Kumpulan Soal-Soal Terbaru Semua Mata Pelajaran

Kumpulan 40+ Contoh Soal Lapisan Bumi dan Tata Surya Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Daftar Isi [Tampil]

searchsoal.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal IPA SMP kelas VII materi pokok pembelajaran lapisan bumi dan tata surya dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal IPA SMP kelas VII materi pokok pembelajaran lapisan bumi dan tata surya dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Kumpulan 40+ Contoh Soal Lapisan Bumi dan Tata Surya Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

1. Yang bukan merupakan 3 komponen utama bumi yaitu....
A. Litosfer
B. Hidrosfer
C. Atmosfer
D. Biosfer

Jawaban: D

Biosfer adalah kumpulan makhluk hidup di bumi. Litosfer adalah komponen padatan bumi. Hidrosfer adalah komponen cair bumi. Atmosfer adalah komponen gas bumi.

2. Urutan yang benar lapisan atmosfer dari bawah hingga ke atas adalah....
A. Troposfer– mesosfer – stratosfer – termosfer - eksosfer
B. Troposfer – stratosfer – termosfer – mesosfer – eksosfer
C. Troposfer – stratosfer – mesosfer – termosfer – eksosfer
D. Troposfer – termosfer - stratosfer – mesosfer – eksosfer

Jawaban: C

Urutan atmosfer dari bawah ke atas troposfer – stratosfer – mesosfer – termosfer – eksosfer

3. Lapisan atmosfer bumi yang merupakan tempat berlangsungnya sistem bumi seperti hujan dan angin ialah....
A. Troposfer
B. Mesosfer
C. Stratosfer
D. Termosfer

Jawaban: A

Troposfer merupakan lapisan atmosfer paling bawah tempat berlangsungnya sistem bumi seperti hujan dan angin.

4. Berikut ini pernyataan yang benar tentang tekanan udara di bumi....
A. Semakin tinggi tempat, tekanan udara semakin tinggi, molekul udara lebih rapat
B. Semakin tinggi tempat, tekanan udara semakin rendah, molekul udara lebih renggang
C. Semakin tinggi tempat, tekanan udara semakin rendah, molekul udara lebih rapat
D. Semakin tinggi tempat, tekanan udara semakin tinggi, molekul udara lebih renggang

Jawaban: B

Semakin tinggi tempat, tekanan udara semakin rendah, molekul udara lebih renggang

5. Yang benar tentang lapisan ozon....
A. Melindungi dari radiasi sinar UV
B. Ozon berada dilapisan mesosfer
C. Terdiri dari 2 atom oksigen
D. Molekul ozon tidak dapat dipecah oleh senyawa CFC

Jawaban: A

Ozon berada di lapisan stratosfer. Molekul ozon terdiri dari 3 atom oksigen (O3), fungsinya sebagai penyerap radiasi sinar UV yang dipancarkan matahari. Namun sekarang ini lapisan ozon semakin menipis diakibatkan banyaknya senyawa CFC di udara yang memecah molekul ozon, sehingga konsentrasi ozon di atmosfer semakin berkurang.

6. Struktur padat bumi terdiri atas berikut ini, kecuali....
A. Mantel
B. Kerak
C. Inti
D. Korona

Jawaban: D

Korona adalah bagian dari lapisan matahari.

7. Berikut ini pernyataan teori pergerakan benua, kecuali....
A. Bumi seperti puzzle
B. Benua yang pernah bersatu memiliki kesamaan ciri batuan
C. Kerak Bumi tersusun atas material yang panas dan memiliki massa jenis yang rendah
D. Penemuan fosil-fosil yang sama di beberapa benua yang terpisah

Jawaban: C

Kerak Bumi tersusun atas material yang panas dan memiliki massa jenis yang rendah merupakan pernyataan dari teori Seafloor Spreading.

8. Alat yang berfungsi untuk mencatat data gelombang gempa yaitu....
A. Seismologi
B. Seismogram
C. Seismograf
D. Seismolog

Jawaban: C

Seismograf adalah alat untuk mencatat gelombang gempa, sedangkan hasil pencatatan ini disebut seismogram.

