenis kegitan, tujuan kegiatan, jalannya kegiatan, dan kondisi peserta
B. waktu kegiatan, tujuan kegiatan, jumlah peserta, dan keberhasilan kegiatan
C. jumlah peserta, jenis kegiatan, tempat kegiatan, dan hasil kegiatan
D. jumlah peserta, waktu kegiatan, pembagian tugas peserta, dan kondisi peserta

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 27 dan 28.
Tepat pukul 04.30 aku terbangun. Pada saat itu, ayam-ayam masih berkokok seolah bernyanyi untuk membangunkan manusia-manusia yang masih terlelap dalam mimpi mereka. Segera aku mengambil wudu untuk salat Subuh. Aku begitu semangat karena hari ini aku dan keluarga akan berlibur ke rumah nenek di Bandung. Selesai salat, aku langsung membereskan kamarku dan menyiapkan perbekalanku seperti baju, alat mandi, jaket, dan sebagainya. Aku begitu bingung berapa banyak baju yang harus dibawa. Mainan apa saja yang harus aku bawa. Topi favoritku yang mana yang harus aku pakai.

27. Teks tersebut tidak teks hasil observasi karena ....
A. memiliki tokoh dan alur
B. hanya menyebutkan penggambaran situasi
C. lebih banyak mengungkapkan pendapat
D. hanya menyatakan pandangan pribadi

28. Teks tersebut membahas ....
A. semangat liburan
B. persiapan liburan ke Bandung
C. liburan ke Bandung
D. kondisi di pagi hari

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 29 dan 30.
Pertandingan futsal antarrukun tetangga di lingkungan rumahku berlangsung sangat seru. Pertandingan antara RT 01 dan RT 03 sangat panas, kedua kubu saling menyerang tanpa henti. Para pemain, meskipun kebanyakan sudah tidak muda lagi, seolah-olah tak merasa kelelahan sama sekali. Bola bergulir dari satu kaki ke kaki lain, dari satu kubu ke kubu lain. Para penonton pun tak kalah panas, mereka berteriak menyemangati jagoan mereka. Keadaan gawat di depan gawang pun silih berganti. Tembakan-tembakan keras dari para pemain depan membuat suasana makin panas.

29. Pernyataan yang menjelaskan kelebihan dari teks di atas adalah ....
A. gambaran semangat para pemain sangat jelas
B. jalannya pertandingan digambarkan dengan rinci
C. gambaran paragraf tersebut sangat padu
D. tidak ada kekurangan dalam teks tersebut

30. Teks di atas menggambarkan ....
A. pertandingan yang sangat seru
B. penonton pertandingan yang semangat
C. pertandingan futsal yang ricuh
D. jalannya pertandingan yang seimbang

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 31 dan 32.
Beberapa hari yang lalu, jalan ini begitu mulus. Banyak kendaraan yang melintasinya tanpa ada hambatan. Akan tetapi, hari ini ceritanya menjadi lain. Jalan itu menjadi rusak karena longsor. Sebagian lagi retak-retak. Tak ada lagi mobil yang melintasinya. Hanya motor yang masih mungkin melewatinya. Itu pun harus extra hati-hati, kalau-kalau jalan yang dilalui mendadak longsor. Mungkin baru seminggu lagi pihak pemerintah bisa memperbaikinya. Itupun pasti memerlukan waktu yang cukup lama.

31. Fakta-fakta yang terdapat dalam kutipan teks tersebut diperoleh melalui ....
A. pengamatan
B. perekaman
C. pengindraan
D. pencacatan

32. Teks di atas berguna bagi pihak ....
A. sopir angkutan kota
B. pengawai pemerintah
C. pengguna jalan
D. pemilik kendaraan

33. Bacalah teks berikut.
Entah berapa ratus orang buruh yang bekerja di pabrik itu. Yang jelas, begitu jam istirahat tiba, berbondong-bondong mereka keluar pabrik dan memburu para pedagang kaki lima yang telah berjejer di halaman pabrik. Sebagian lagi ada yang pergi ke musala yang tidak jauh letaknya dari tempat mereka bekerja. Suasana begitu ramai. Namun, sejam kemudian suasana itu berbalikm akan kembali sepi. Para pekerja itu kembali ke dalam pabrik, megerjakan tugas masing-masing sampai datangnya petang.
Gambaran tentang kebiasaan para buruh di atas penting diketahui oleh ....
A. pedagang
B. kepolisian
C. pemerintah
D. masyarakat

34. Perhatikan kutipan berikut
Hanya ada sebelas orang yang duduk di dalam aula itu. Bangku-bangku masih tampak kosong. Pembawa acara terdengar berkali-kali meminta orang-orang yang masih di luar gedung untuk masuk ke aula. Akan tetapi, mereka tampak tak acuh. Mereka asyik mengobrol atau jalan di kantin. Beberapa lama kemudian, Bapak Wali Kota datang dengan beberapa orang pengawal. Barulah beberapa di antara mereka masuk ke aula. Entah karena tidak tahu akan kedatangan Pak Wali Kota, yang lainnya masih tenang-tenang saja.
Selain penglihatan, indra yang terlibat dalam pengumpulan fakta pada teks di atas adalah ....
A. indra pengecap
B. indra peraba
C. indra pendengaran
D. indra penciuman

35. Bacalah teks dengan saksama.
Sewaktu bencana alam itu terjadi, keluarga tersebut tengah bersiap-siap untuk menutup warung karena sudah sepi pengunjung. Hujan lebat yang mengguyur daerah itu sejak pagi membuat kawasan itu tak ramai dikunjungi orang. Namun, secara tiba-tiba sebatang pohon besar menimpa warung itu disusul kemudian gemuruh suara tanah bukit yang menimbun hampir sebagian warung.
Teks tersebut menjelaskan ....
A. proses terjadinya bencana tanah longsor
B. pohon besar yang menimpa sebuah warung
C. penyebab warung ditutup
D. peristiwa terjadi di dekat warung

>> Buka juga soal:
  1. Teks deskripsi
  2. Teks Imajinasi
  3. Teks prosedur
  4. Teks laporan observasi
  5. Teks buku fiksi dan nonfiksi
  6. Teks surat pribadi dan surat dinas
  7. Teks puisi rakyat
  8. Teks fabel

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 35+ Contoh Soal Teks Observasi | Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)

Beranda / Google.com / YouTube.com