Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

40+ Contoh Soal Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Daftar Isi [Tampil]

searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

Contoh Soal Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

1. Pernyataan yang tidak tepat mengenai lingkungan ialah ....
A. Segala sesuatu di luar individu
B. Setiap makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan
C. Lingkungan bersifat statis tidak tergantung kondisinya
D. Lingkungan mempengaruhi makhluk hidup di dalamnya

Jawaban: C

Lingkungan bersifat dinamis, selalu berubah-ubah sesuai kondisinya.

2. Komponen biotik dalam lingkungan terdiri dari ....
A. Manusia, air, hewan
B. Hewan, jasad renik, cahaya
C. Cahaya, air, udara
D. Hewan, tumbuhan, jasad renik

Jawaban: D

Manusia, hewan, tumbuhan merupakan komponen biotik lingkungan. Sedangkan cahaya, air, udara adalah bagian dari komponen abiotik.

3. Ekosistem ialah....
A. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
B. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu
C. Sekelompok makhluk hidup tidak sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu
D. Satu makhluk hidup yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu

Jawaban: A

Ekosistem ialah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut populasi. Sekelompok makhluk hidup tidak sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut komunitas. Satu makhluk hidup yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut individu.

4. Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut....
A. Arkeologi
B. Ekologi
C. Geologi
D. Biologi

Jawaban: B

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ekosistem.

5. Yang dapat dikatakan populasi adalah ....
A. Sebatang pohon mangga di pekarangan rumah
B. Seekor harimau di hutan puncak gunung
C. Sekelompok anoa di Taman Nasional Lore Rindu
D. Sekelompok anoa dan 7 ekor kuda Taman Nasional Lore Rindu

Jawaban: C

Populasi adalah sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di suatu wilayah.

6. Pada piramida makanan, jumlah makhluk hidup terbanyak pada level....
A. Produsen
B. Konsumen I
C. Konsumen II
D. Konsumen III

Jawaban: A

Produsen. Sebab tinggi level piramida makanan berbanding terbalik dengan jumlah makhluk hidupnya. Semakin tinggi levelnya, semakin sedikit jumlah makhluk hidup di level itu.

7. Diketahui pada suatu piramida makanan, produsen memiliki energi sebesar 10.000 J.
Berapakah jumlah energi yang diperoleh oleh konsumen tingkat III pada piramida makanan ini?
A. 10.000 J
B. 1.000 J
C. 100 J
D. 10 J

Jawaban: D

Pada suatu piramida makanan, tingkat energi yang didapatkan makhluk hidup di tiap level akan berkurang jika semakin ke atas levelnya. Level di atas hanya akan mendapatkan 10% energi dari level di bawahnya. Karena konsumen level III berada pada puncak piramida makanan, maka dia hanya akan mendapat 0,1% energi dari produsen. Sehingga, konsumen III mendapatkan energi sebesar 0,1% x 10.000 J = 10 J.

8. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ini!

Yang berkedudukan sebagai konsumen I adalah....
A. Ulat, belalang, tikus
B. Ulat, tikus, ayam
C. Ayam, belalang, katak
D. Belalang, katak, ular

Jawaban: A

Ulat, belalang, dan tikus merupakan konsumen I karena mereka mengonsumsi langsung energi dari produsen (pohon).

9. Berikut ini urutan rantai makanan yang benar yang terjadi pada ekosistem air....
A. Zooplankton-fitoplankton-ikan-manusia
B. Fitoplankton-zooplankton-ikan-manusia
C. Alga-bangau-ikan sepat-buaya
D. Alga-ikan sepat-buaya-bangau

Jawaban: B

Fitoplankton adalah plankton yang berperan sebagai produsen. Zooplankton adalah plankton yang berperan sebagai konsumen. Jadi urutannya fitoplankton-zooplankton-ikan-manusia.

10. Hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan dua belah pihak disebut....
A. Simbiosis komensalisme
B. Simbiosis parasitisme
C. Simbiosis mutualisme
D. Predasi

Jawaban: C

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan dua belah pihak. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak tanpa merugikan pihak lain. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak namun merugikan pihak lainnya. Predasi adalah hubungan perburuan makanan.