9. Berikut ini yang benar tentang pengaruh magnitude suatu gempa dengan energi yang dilepaskan dan kerusakan yang timbul....
A. Semakin besar magnitude suatu gempa, energi yang dilepaskan semakin besar, kerusakan yang timbul semakin parah
B. Semakin besar magnitude suatu gempa, energi yang dilepaskan semakin kecil, kerusakan yang timbul semakin parah
C. Semakin besar magnitude suatu gempa, energi yang dilepaskan semakin besar, kerusakan yang timbul semakin kecil
D. Semakin besar magnitude suatu gempa, energi yang dilepaskan semakin kecil, kerusakan yang timbul semakin kecil

Jawaban: A

Besar magnitude, energi yang dilepaskan, dan kerusakan akibat gempa berbanding lurus. Jadi semakin besar magnitude suatu gempa, energi yang dilepaskan semakin besar, kerusakan yang timbul semakin parah

10. Urutan tingkatan status gunung berapi dari yang teraman hingga bahaya, yaitu....
A. Normal-siaga-waspada-awas
B. Normal-waspada-siaga-awas
C. Awas-siaga-waspada-normal
D. Awas-waspada-siaga-normal

Jawaban: B

Urutan tingkatan status gunung berapi yang paling aman dimulai dari keadaan normal yaitu gunung berapi tidak ada aktivitas magma, kemudia waspada ketika mulai ada aktivitas apapun bentuknya, selanjutnya siaga bila terjadi peningkatan getaran seismik, dan terakhir awas bila gunung sudah menandakan akan segera meletus dalam waktu 24 jam.

11. Kumpulan benda-benda langit yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya disebut....
A. Tata surya
B. Galaksi
C. Super kluster
D. Planet 

Jawaban: A

Tata surya adalah kumpulan benda-benda langit yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya.

12. Urutan lapisan matahari dari yang terluar hingga yang terdalam adalah ....
A. Kromosfer, korona, fotosfer, inti
B. Korona, kromosfer, fotosfer, inti
C. Fotosfer, korona, kromosfer, inti
D. Kromosfer, fotosfer, korona, inti

Jawaban: B

Lapisan terluar matahari adalah korona, di bawahnya adalah kromosfer, kemudian fotosfer, dan yang paling dalam adalah inti.

13. Sebagian radiasi matahari yang terdeteksi sebagai sinar matahari yang kita amati di bumi berasal dari lapisan....
A. Inti
B. Kromosfer
C. Fotosfer
D. Korona

Jawaban: C

Fotosfer memancarkan radiasi keluar dan terdeteksi sebagai sinar di planet-planet sekitarnya seperti bumi.

14. Planet terrestrial dan planet Jovian dibatasi oleh benda langit yang berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter, yaitu....
A. Satelit
B. Komet
C. Meteoroid
D. Sabuk asteroid

Jawaban: D

Sabuk asteroid berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter membatasi kelompok planet terrestrial (planet dalam) dan planet Jovian (planet luar)

15. Yang bukan merupakan akibat dari rotasi bumi yaitu....
A. Terjadinya gerak semu tahunan matahari
B. Gerak semu harian Matahari
C. Perbedaan waktu
D. Pembelokan arah angin

Jawaban: A

Gerak semu tahunan matahari merupakan akibat dari revolusi bumi.

16. 1) Terjadinya gerak semu tahunan Matahari
2) Perbedaan lamanya siang dan malam
3) Pergantian musim Yang merupakan akibat dari revolusi bumi terhadap matahari adalah....
A. 2), 3)
B. 1), 2), 3)
C. 3)
D. 2)

Jawaban: B

Semua hal tersebut merupakan akibat dari revolusi bumi terhadap matahari

17. Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai pergerakan bulan, kecuali....
A. Bulan melakukan tiga gerakan sekaligus yaitu rotasi, revolusi terhadap bumi, dan revolusi terhadap matahari
B. Kala rotasi bulan adalah 27,3 hari
C. Kala revolusi bulan berbeda dengan kala rotasinya
D. Permukaan bulan yang menghadap bumi selalu sama

Jawaban: C

Kala revolusi bulan sama dengan kala rotasinya.

18. Prinsip penanggalan komariyah oleh umat Islam berdasarkan....
A. Revolusi bumi
B. Rotasi bumi
C. Revolusi bulan sideris
D. Revolusi bulan sinodis

Jawaban: D

Kalender komariyah menggunakan kala revolusi sinodis selama 29,5 hari. Kala revolusi sinodis dapat ditentukan melalui pengamatan dari saat terjadinya Bulan baru sampai Bulan baru berikutnya.

19. Ketika bulan berada di antara bumi dan matahari dan berada di titik terjauh dari bumi sehingga daerah yang seharusnya disinari matahari tertutup bayangan lanjutan umbra, maka yang terjadi adalah....
A. Gerhana matahari total
B. Gerhana matahari sebagian
C. Gerhana matahari cincin
D. Gerhana bulan

Jawaban: C

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada di antara bumi dan matahari dan berada di titik terjauh dari bumi sehingga daerah yang seharusnya disinari matahari tertutup bayangan lanjutan umbra.

20. Gerhana bulan total dapat kita lihat saat bulan memasuki fase....
A. Bulan baru
B. Bulan sabit
C. Bulan separuh
D. Bulan purnama

Jawaban: D

Saat bulan purnama, bumi berada di antara bulan dan matahari berada pada satu garis lurus. Pada saat bulan memasuki daerah umbra bumi, maka terjadilah gerhana bulan total.