11. Cacing pita yang ada di usus babi, sapi, atau manusia adalah contoh dari simbiosis....
A. Mutualisme
B. Komensalisme
C. Parasitisme
D. Predasi

Jawaban: C

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, namun merugikan yang lainnya. Cacing pita di usus hewan ruminansia dan manusia merugikan karena menyerap nutrisi dari tubuh inangnya sehingga tubuh inangnya akan kekurangan nutrisi.

12. Organisme yang mampu menghasilkan makanan sendiri disebut ....
A. Autotrof
B. Herbivore
C. Karnivora
D. Omnivore

Jawaban: A

Organisme yang mampu menghasilkan makanan sendiri disebut autotrof. Sedangkan organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri disebut organisme heterotrof.

13. Perhatikan gambar berikut!


Organisme tersebut termasuk... karena ....
A. Autotrof; menghasilkan makanan sendiri
B. Heterotrof; karena mengubah senyawa anorganik menjadi organic
C. Autotrof; tidak menghasilkan makanan sendiri
D. Heterotrof; membutuhkan senyawa organik dari organisme lainnya

Jawaban: D

Heterotrof, yaitu tidak bisa membuat makanan sendiri dan tidak bisa mengubah senyawa anorganik menjadi organic, sehingga membutuhkan senyawa organik dari organisme lainnya.

14. Unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup disebut…..
A. Kromosom
B. Organ
C. Jaringan
D. Sel

Jawaban: D

Sel adalah unit yang terkecil secara struktural dan fungsional. Kromosom secara struktural memang lebih kecil dari sel, namun bukan secara fungsional.

15. Urutan organisasi kehidupan yang benar dari yang terbesar hingga terkecil…..
A. Organisme - Organ – Sistem organ – Jaringan - Sel
B. Organisme - Sistem organ – Organ – Jaringan – Sel
C. Sistem organ – Organisme – Organ –Jaringan – Sel
D. Sistem organ – Organisme – Jaringan – Organ – Sel

Jawaban: B

Organisme terdiri dari beberapa sistem organ. Sistem organ terdiri dari beberapa organ. Organ terdiri dari beberapa jaringan. Jaringan terdiri dari beberapa sel.

16. Yang menjadi hal yang membedakan sel eukariotik dengan sel prokariotik adalah…..
A. Membran nukleus
B. Membran sel
C. Dinding sel
D. Ribosom

Jawaban: A

Padas el eukariotik inti sel (nukleus) diselaputi membran, sedangkan prokariotik tidak memilikinya.

17. Organel sel yang berfungsi sebagai pembentuk energi sel adalah…..
A. Badan Golgi
B. Ribosom
C. Retikulum endoplasma
D. Mitokondria

Jawaban: D

Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi sel. Respirasi sel akan menghasilkan energi yang akan digunakan oleh sel.

18. Mengatur seluruh aktivitas sel adalah fungsi dari organel…..
A. Mitokondria
B. Nukleus
C. Membran sel
D. Ribosom

Jawaban: B

Nukleus merupakan organel sel yang mengatur seluruh aktivitas sel. Mitokondria sebagai penghasil energi sel. Membran sel berfungsi mengatur taransportasi zat keluar masuk sel. Ribosom berfungsi dalam sintesis protein sel.

19. Perhatikan kata berikut!
1) Sentriol
2) Lisosom
3) Plastida
4) Mikrofilamen
Organel yang tidak ada pada sel tumbuhan adalah ....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 4)
C. 2), 3), 4)
D. 1), 3), 4)

Jawaban: B

Plastida mengandung kloroplas yang hanya ada pada sel tumbuhan. Sedangkan tumbuhan tidak memiliki sentriol, mikrofilamen, dan lisosom yang hanya dimiliki oleh sel hewan.

20. Cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang jaringan adalah…..
A. Fisiologi
B. Histologi
C. Anatomi
D. Morfologi

Jawaban: B

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan.

21. Berikut ini adalah contoh jaringan…..
A. Epitel, xilem, floem
B. Parenkim, daun, floem
C. Jantung, korteks, otot
D. Saraf, otak, tulang rawan 

Jawaban: A

Contoh jaringan pada tumbuhan adalah xilem, floem, korteks, parenkim, dan lainnya, sedangkan pada hewan adalah jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan otot, dan lainnya. Daun, otak, jantung bukan merupakan jaringan karena mereka adalah organ.