21. Di bawah ini yang bukan merupakan logam berat limbah industri yang menyebabkan pencemaran air adalah....
A. Timbal
B.Natrium
C. Raksa
D. Cadmium

Jawaban: B

Natrium bukan merupakan logam berat karena massa jenisnya kurang dari 5 gr/cm3­.

22. Suatu zat dapat dikatakan polutan ketika memenuhi kriteria ini, kecuali....
A. Kadarnya melebihi batas kadar normal atau diambang batas
B. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. Berada pada tempat yang tidak semestinya
D. Tidak berpotensi menimbulkan kerusakan

Jawaban: D

Zat tidak dapat dikatakan sebagai polutan jika tidak berpotensi menimbulkan kerusakan.

23. Undang-undang yang menyebutkan tentang pencemaran lingkungan yaitu....
A. UU RI Nomor 23 Tahun 1997
B. UU RI Nomor 25 Tahun 1997
C. UU RI Nomor 27 Tahun 1993
D. UU RI Nomor 23 Tahun 1995

Jawaban: A

UU RI Nomor 23 Tahun 1997 tentang pencemaran lingkungan.

24. Pernyataan yang salah mengenai pencemaran lingkungan adalah....
A. Terjadinya ketidakseimbangan faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan
B. Masuknya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain yang merubah tatanan lingkungan
C. Kualiatas lingkungan yang turun karena manusia, bukan proses alam
D. Komponen yang menyebabkan kurang berfungsinya lingkungan

Jawaban: C

Pencemaran menyebabkan kualitas lingkungan turun dapat disebabkan karena proses alam atau perbuatan manusia

25. Pernyataan yang tepat mengenai eutrofikasi yaitu....
A. Biasa dikatakan booming algae karena peningkatan populasi algae yang terlalu banyak
B. Disebabkan oleh limbah industri
C. Tidak berbahaya bagi lingkungan perairan
D. Fotosintesis fitoplankton tidak terganggu

Jawaban: A

Eutrofikasi merupakan peningkatan drastis populasi alga dan tumbuhan perairan lainnya yang disebabkan karena larutnya limbah pupuk pertanian ke daerah perairan. Fenomena ini juga biasa disebut booming algae. Hal ini berbahaya bagi ekosistem perairan sebab suburnya tanaman perairan akan menghalangi cahaya matahari menembus permukaan perairan. Akibatnya fitoplankton tidak dapat berfotosintesis dan kadar oksigen larut di daerah perairan berkurang, menyebabkan makhluk hidup perairan lainnya mati.

26. Perhatikan kata berikut!
1) Pembuatan kolam stabilisasi
2) IPAL
3) Pengelolaan ekskreta
4) Remediasi
Berikut ini upaya untuk mencegah pencemaran air....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 4)
C. 2), 3), 4)
D. 1), 3), 4)

Jawaban: A

Remediasi merupakan upaya pencegahan pencemaran tanah.

27. Gas-gas yang menyebabkan pencemaran udara yaitu....
A. H₂O, CO₂, SO₄
B. O₂, NO₂, CFC
C. CO, NO₂, CFC
D. O₃, NO₂, SO₄

Jawaban: C

CO, CO₂, SO₄, NO₂, CFC merupakan gas-gas polutan udara. Sedangkan H₂O adalah uap air, O₂ adalah oksigen yang diperlukan makhluk hidup untuk bernapas, dan O₃ adalah ozon yang berfungsi sebagai lapisan pelindung bumi dari radiasi.

28. Yang bukan merupakan penyebab pemanasan global adalah....
A. Pembakaran hutan
B. Penggunaan kendaran berbahan bakar fosil
C. Penggunaan AC dan kulkas dengan freon
D. Penggunaan produk elektronik ramah lingkungan

Jawaban: D

Pembakaran hutan, penggunaan kendaran berbahan bakar fosil, dan penggunaan AC dan kulkas dengan Freon menyebabkan pemanasan global.

29. Perhatikan uraian di bawah ini!
1) Menanam pohon di rumah dan sekolah
2) Hemat dalam memakai kertas
3) Memakai sepeda ke sekolah
4) Memakai motor ke sekolah
Upaya yang dapat dilakukan siswa untuk mengurangi pemanasan global adalah....
A. 1), 2), 3)
B. 2), 3), 4)
C. 1), 3), 4)
D. 1), 2), 4)

Jawaban: A

Memakai sepeda motor berarti memperbanyak penggunaan bahan bakar fosil yang menyebabkan pemanasan global.

30. Salah satu bentuk penanggulangan pemanasan global adalah membuat taman kota. Keuntungan yang didapat dengan adanya tanaman di tengah kota adalah....
A. Menyerap limbah-limbah industri
B. Mengikat gas N₂ dari udara
C. Mengubah CO₂ di udara dan membebaskan O₂
D. Menjaga keseimbangan banyaknya gas CO₂, N₂, dan O₂

Jawaban: C

Tumbuhan berfotosintesis, maka dia membutuhkan CO₂ sebagai bahan untuk berfotosintesis. Produk fotosintesis ini berupa O₂ yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas.

31. Dampak dari pemanasan global sebagai berikut, kecuali....
A. penguapan dan curah hujan yang tidak menentu
B. mencairnya glasier dan es di kutub yang menyebabkan volume air laut meningkat
C. hilangnya terumbu karang dan kepunahan spesies yang semakin meluas
D. penebalan lapisan ozon

Jawaban: D

Pemanasan global menyebabkan lapisan ozon menipis.

32. Badan internasional yang membentuk kerjasama dalam rangka menanggulangi pemanasan global dan perubahan iklim adalah ....
A. WHO
B. UNICEF
C. IPCC
D. WTO

Jawaban: C

IPCC adalah Intergovernmental Panel on Climate Change, yaitu suatu bentuk kerjasama internasional yang bertujuan untuk menanggulangi pemansan global dan perubahan iklim.

33. Dampak penipisan lapisan ozon bagi bumi....
A. Bumi terpapar radiasi sinar ultraviolet
B. Kepunahan spesies
C. Suhu bumi semakin turun
D. Penurunan angka kejadian penyakit kanker kulit

Jawaban: A

Ozon berfungsi sebagai lapisan yang melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet. Jika sinar UV terlalu banyak menembus bumi, maka akan terjadi kenaikan suhu bumi. Selain itu radiasi sinar UV dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

34. Deforestation adalah....
A. Bertambahnya jumlah tumbuhan dalam hutan
B. Berkurangnya lahan hutan
C. Berkurangnya lahan pemukiman
D. Berkurangnya pemanfaatan lahan hutan

Jawaban: B

Deforestation adalah berkurangnya lahan hutan akibat bertambahnya pemanfaatan lahan hutan tersebut.

35. Pernyataan yang tidak tepat mengenai lingkungan ialah ....
A. Segala sesuatu di luar individu
B. Setiap makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan
C. Lingkungan bersifat statis tidak tergantung kondisinya
D. Lingkungan mempengaruhi makhluk hidup di dalamnya

Jawaban: C

Lingkungan bersifat dinamis, selalu berubah-ubah sesuai kondisinya.

36. Komponen biotik dalam lingkungan terdiri dari ....
A. Manusia, air, hewan
B. Hewan, jasad renik, cahaya
C. Cahaya, air, udara
D. Hewan, tumbuhan, jasad renik

Jawaban: D

Manusia, hewan, tumbuhan merupakan komponen biotik lingkungan. Sedangkan cahaya, air, udara adalah bagian dari komponen abiotik.

37. Ekosistem ialah....
A. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
B. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu
C. Sekelompok makhluk hidup tidak sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu
D. Satu makhluk hidup yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu

Jawaban: A

Ekosistem ialah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut populasi. Sekelompok makhluk hidup tidak sejenis yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut komunitas. Satu makhluk hidup yang tinggal di satu wilayah dan waktu tertentu disebut individu.

38. Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut....
A. Arkeologi
B. Ekologi
C. Geologi
D. Biologi

Jawaban: B

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ekosistem.

39. Yang dapat dikatakan populasi adalah ....
A. Sebatang pohon mangga di pekarangan rumah
B. Seekor harimau di hutan puncak gunung
C. Sekelompok anoa di Taman Nasional Lore Rindu
D. Sekelompok anoa dan 7 ekor kuda Taman Nasional Lore Rindu

Jawaban: C

Populasi adalah sekelompok makhluk hidup sejenis yang tinggal di suatu wilayah.

40. Hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan dua belah pihak disebut....
A. Simbiosis komensalisme
B. Simbiosis parasitisme
C. Simbiosis mutualisme
D. Predasi

Jawaban: C

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan dua belah pihak. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak tanpa merugikan pihak lain. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak namun merugikan pihak lainnya. Predasi adalah hubungan perburuan makanan.karena menyerap nutrisi dari tubuh inangnya sehingga tubuh inangnya akan kekurangan nutrisi.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang beberapa contoh soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut di atas. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan di sekolah. Dan harapannya, soal-soal ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik, cerdas, dan kompetitif. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 40+ Contoh Soal Lapisan Bumi dan Tata Surya Dilengkapi Kunci dan Pembahasan

Beranda / Google.com / YouTube.com