22. Organ yang berfungsi mengatur seluruh aktivitas tubuh adalah…..
A. Jantung
B. Saraf
C. Otak
D. Hati

Jawaban: C

Jantung berfungsi memompa darah. Hati berfungsi sebagai kelenjar dalam sistem pencernaan. Otak mengatur seluruh tubuh. Saraf merupakan jaringan.

23. Jantung dapat disebut sebagai organ karena ....
A. Tersusun dari sel-sel
B. Dapat memompa darah
C. Terdiri atas jaringan
D. Dapat berdenyut sendiri

Jawaban: C

Organ adalah kumpulan dari jaringan-jaringan. Jantung merupakan salah satu organ yang terbentut melalui jaringan-jaringan otot.

24. Beberapa organ yang menyusun sistem organ pencernaan antara lain…..
A. Mulut, faring, lambung, usus halus, usus besar, rectum
B. Mulut, laring, lambung, usus halus, usus besar, rectum
C. Mulut, faring, lambung, ginjal, usus halus, rectum
D. Mulut, faring, trakea, usus halus, usus besar, rectum

Jawaban: A

Beberapa organ yang menyusun sistem organ pencernaan antara lain mulut, faring, lambung, usus halus, usus besar, rectum. Laring merupakan bagian dari sistem organ pernapasan. Ginjal bagian dari sistem organ ekskresi. Trakea bagian dari sistem organ pernapasan.

25. Fungsi dari sistem organ ekskresi di bawah ini adalah…..
A. Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit
B. Mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan
C. Mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan lingkungannya
D. Menyokong dan melindungi organ dalam

Jawaban: C

Fungsi dari sistem ekskresi yaitu mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan lingkungannya. Mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan adalah fungsi mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan. Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit merupakan fungsi sistem pernapasan. Menyokong dan melindungi organ dalam adalah tugas sistem rangka.

26. Gangguan pada organ jantung akan mempengaruhi sistem…..
A. Endokrin
B. Transportasi
C. Ekskresi
D. Pernapasan

Jawaban: B

Jantung adalah salah satu bagian dari sistem transportasi.

27. Berikut ini bukan bagian dari sistem endokrin yaitu…..
A. Pankreas
B. Hati
C. Tiroid
D. Lambung

Jawaban: D

Lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan.

28. Urutan organ yang benar pada sistem pernapasan adalah…..
A. Hidung – laring – trakea – bronkus – bronkiolus – paru – alveolus
B. Hidung – trakea - laring – bronkus – bronkiolus – paru - alveolus
C. Hidung – laring – trakea – bronkiolus – bronkus – paru - alveolus
D. Hidung – trakea - laring – bronkiolus – bronkus – paru – alveolus

Jawaban: A

Urutan organ yang benar pada sistem pernapasan dimulai dari hidung, kemudian laring, kemudia trakea, lanjut ke bronkus, kemudian ke cabang bronkus yaitu bronkiolus, masuk ke paru-paru dan alveolus.

29. Kemampuan untuk melakukan kerja atau melakukan suatu perubahan adalah…..
A. Energi
B. Gaya
C. Usaha
D. Kapasitas

Jawaban: A

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau melakukan suatu perubahan.

30. Perhatikan tabel berikut ini!

Manakah pasangan jenis energi yang cocok dengan definisanya?
A. 1a dan 3c
B. 2b dan 4d
C. 2b dan 3c
D. 3c dan 4d

Jawaban: D

Energi potensial adalah energi dimiliki oleh suatu materi karena lokasi atau tempatnya. Energi kinetik adalah energi ketika suatu materi berpindah atau bergerak. Energi kimia adalah energi yang terkandung dalam suatu zat. Energi listrik adalah energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik.

31. Berikut ini energi yang dapat terbarukan…..
A. Air, nuklir, gas bumi, udara, cahaya matahari
B. Air, udara, batu bara, cahaya matahari, tidal
C. Air, minyak bumi, udara, cahaya matahari, tidal
D. Air, udara, cahaya matahari, tidal 

Jawaban: D

air, udara, cahaya matahari, dan tidal (gelombang air laut) adalah sumber energy yang terbarukan. Sedangkan nuklir, hasil tambang bumi, minyak dan gas bumi adalah energi tak terbarukan. 

32. Berikut ini zat-zat yang ada di dalam tubuh:
1) Vitamin
2) Karbohidrat
3) Lemak
4) Protein
5) Kalsium
6) Fosfor
Yang merupakan zat penghasil energi untuk tubuh adalah…..
A. 1), 2), 3)
B. 2), 3), 4)
C. 3), 4), 5)
D. 4), 5), 6)

Jawaban: B

Zat penghasil energi bagi tubuh adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Adapun vitamin dan mineral lainnya (kalsium, natrium, fosfor, dll) adalah zat-zat yang juga ada dalam tubuh, namun tidak menghasilkan energi.

33. Yang bukan termasuk fungsi dari sel lemak adalah…..
A. Sumber energi
B. Zat pelindung organ penting tubuh)
C. Zat pembangun tubuh
D. Zat pelarut vitamin A, D, E, dan K

Jawaban: C

Zat pembangun tubuh adalah salah satu fungsi protein.

34. Perhatikan kata berikut!
1) Retikulum endoplasma
2) Klorofil
3) Mitokondria 
Organel dalam sel yang mampu melakukan transformasi energi yaitu…..
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2)
C. 1), 3)
D. 2), 3)

Jawaban: D

Klorofil dan mitokondria adalah organel di dalam sel yang mampu melakukan transformasi energi.

35. Pernyataan yang salah mengenai metabolisme dalam tubuh adalah…..
A. Anabolisme adalah reaksi pembentukan dari senyawa kompleks ke senyawa sederhana
B. Anabolisme adalah reaksi pembentukan dari senyawa sederhana ke senyawa kompleks
C. Katabolisme adalah reaksi penguraian dari senyawa kompleks ke senyawa sederhana
D. Metabolisme adalah proses-proses kimia dalam tubuh untuk menghasilkan energi

Jawaban: A

Metabolisme adalah proses-proses kimia dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Metabolisme terbagi menjadi dua jenis yaitu anabolisme dan katabolisme. Anabolisme merupakan reaksi penyusunan dari senyawa sederhana ke senyawa kompleks. Katabolisme merupakan reaksi penguraian dari senyawa kompleks ke senyawa sederhana.

36. Produk fotosintesis pada tumbuhan adalah ....
A. CO₂ dan H₂O
B. H₂O dan O₂
C. CO₂ dan C₆H₁₂O₆
D. O₂ dan C₆H₁₂O₆

Jawaban: D

Reaksi fotosintesis dituliskan sebagai berikut CO₂ (karbondioksida) + H₂O (air) >>sinar matahari >> O₂ (oksigen) + C₆H₁₂O₆ (karbohidrat)

37. Penyataan yang benar mengenai respirasi, kecuali…..
A. Respirasi merupakan reaksi katabolisme
B. Respirasi merupakan reaksi anabolisme
C. Respirasi menghasilkan CO₂ dan H₂O
D. Respirasi merupakan reaksi pembebasan yang membutuhkan O₂

Jawaban: B

Respirasi merupakan reaksi pembebasan (katabolisme) yang membutuhkan oksigen (O2) dan menghasilkan CO₂ dan H₂O.

38. Di dalam tubuh, protein diubah menjadi zat terkecil yang bernama…..
A. Glukosa
B. Asam lipida)
C. Gliserol
D. Asam amino

Jawaban: D

Pencernaan protein menghasilkan zat terkecil bernama asam amino. Pencernaan karbohidrat menghasilkan zat terkecil bernama glukosa. Pencernaan lemak menghasilkan zat terkecil bernama asam lipida (asam lemak) dan gliserol.

39. Salah satu enzim dalam pencernaan yang berperan sebagai katalisator karbohidrat yaitu….. 
A. Renin
B. Pepsin
C. Amilase
D. Lipase

Jawaban: C

Amilase adalah salah satu enzim dalam pencernaan karbohidrat. Renin dan pepsin berperan dalam pencerenaan protein. Lipase berperan dalam pencernaan lemak.

40. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. Hormon yang dimaksud adalah…..
A. Adrenalin
B. Tiroksin
C. Insulin
D. Somatostatin

Jawaban: C

Insulin adalah hormon yang mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Jika glukosa dalam darah terlalu tinggi, insulin akan mengubahnya menjadi gula otot. Namun jika hormone ini jumlahnya kurang di dalam tubuh, glukosa darah akan meningkat sehingga memicu terbentuknya penyakit diabetes.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 40+ Contoh Soal Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Beranda / Google.com / YouTube.com